5 Biografi tokoh indonesia yang menginspirasi jarang terungkap media

  • 5 min read
  • Des 25, 2020

Beberapa tokoh di indonesia berikut ini telah membuat nama indonesia harum di mata dunia, inilah biografi tokoh indonesia yang menginspirasi.

Tokoh – tokoh berikut ini ada yang memulai karir dari seorang yang tidak punya apa – apa atau bisa dikata hanya orang biasa.

Namun, mereka berhasil membuktikan kepada dunia tentang kerja kerasnya hingga mereka membawa indonesia harum dimata dunia, inilah biografi tokoh indonesia yang menginspirasi.

Gayatri Wailissa

Biografi tokoh indonesia yang menginspirasi

Sejak kecil Gayatri sudah menunjukkan kelebihannya. Ketertarikan Gayatri pada bahasa dimulai sejak usia 7 tahun.

Di tingkat SD saja sudah 6 bahasa dikuasainya secara otodidak.Tak kurang dari 14 bahasa seperti Prancis, Jepang, Korea dan Spanyol dikuasai Gayatri.

Baca juga : Motivasi dan Biografi Tokoh Emansipasi Wanita, R.A Kartini

Kemampuan bahasa inilah yang mengantarnya ke Thailand menjadi Duta ASEAN untuk anak tahun 2012.Langkah yang besar bagi seorang anak dari pengrajin kaligrafi kaki lima ini.

Pada 2013, dengan lantang Gayatri menyuarakan hak anak Indonesia dalam konferensi internasional di Kathmandu, Nepal.
Pada waktu luang, Gayatri gemar bermain biola, membaca puisi, dan aktif berteater.

Gayatri, lahir di Ambon pada 31 Agustus 1995. Dia anak ke-2 dari 3 bersaudara pasangan Deddy Darwis Wailissa dan Nurul Idawaty.

Gayatri menginjakkan pendidikan dasar pada SDN 19 Waihaong, lalu masuk SMPN 2 Ambon, dan melanjutkan ke SMA Siwalima, Maluku.

Gayatri mulai mendunia setelah berhasil masuk seleksi untuk menjadi duta anak, mulai dari tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Dari situ, dia mengikuti seleksi kepribadian hingga kemampuan intelektual.

Dia lantas masuk 10 besar dari ribuan siswa yang ikut seleksi sebelum terpilih mengikuti seleksi mewakili Indonesia menjadi Duta ASEAN untuk anak tahun 2012-2013.

Gayatri kemudian terpilih mewakili Indonesia ke tingkat ASEAN dan mengikuti pertemuan anak di Thailand dalam Convention on the Right of the Child (CRC) atau Konvensi Hak-Hak Anak tingkat ASEAN.

Dalam forum ASEAN ini, Gayatri mendapat tempat terhormat dan mendapat julukan ‘doktor’ karena kemampuan 11 bahasa asing yang dikuasainya itu.

George Saa

Biografi tokoh dunia yang menginspirasi

Dia berasal dari Jayapura, Papua dan merupakan anak bungsu di antara lima bersaudara dari keluarga pasangan Nelce Waho, 40 tahun, dan Silas Saa, 48 tahun.

Baca Juga :  Pidato Bahasa Inggris tentang Pendidikan beserta Artinya

Septinus George Saa. Ia dikenal sebagai sang jenius dari papua. Salah satu ‘mutiara’ dari papua. Septinus George Saa lahir di Manokwari pada 22 September 1986.

Sejak kecil, dia sering tinggal berpindah-pindah mengikuti orang tuanya. Bahkan, tak jarang dia hidup terpisah dari orang tua.

Septinus George Saa adalah seorang pemenang lomba First Step to Nobel Prize in Physics pada tahun 2004 dari Indonesia. Makalahnya berjudul Infinite Triangle and Hexagonal Lattice Networks of Identical Resisto.

bahkan rumus Penghitung Hambatan antara Dua Titik Rangkaian Resistor yang Ditemukannya diberi namanya sendiri yaitu “George Saa Formula”.

Prestasi pemuda berusia 19 tahun ini sangat mengagumkan. Rumus yang ditemukannya berhasil memenangkan First Step to Nobel Prize in Physic yang itu mengungguli ratusan paper dari 73 negara yang masuk ke meja juri.

Para juri yang terdiri dari 30 jawara fisika dari 25 negara itu hanya membutuhkan waktu tiga hari untuk memutuskan pemuda 17 tahun asal Jayapura ini menggondol emas.

Chaerul Tanjung

Biografi tokoh indonesia yang mengispirasi

Chairul memulainya bisnisnya ketika ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Demi memenuhi kebutuhan kuliah, ia berjualan buku kuliah stensilan, kaos, dan fotokopi di kampus.

Chairul juga pernah mendirikan sebuah toko peralatan kedokteran dan laboratorium di bilangan Senen, Jakarta Pusat, namun bangkrut. Selepas kuliah, Chairul mendirikan PT Pariarti Shindutama bersama tiga rekannya pada tahun 1987.

Baca juga : Motivasi tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara

Bermodal awal Rp 150 juta dari Bank Exim, mereka memproduksi sepatu anak-anak untuk ekspor Keberuntungan berpihak padanya, karena perusahaan tersebut langsung mendapat pesanan 160 ribu pasang sepatu dari Italia.

Akan tetapi karena perbedaan visi tentang ekspansi usaha, Chairul memilih pisah dan mendirikan usaha sendiri.

Kepiawaiannya membangun jaringan dan sebagai pengusaha, membuat bisnisnya semakin berkembang.

Mengarahkan usahanya ke konglomerasi, Chairul mereposisikan dirinya ke tiga bisnis inti: keuangan, properti, dan multimedia.

Di bidang keuangan, ia mengambil alih Bank Karman yang kini bernama Bank Mega. Sempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya.

Baca Juga :  50 Kata Motivasi Singkat versi Tokoh Besar Dunia

Kini perusahaan konglomerasi miliknya CT Corp, menjadi sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources.

Saat ini, Chairul Tanjung juga menjadi jajaran direksi beberapa perusahaan Pariarti Shindutama, CT Corp, Para Rekan Investama

Bambang Mustari Sadino

Biografi tokoh indonesia yang menginspirasi

Pekerjaan pertama yang dilakoni Bob Sadino setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki, ia sendiri yang menjadi sopirnya.

Namun sayang, suatu ketika ia mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah. Karena tak punya uang untuk memperbaikinya, Bob beralih pekerjaan menjadi kuli bangunan dengan upah harian Rp.100.

Suatu hari, seorang teman menyarankan Bob memelihara dan berbisnis telur ayam negeri untuk melawan depresi yang dialaminya. Bob tertarik dan mulai mengembangkan usaha peternakan ayam.

Ketika itu, di Indonesia, ayam kampung masih mendominasi pasar. Bob-lah yang pertama kali memperkenalkan ayam negeri beserta telurnya ke Indonesia. Bob menjual telur-telurnya dari pintu ke pintu.

Ketika itu, telur ayam negeri belum populer di Indonesia sehingga barang dagangannya tersebut hanya dibeli oleh ekspatriat-ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang, serta beberapa orang Indonesia yang pernah bekerja di luar negeri.

Namun seiring berjalannya waktu, telur ayam negeri mulai dikenal sehingga bisnis Bob semakin berkembang. Bob kemudian melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam.

Selain memperkenalkan telur ayam negeri, ia juga merupakan orang pertama yang menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia.

Catatan awal tahun 1985 menyebutkan, rata-rata per bulan perusahaan Bob menjual 40-50 ton daging segar, 60-70 ton daging olahan, dan sayuran segar 100 ton.

Andrie Wongso

Biografi tokoh indonesia yang menginspirasi

Andrie Wongso adalah  salah seorang motivator sukses dari Indonesia. Sudah lebih dari 20 tahun ia menggeluti bidangnya sebagai motivator untuk berbagai cerita dan motifasi yang membangkitkan semangat.

Perjalanan hidupnya dimulai saat ia terlahir di Kota Malang pada tahun 1954 tanggal 6 Desember. Andrie Wongso terlahir dari sebuah keluarga miskin yang hidup serba kekurangan. Andrie adalah anak ke dua dari tiga bersaudara.

Kakak dan adiknya seorang laki-laki juga. Bapaknya bekerja sebagai seorang nahkoda dengan penghasilan yang serba kekurangan. Keluarga Andrie Wongso tinggal di sebidang tanah kontrakan.

Baca Juga :  11 Hadiah ulang tahun untuk ibu yang Rekomended banget

Ibunya berprofesi sebagai penjual kue. Andrie Wongso sempat mengenyam pendidikan tingkat SD hanya hingga kelas 6 (umur 11 tahun), itupun tidak sampai lulus.

Sekolah Mandarin tempat Andrie ditutup karena saat itu bergejolak gerakan pemberontakan Gestapu PKI dan orangtuanya tidak mampu membiayai pemindahan sekolah Andrie.

Dengan umurnya yang masih kecil, Andrie terpaksa menjalani hidupnya untuk membanting tulang membantu menghidupi keluarganya.

Andrie tidak merasakan kehidupan seperti anak-anak sebayanya saat itu.Bekerja sebagai salesman bahan-bahan listrik dan kabel di Pasar Kenari Jakarta adalah pilihan keduanya pada awal Januari 1979.

Pekerjaan yang dilakukannya saat itu lumayan banyak dari mulai pengepakan atau pembungkusan hingga barang di antar ke tempat pesanan hingga menjadi kuli barang untuk pelanggannya.

Dari pekerjaannya tersebut Andrie diberi upah sebesar Rp 3000/bulannya. Dengan berjalannya cerita kehidupan, beliau menandainya dalam beberapa kata-kata mutiara dalam buku hariannya.

Pada saat melihat sebuah kata-kata mutiara indah buatan Andrie, seorang teman kosnya mencontek kata-kata tersebut. Mulai saat itulah timbul untuk membuat kartu ucapan.

Kata-kata yang terdapat pada kartu ucapan ini selain berfungsi sebagai motivasi hidup Andrie juga sebagai motivasi hidup orang lain.

Dengan bantuan kekasihnya, Haryanti Lenny, yang sekarang telah menjadi istrinya, ia memulai bisnis membuat kartunya dengan merk HARVEST yang kemudian menjadikan nama Andrie Wongso menjadi Raja Kartu Ucapan.

Baca juga : Quotes Motivasi dan menginspirasi hidup di dunia

Setelah itu diversifikasi ke beberapa perusahaan pun dilakukan dengan menuju ke bidang holografi, begitu juga perusahaan mainan.

Selain itu ia juga mendirikan beberapa foodcourt dan berkecimpung dalam bidang pendidikan. Andrie saat itu juga mendirikan AW motivation training dan AW Publishing.

Serta dapat membuka beberapa outlet AW Success Shop atau dapat disebut juga  toko pertama di Indonesia yang khusus menjual produk-produk motivasi.

Demikianlah Biografi tokoh indonesia yang menginspirasi anda untuk membuat semangat hidup anda.

Juga untuk membuat mood anda dalam bekerja makin semangat jangan lupa share dan komen ya, masukan anda bagi penulis sangat dibutuhkan.