10+ Tips Mahasiswa Baru agar Survive di Kampus

  • 4 min read
  • Nov 09, 2020

Tips mahasiswa baru -Sering kali hari pertama di kampus dianggap sesuatu yang menakutkan bagi mahasiswa baru. Tidak jarang banyak mahasiswa yang grogi dan merasa cemas untuk memulai kuliah. Padahal itu tidak perlu! Seharusnya transisi dari sekolah ke kehidupan kampus harus menyenangkan dan menjadi sesuatu yang spesial. Jangan hiraukan perkataan orang bahwa hari pertama adalah yang paling menegangkan. Kamu sebagai mahasiswa baru harus survive di kampus dan menjadikan hari pertama berada di kampus sebagai hari spesial dan istimewa.

10+ Tips untuk Mahasiswa Baru agar Survive di Kampus

Nah bagaimana agar bisa survive di kampus dan menghilangkan ketegangan di hari pertama? Berikut 10 Tips mahasiswa baru agar hari pertama kamu menjadi spesial dan menyenangkan!

1 Biarkan Pintu kamar asrama/kos terbuka

Nah hal pertama yang harus kamu lakukan ketika di kos atau di asrama adalah membiarkan pintu terbuka.

Wah kalau pintu kamar kebuka bisa kemalingan donk :p

Bukan itu maksudnya, tetapi biarkan pintu kamar terbuka itu adalah sebuah istilah.

Pintu kamar terbuka = Memperkenal diri dan terbuka jika ada yang ingin mengobrol atau berkenalan

Nah istilah membiarkan pintu terbuka adalah cara tercepat untuk menghilangkan ketegangan di lingkungan baru. Terutama jika kamu ingin mendapatkan teman baru, pastikan mengemas palang pintu agar pintu kamar kamu terbuka. Maka orang di lingkungan kamu akan datang dan menyapa “hai” dan mereka menganggap kamu orang yang asik. Bahkan jika kamu membutuhkan bantuan untuk membongkar atau memindahkan barang, mereka akan senang hati dapat membantu!

Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan banyak teman yang spesial saat hari pertama di kampus. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini. Supaya survive, jangan lupa ya biarkan pintu kamar terbuka.

Baca Juga :  Teks Pidato bahasa inggris tentang Bahaya Merokok beserta artinya

2 Bongkar barang-barang bawaan segera mungkin

Ketika memulai kuliah, kamu harus siap untuk jauh dari rumah, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Tetapi tidak perlu khawatir jika kamu merasa rindu rumah, ada 1 cara bagaimana membuat kamu terasa dekat bahkan seperti di rumah. Cara tersebut adalah dengan membongkar isi koper bawaan kamu dan simpan koper kosong tersebut.

Dengan cara itu, artinya kamu membuka diri untuk beradaptasi di lingkungan baru dan menjadikan kamar kos atau asrama menjadi layaknya rumah.

Nah kamu bisa mengatur kamar seperti yang diinginkan, dan kamu bisa mendekorasi kamar sesuai keinginan atau seperti kamar kamu di rumah.

Dengan cara ini, kamar asrama atau kos kamu akan seperti sepotong kecil rumah dan bukan cangkang kosong sebelum kamu menempatinya!

3 Jelajahi Kampus

Nah setelah membuat diri kamu merasa sedikit seperti di rumah, saatnya untuk pergi ke kampus dan jelajahi lingkungan baru kamu!

Mengetahui dan jelajahi kampus saat memulai kuliah adalah hal yang menyenangkan. Apalagi ketika kamu mengunjungi bersama orang tua atau bersama teman baru kamu.

Kamu bisa mengunjungi fakultas kamu untuk pertama kalinya. Mengetahui bagaimana suasana lingkungan tempat kamu ketika nanti kuliah.

Dengan jelajahi kampus, kamu akan lebih cepat beradaptasi dan melihat berbagai fasilitas kampus yang cocok dengan bakat dan minat kamu! Sungguh menyenangkan bukan ketika menjadi mahasiswa baru!

4. Jangan menghabiskan malam pertama sendirian

Saat malam pertama berada di lingkungan kampus, jangan menghabiskan waktu sendirian di kamar.

Wah kenapa tuh? Serem ya

Artinya kamu keluar kamar dan temukan kegiatan yang menyenangkan. Nah kamu bisa menghabiskan waktu bersama teman dan menjelajahi lingkungan baru kamu.

Bahkan jika kamu terasa lelah, cobalah untuk bertemu beberapa orang baru di sekitarmu. Setidaknya ini akan membuat malam pertama kamu mudah diingat dan tidak sepi.

5. Temui orang baru sebanyak mungkin

Bersiapkan untuk bertemu orang sebanyak mungkin di hari pertama kamu. Semua orang akan tersenyum dan ingin mendapatkan teman baru, jadi pastikan kamu untuk mengambil keuntungan ini!

Baca Juga :  Pengen Diet? Inilah 10 Tips Diet yang Baik dan Benar

Pastikan kamu memperkenalkan diri kepada sebanyak mungkin orang! Terutama orang baru yang ada di sekitar kamar kamu.

6. Tidak mendapatkan teman yang sesuai

Ketika kamu berkenalan dengan orang baru dan banyak dari mereka yang tidak mau dan enggan berteman denganmu? Jangan panik! in baru hari pertama. Sebenarnya memang sebagian besar mahasiswa mengubah kelompok pertemanan beberapa kali sebelum menjadi kelompok yang cocok bagi mereka. Jadi orang-orang yang kamu temui pada hari pertama, tidak harus menjadi teman baru kamu.

Jangan khawatir, kamu memiliki 4 tahun untuk mendapatkan teman baru. jadi jangan berkecil hati karena kamu belum memiliki teman dekat di hari pertama. Jangan lupa diingat bahwa ini hanya satu hari di hari pertama kamu!

Baca Juga:
1. IPB University, Kampus Pertanian Bisnis Hotel
2. Universitas Hasanuddin, Kampus Terbaik di Indonesia

7. Libatkan orang tua di hari pertama

Hari pertama bukan berarti harus melupakan sejenak tentang rumah, keluarga bahkan orang tua. Sesekali sempatkan untuk bersama orang tua, bahkan kamu bisa bersama ayah ibu mengemas kamar, mengelili kampus bahkan makan bersama mereka.

Orang tua mungkin ingin mengajak kamu makan siang atau makan malam. Meskipun kamu juga harus bertemu orang baru di hari pertama ini. Tetapi kamu juga harus memanfaatkan wkatu bersama keluarga sebaik mungkin. Apalagi mereka juga akan jarang bertemu bahkan 2 tahun sekali ketemu anaknya.

Kamu bisa menyisihkan waktu 1 jam bahkan 2 jam untuk makan malam sambil bercerita kepada orang tua sebelum mereka pulang kerumah. dan pikirkan betapa bahagianya hal itu, terutama bagi orang tua kamu!

8 Ketahuilah! Bahwa setiap orang sama gugupnya

Di hari pertama ini, bukan hanya kamu saja yang merasa gugup untuk memulai kuliah. Mahasiswa baru lain yang anda temui mungkin berseri-seri, tetapi itu tidak berarti mereka tidak panik di hari pertamanya.

Baca Juga :  8 Cara Membuat Footnote diberbagai Media

Ini adalah pengalaman yang sama sekali baru untuk semua mahasiswa baru, jadi jangan berpikir bahwa kamu adalah satu-satunya orang yang rindu rumah atau khawatir tidak memiliki teman. Dibutuhkan orang yang sangat kuat untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Hal lain yang perlu kamu ketahui adalah, semua orang sama berhasrat untuk mendapatkan teman baru. Jadi jangan khawatir tentang mengetuk pintu kamar seseorang dan menyapa. Mereka cenderung menghargai bahwa kamu adalah orang yang berupaya menyapa dan berteman.

9 Bawa camilan dari rumah

Sangat menyenangkan jika kamu memiliki sekotak kue atau camilan di kos atau asrama kamu. Jadi kamu bisa berbagi dan menawarkan makanan atau kue yang kamu bawa dari rumah. Apalagi itu buatan orang tua kamu. Pasti menyenangkan.

Makanan tersebut tidak harus mewah, tetapi lebih baik jika kamu bawa makanan yang dari daerah kamu atau buatan orang tua. Sehingga kamu bisa berbagi dan bercerita dengan teman baru kamu tentang makanan itu.

10 Jangan menyerah dan Khawatir

Jika hari ini bukan hari terbaik, jangan khawatir! kamu memiliki 4 tahun lagi!

Jika kamu belum memiliki yang terbaik di hari pertama, jangan khawatir tentang itu! Ada banyak orang yang tidak menyukai hari pertama kuliahnya, tetapi masih memiliki 4 tahun yang hebat di perguruan tinggi. jadi jangan menjadikan target semua itu di hari pertama ini, bisa-bisa hanya membuat kamu stress.

Tenang saja, kamu akan bertemu lebih banyak orang lagi di hari esok. Mungkin salah satu dari orang-orang itu nantinya menjadi sahabat baru kamu. Besok adalah hari yang lain, sahabat!

Hari pertama kamu, bahkan keseluruhan itu adalah pengalaman yang sangat menegangkan sekaligus menyenangkan. Bisa jadi orang lain tidak memiliki waktu terbaik di hari pertama layaknya kamu.

Nah itulah 10 Tips untuk mahasiswa baru agar survive di kampus. Cobalah dan manfaatkan hari pertama kamu dengan tips dan kiat-kiat tersebut, tetapi jangan sedih jika tidak berjalan dengan sempurna!

Semangat hari pertama, hari spesial memulai kuliah!