Tips buka Puasa yang Murah dan Sehat

  • 3 min read
  • Sep 20, 2020

Specialdays.id – Halo, sahabat Spesial udah pada puasa ga nih? Bagi kamu yang puasa berikut ini beberapa tips yang berguna saat kita menyiapkan makanan untuk buka puasa di rumah.

1. Tips 1

Saat pertama kali minum, usahakan yang hangat. Karena tubuh manusia pada dasarnya bersuhu hangat sehingga tubuh tidak perlu lagi beradaptasi dengan minuman yang kita konsumsi saat berbuka puasa.

Baca Juga : Tips mengetahui apakah ponselmu termasuk Ponsel resmi atau illegal

2. Tips 2

Konsumsi makanan yang mempunyai rasa manisnya alami. Rasa manis alami ini yang dimaksud adalah berasal dari alam, bukan dari manis gula ataupun sirup. Manis alami didalam kurma atau buah bisa mengembalikan energi yang hilang saat siang hari.

3. Tips 3

Hindarilah makanan yang digoreng dengan minyak yang banyak dan dalam jangka waktu lama. Makanan ataupun cemilan gorengan memang sangat mengundang selera. Tetapi saat berbuka puasa sebaiknya dihindari untuk kesehatan tenggorokan kita sendiri.

4. Tips 4

Jangan berbuka puasa dengan kopi atapun yang mengandung soda. Terutama buat teman-teman yang mempunyai sakit maag. Ini benar-benar harus dihindari.

5. Tips 5

Makan menu berbuka puasa yang mengandung serat tinggi dan mengandung karbohidrat tinggi. Makanan buka puasa jenis ini bagus sekali untuk tubuh dan membuat kita tidak cepat lapar.

Baca Juga :  Makna Hari Spesial dan Hari Bersejarah

6. Tips 5

Yang paling penting yaitu jangan makan ataupun minum terlalu banyak. Secukupnya saja asal kenyang biar tidak berbahaya waktu shalat tarawih.

7. Tips 6

Jangan lupa baca doa buka puasa sebelum memulai minum atau makan pertama.

8. Tips 7

Makanlah makanan yang sehat, berikut ini yang rekomended banget buat kamu yang ingin berbuka puasa dengan sehat.

A. Kurma

Foto : Tokopedia.com

Buah kurma berasal dari wilayah Mediterania. Tidak hanya di Timur Tengah, buah kurma juga sangat populer di Indonesia terutama saat bulan Ramadhan. Kurma merupakan makanan buka puasa yang sehat karena mineral dan kalsium yang dikandung, serta rasa manis alaminya menjadi penawar asam lambung seusai berpuasa.

Selain kaya akan antioksidan guna mencegah penyakit kanker dan resiko terkena penyakit jantung, madu juga direkomendasikan sebagai makanan sehat untuk berbuka puasa.

B. Madu

Foto : Tokopedia.com

Madu dapat memperlancar metabolisme tubuh setelah seharian berpuasa dan memperlancar sistem pencernaan. Meminum madu sebelum makan berat juga akan menyeimbangkan berat badan karena nafsu makan jadi lebih terkontrol.

C. Air Putih

Foto : Pexels

Saat puasa, tubuh mengalami dehidrasi dan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan seseorang merasa lelah. Guna memulihkan kembali energi dan kondisi tubuh yang prima, minumlah air putih sebagai minuman buka puasa yang sehat karena tubuh akan kembali terhidrasi setelah kehilangan banyak cairan.

Baca Juga : 25 Quotes Cinta Berbahasa Jawa

D. Beras Merah / Beras Ketan

Foto : tokopedia.com

Setiap jenis beras mengandung karbohiderat, namun karbohiderat kompleks dikandung oleh beras merah, tidak pada beras putih biasa. Beras merah merupakan sumber energi yang lebih stabil, serta kaya serat dan mineral sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Baca Juga :  11 Hadiah ulang tahun untuk ibu yang Rekomended banget

E. Buah Pisang

Foto : Pexels

Buah pisang bisa disebut sebagai sumber energi instan. Satu buah pisang mengandung kurang lebih 90 kalori, dengan serat kompleks yang membuat perut terasa kenyang lebih cepat dan tahan lama. Pisang juga mengandung vitamin C yang memperkuat daya tahan tubuh setelah mengalami dehidrasi seharian.

F. Susu Yoghurt

Foto : tokopedia.com

Sirup dan kolang kaling memang menarik untuk berbuka puasa. Namun, para ahli gizi menyarankan tidak mengonsumsi makanan mengandung pemanis buatan untuk berbuka puasa. Berbeda dengan yogurt, rasa asam dapat diimbangi dengan rasa manis topping buah-buahan. Yogurt juga melancarkan sistem pencernaan sehingga baik untuk berbuka puasa.

G. Air Kelapa Muda yang Murni

Foto : Pexels

Mengganti cairan yang terkuras habis akibat berpuasa dapat dilakukan dengan mengonsumsi air kelapa saat berbuka. Tidak disarankan mencampur air kelapa dengan gula atau santan karena dapat merusak elektrolit yang dikandung.

H. Telur Ayam

Foto : Pics Art

Asam amino dan protein dari telur dapat memperbaiki sel otot yang rusak setelah seharian beraktivitas tanpa terhidrasi. Disarankan untuk tidak mengolah telur menjadi hidangan yang mengandung banyak garam atau pedas karena mengonsumsi garam saat berbuka puasa bisa menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan.

Tips Biar tidak Lemas saat Puasa

Selain Tips Sehat diatas Berikut ini juga sangat penting agar kamu tetap kuat meskipun berpuasa.

1. Lakukan Makan Sahur

Saat berpuasa, sahur akan membantu kadar cairan tubuh tetap terjaga, serta memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas, hingga waktunya Anda berbuka. Makan sahur juga dapat mencegah Anda makan berlebihan saat buka puasa akibat terlalu lapar. Sahur yang sehat harus memperhatikan asupan yang bergizi seimbang, dan mengandung karbohidrat kompleks, makanan tinggi serat, serta makanan tinggi protein.

Baca Juga :  5 Cara Cek IMEI HP android dan IOS

2. Minumlah Air yang Cukup

Anda dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air serta mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan seperti sup, buah, dan sayuran. Kebutuhan cairan tubuh dapat Anda penuhi saat sahur maupun berbuka, untuk mengganti cairan yang hilang saat berpuasa.

Baca Juga : 25 Quotes Cinta versi Cinta dalam Diam

3. Konsumsi Makanan yang sehat saat sahur

Anda juga boleh menghadiahi diri sendiri dengan makanan manis dan berlemak. Hanya saja, jangan mengonsumsi makanan tersebut terlalu banyak. Perlu diingat, Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk makan dan minum saat bulan Ramadan jadi manfaatkan waktu itu untuk memberikan asupan yang sehat serta mengandung gizi seimbang bagi tubuh.

Oke sob,itu tadi beberapa tips buat kamu yang sedang menjalani ibadah puasa, selamat beribadah puasa lakukan tips itu ya! Jangan lupa tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar ya!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *