Mau diet ? : Inilah 6 Olahraga yang bisa mengecilkan Perut

  • 3 min read
  • Feb 28, 2021

Specialdays.Id – Halo, sobat spesial hari ini memet ingin ngasih info bagi kamu yang mempunyai masalah di ukuran perut. Heheheh…yups, kali ini memet akan ngasih info tentang 6 Olah Raga yang dapat mengecilkan perut. Yuk dicoba

Dalam menjaga kesehatan selain menjaga pola makan, olahraga juga memiliki peranan penting dalam membantu menurunkan berat badan terutama di bagian perut.

Tak hanya itu, olahraga yang rutin akan membantu tubuhmu agar jadi lebih kencang dan merubah bentuk perutmu dari yang besar menjadi seksi. Lalu, olahraga apa saja sih, yang bisa mengecilkan perut dengan cepat? Simak di bawah ini ya!

Sering dikunjungi : 3 Resep membuat Cilok yang enak dan nikmat

1. Lari / Run (Tapi, bukan lari dari kenyataan ya)

Lari menjadi Salah satu olahraga yang banyak diminati masyarakat. Selain sehat, olahraga ini juga hemat. Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan olahraga ini.

Anda cukup mengenakan pakaian olahraga, sepatu dan mencari lokasi untuk olahraga lari. Sebelum melakukan olahraga ini, pastikan Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari cedera / kecelakaan kecil saat berolahraga.

Manfaat olahraga lari antara lain :

  1. Menjaga Kesehatan Jantung
  2. Mengelola Stres
  3. Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi
  4. Menjaga Berat Badan
  5. Meningkatkan Memori
  6. Menguatkan Otot Kaki
  7. Mengurangi Risiko Jantung Koroner
  8. Meningkatkan Stamina
  9. Olahraga yang bisa mengecilkan perut

2. Renang / Swimming (bukan berenang di luasnya harapan lho ya)

Foto : Olahraga Renang

Renang adalah upaya untuk menggerakkan (mengapungkan atau mengangkat) semua bagian tubuh ke atas permukaan air. Renang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan bantuan.

Renang termasuk cabang olahraga yang menggunakan anggota tubuh terutama bagian tangan dan kaki untuk bergerak di dalam air.

Olahraga renang selain menyehatkan badan juga memiliki manfaat. manfaat olahraga renang, yaitu:

a. Sebagai sarana bermain/rekreasi Kolam renang dapat dijadikan sebagai sarana bermain dan rekreasi.

b. Menyehatkan badan dan dapat merangsang gerakan motorik Berolahraga renang dapat menyehatkan badan.

c. Dapat menghilangkan rasa takut pada air Dengan berolahraga renang dapat menghilangkan rasa takut pada air.

d  Meningkatkan keberanian, percaya diri dan mengasah kemandirian.

e. Meningkatkan kemampuan sosial Olahraga renang yang dilakukan bersama-sama dapat menumbuhkan rasa kebersamaan.

Baca Juga : 10 Tips bagi Mahasiswa Baru

3. Lompat tali / Skipping ( bukan lompat dengan harapan ia datang kembali ya )

Foto : Skipping

Lompat tali / Skipping termasuk ke dalam kelompok olahraga plyometric. Olahraga lompat tali ini ini bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kekuatan otot secara maksimal dalam waktu pendek. Biasanya, olahraga ini juga dimanfaatkan untuk melatih kecepatan dalam bergerak.

Manfaat lompat tali bagi kesehatan tubuh beragam, di antaranya untuk membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah, menambah daya tahan tubuh, melatih koordinasi tubuh, serta meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah juga lompat tali termasuk Olahraga yang dapat mengecilkan perut.

Mengapa menjadi olahraga yang dapat mengecilkan perut? Karena, Lompat tali juga merupakan salah satu olahraga yang cocok untuk dilakukan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Berolahraga lompat tali dalam 20 menit diperkirakan dapat membakar 200 kalori.

Olahraga ini juga terfokus pada kecepatan, saat melakukan olahraga ini Anda akan membuat jantung berdenyut berdetak lebih cepat. Jika dilakukan dengan rutin, hal ini juga akan meningkatkan kekuatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

4. Bersepeda / Cycling ( Biar ga stress mikirin dia)

Foto : Olahraga bersepeda

Olahraga bersepeda bisa membantu melindungi tubuhmu dari berbagai penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga penyakit jiwa.

Bersepeda adalah sebuah olahraga yang dilakukan dengan menaiki dan mengayuh sepeda. Olahraga ini sangat digemari di berbagai negara di dunia.

Hal ini disebabkan pola masyarakat yang memilih bersepeda saat berangkat kerja. Bahkan menurut statistik, telah menunjukkan turunnya volume lemak saat bersepeda nyaris sama dengan berolahraga di gym dengan intensitas tinggi.

Olahraga ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh diantaranya dapat menstabilkan diabetes, mencegah risiko darah tinggi, mencegah risiko jantung, menurunkan risiko depresi, meningkatkan kekuatan otak dan masih banyak lagi berbagai manfaat bersepeda.

Baca Juga : 11 Quotes motivasi belajar

5. Yoga (biar lentur hatinya)

Foto : Olahraga Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang berasal dari negara India. Berlatih yoga bisa membuat fisik seseorang tetap bugar serta terhindar dari aneka penyakit. Selain itu, rutin olahraga yoga juga bisa membantu membuat mental, sosial, emosional, dan spritual seseorang jadi lebih baik.

Praktik olah tubuh ini saat ini telah banyak diadaptasi ke dalam berbagai macam, baik itu berupa gerakan maupun manfaatnya. Namun, secara umum, gerakan yoga berfokus pada latihan pernapasan, meditasi, serta berbagai pose yang ditujukan untuk menciptakan relaksasi dan mengurangi stres.

Aktivitas olah tubuh dan pikiran ini sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Tujuan utama dari yoga sebenarnya jauh dari olahraga. Yakni merilis kekuatan spiritual dan mental dari seseorang.

Meskipun demikian, saat ini olahraga yoga sudah sangat populer sebagai olahraga yang dapat melawan stres dan kecemasan yang kerap melanda masyarakat modern juga yoga disebut sebagai olahraga yang dapat mengecilkan perut.

Yoga memiliki beberapa manfaat yang sangat luar biasa beberapa diantaranya membantu seseorang berhenti merokok, membantu mengatasi penyakit kardiovaskular, membuat tubuh lebih rileks, membantu mengecilkan perut, mengurangi kecemasan, membantu Anda bernafas dengan lebih baik, dan membantu anda agar tidak terkena Virus Corona.

6. Senam Aerobik (biar tidak mudah galau)

Foto : Latihan senam Aerobik

senam aerobik adalah olahraga yang menitikberatkan pada meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Tentu, manfaat yang didapatkan tidak hanya berkutat di dua organ tersebut, tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Senam ini salah satu dari sekian banyak olahraga yang masuk dalam kelompok olahraga aerobik. Jogging, berenang, dan bahkan kickboxing, juga termasuk sebagai latihan aerobik.

Itulah keenam jenis olahraga yang dapat mengecilkan perut, jangan lupa pola makanan pun juga harus diperhatikan, olahraga yang cukup ya!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.