8 Kegiatan Hari Libur Sekolah yang Edukatif dan Seru

  • 4 min read
  • Okt 15, 2020

Liburan sekolah telah tiba! – Weekend atau hari libur sekolah adalah waktu yang ditunggu oleh semua anak. Anak-anak di sekolah sangat menantikan hari libur dan beberapa dari mereka bahkan keluarganya sudah merencanakan kegiatan untuk mengisi liburan sekolah. Tetapi ada beberapa yang masih bingung bagaimana mengisi hari libur panjang sekolah dengan kegiatan seru, spesial dan menyenangkan bagi anak dan keluarga. Tenang saja! Kali ini admin akan memberikan rekomendasi kegiatan di hari libur sekolah yang edukatif, produktif, dan tentu spesial bagi anak dan keluarga! Berbagai kegiatan edukatif di rumah, tempat liburan dan permainan menyenangkan untuk menjaga anak-anak tetap aktif dan terhibur.

8 Ide Kegiatan di Hari Libur Sekolah

Perlu Anda ketahui, rekomendasi kegiatan ini dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan, terutama jika sekolah liburan panjang. Pilih dan atur secara seimbang antara kegiatan edukatif dan kegiatan menyenangkan bagi anak Anda. Jangan biarkan terlalu lama bermain begitu juga jangan terlalu lama belajar di hari libur agar mereka tidak stres. Nah berikut 8 Ide Kegiatan Edukatif, Seru dan Spesial bagi Anak dan keluarga!

1. Membelikan Buku Baru

Kegiatan Edukatif di Rumah – Liburan sekolah adalah waktu yang tepat untuk memastikan mengukur kapasitas membaca anak-anak. Hari libur bukan berarti tidak perlu memberikan edukasi (membaca) kepada anak, justru di hari libur sekolah adalah waktu untuk menjaga dan meningkatkan tingkat membaca mereka.

Tidak perlu terlalu sering, setidaknya 15 menit setiap hari, Anda menemani mereka untuk melihat buku dan membaca sendiri.

Usahakan jangan buku bacaan yang sama seperti liburan sebelumnya. Anda bisa membelikan buku baru sebagai hadiah di hari libur sekolah sehingga mereka tertarik dan mau membaca buku. Anda bisa mencari berbagai buku anak-anak terbaik sepanjang masa untuk dijadikan referensi dan inspirasi buku baru bagi anak Anda.

Baca Juga :  11 Hadiah ulang tahun untuk ibu yang Rekomended banget

2. Mengunjungi Perpustakaan

Kegiatan Edukatif – Selain membelikan buku baru, Anda dapat mengajak anak-anak ke perpustakaan di hari libur sekolah. Mengunjungi perpustakaan dapat membantu menjadikan bacaan lebih menyenangkan.

Liburan sekolah di perpustakaan

Perpustakaan sebagai tempat baca pun menjadi destinasi liburan bagi anak Anda. Terutama bagi yang berada di Jakarta dan sekitarnya, Anda dapat mengajak anak-anak mengunjungi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Perpustakaan Nasional RI terletak di kawasan jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Perpustakaan ini memiliki 24 lantai dan berbagai koleksi ribuan judul buku siap memanjakan anak-anak dan keluarga.

3. Berenang

Kegiatan Sehat – Mengenalkan berenang di hari libur sekolah adalah pilihan tepat bagi anak-anak Anda.

Kegiatan di hari libur

Nah jika anda mengajak anak-anak berenang, pastikan bahwa anda siap dan tahu kondisi fisik mereka. Jangan sampai membawa mereka berenang dalam keadaaan sedang tidak sehat.

Nah jika tubuh mereka sehat, anda bisa mengajaknya ke kolam renang favorit terdekat. Pastikan anda mengikuti beberapa tips supaya mereka berenang dengan aman dan nyaman.

4. Liburan ke Pantai

Tempat Wisata Pantai – Pantai adalah tempat yang tepat untuk anak-anak liburan. selain bisa dijadikan tempat berenang, mereka juga akan menikmati desiran ombak dan pemandangan pantai yang indah.

Pantai memang tempat wisata liburan sekolah yang sangat spesial dan menyenangkan. Namun, pastikan mereka diawasi ketika di dekat air dan berenang. Jangan lupa untuk selalu mendampingi mereka agar anak-anak tetap aman.

5. Pensil dan Kertas

Kegiatan Edukatif di Rumah -Hari libur di rumah saja? Jangan khawatir, jika anda memiliki tumpukan krayon dan pena berwarna atau pensil dan kertas menjadi solusi liburan anak-anak dirumah.

Baca Juga :  Hari Kuliner: Inilah Aneka Cilok yang Nikmat dan sehat
8+ Kegiatan di Hari Libur Sekolah yang cocok bagi Anak dan Keluarga

Menggambar atau menulis adalah salah satu hal terbaik yang dapat di lakukan seorang anak. Hal itu sangat membantu mereka untuk berpikir kreatif, untuk mengekspresikan emosi dan perasaan mereka sehingga menghasilkan ide-ide hebat dalam menulis atau menggambar.

6. Bermain Tebak-Tebakan

Permainan Edukatif di Rumah – Permainan tebak-tebak bisa menjadi opsi di salah satu hari liburan sekolah mereka. Selain menyenangkan, permainan ini dapat menyaturan interaksi antara anak dengan orang tua. Terutama bagi anda yang hanya ada waktu bagi mereka di hari libur, jangan sia-siakan waktu liburan ini.

Permainan tebak-tebak bisa membuat semua orang tertawa. Anda bisa memilih permainan tebak-tebak yang mudah bagi anak-anak, terutama yang berhubungan dengan buku bacaan mereka.

Permainan ini sangat membantu mereka berpikir kreatif. Mereka akan belajar bagaimana menghindari kata-kata dan mengekspresikan diri mereka dengan tindakan yang jelas. Hal ini sangat membantu mereka lebih dalam memahami buku bacaan yang mereka baca.

7. Kebun Binatang

Mengenal Satwa – Kebun binatang memang menjadi tempat liburan keluarga yang paling asyik. Nah kebun binatang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata anak-anak di hari libur sekolah.

Liburan ke kebun binatang membuat anak-anak belajar tentang jenis-jenis hewan yang mungkin belum diketahuinya. Mereka akan belajar untuk lebih menyayangi makhluk hidup lainnya, khususnya binatang.

Anak-anak dan keluarga dapat bersenang-senang dan mengetahui jenis hewan di kebun binatang. Melihat dan berinteraksi dengan binatang bisa menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan. Terutama bagi anak-anak, mereka dapat mengetahui nama dan jenis binatang, bahkan ketika sekolah masuk mereka akan bercerita pengalaman liburan di kebun binatang.

Baca Juga :  7+ Ide Hadiah Wisuda

8. Liburan ke Desa

Ketika menjelang liburan sekolah, anda bisa merencanakan untuk mengajak mereka liburan ke rumah kerabat di desa. Mungkin ini sangat menarik dari berbagai pilihan kegiatan liburan sekolah lainnya. Mengunjungi dan liburan ke desa menjadi sesuatu yang spesial sendiri bagi anda dan keluarga, terutama yang tinggal di perkotaan.

Desa memiliki sejuta pesona dan keindahan yang tidak bisa ditemukan di perkotaan. Mengajak anak-anak liburan ke desa adalah pilihat tepat, apalagi suasana desa yang sangat sejuk dan masih bernuansa alam.

Baca juga: Mengenal Wisata Sejarah di Hari Kemerdekaan Vietnam

3 Manfaat Liburan ke Desa

1. Mengenal Tradisi dan Budaya

Desa adalah tempat wisata populer yang berbasis kekayaan alam. Mengajak anak-anak desa adalah pilihan tepat untuk memberikan edukasi tentang budaya desa. Berbagai kegiatan di desa berbau tradisi yang dapat menambahk pengetahuan bagi anak-anak. Mereka akan belajar banyak ilmu pengetahuan budaya dari pedesaan.

2. Bahagia dan penghilang Stress

Desa adalah tempat yang jauh dari keramaian, tentu masyarakatnya hidup rukun dan makmur tanpa kebisingan. Di dukung dengan lingkungan yang indah dan bersih, tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama menghilangkan stres dari aktivitas sekolah maupun kegiatan lainnya.

Terutama bagi anda yang tinggal di perkotaan, datang ke desa menjadi pilihan tempat wisata yang menyuguhkan hamparan sawah dengan udara sejuk dan bersih.

3. Berjiwa Sosial

Mengajak ke desa akan menumbuhkan jika sosial anak-anak. Desa memiliki budaya gotong-royong, apalagi masyarakatnya hidup rukun dan dekat layakanya saudara.

Selain menikmati pemandangan alam yang indah, mereka akan belajar banyak tentang hubungan sosial. Anak-anak akan belajar makna kesederhaan, jiwa kerja sama dan kepedulian terhadap sesama.

Selamat hari libur sekolah, pastikan Anda memberikan kegiatan edukatif, seru dan menyenangkan bagi anak-anak!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *