Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Hari Kemerdekaan Vietnam, 2 September 1945

2 min read

Sejarah Kemerdekaan Vietnam dan Wisata VietnamHari Kemerdekaan adalah hari spesial dan bersejarah bagi setiap negara di Indonesia maupun di dunia. Pada hari ini, tanggal 2 September adalah hari bersejarah dan spesial bagi negara Vietnam. Tepat tanggal 2 September 1945, Vietnam resmi merdeka dari jajahan bangsa Prancis dan menjadi hari libur nasional Vietnam. Yuk simak bagaimana sejarah Vietnam, Hari kemerdekaan Vietnam dan tempat wisata di hari kemerdekaan Vietnam!

Sejarah Kemerdekaan Vietnam

Pada tahun 1887, Vietnam menjadi bagian dari Indochina Prancis. Sedangkan selama Perang Dunia II, Vietnam diduduki oleh Jepang.

Hosting Unlimited Indonesia

Setelah berakhir perang, pada tanggal 2 September 1945, menyusul “Agustus Revolusi“, Ho Chi Minh memproklamasikan secara resmi berdirinya Republik Demokratik Vietnam (Vietnam Utara).

Meskipun sedang tumbuh perbedaan antara Vietnam dan Amerika Serikat, deklarasi Kemerdekaan Vietnam sangat berat bagi negara Amerika Serikat.

Tepat tahun 1976, dua bagian dari Vietnam akhirnya bersatu menjadi 1 negara yaitu Vietnam ( Republik Sosialis Vietnam). Tetapi tanggal 2 September tetap menjadi tanggal spesial dalam sejarah perjalanan Vietnam untuk kemerdekaan.

Perayaan Hari Kemerdekaan

Pada hari spesial dan istimewa ini, tentu banyak kegiatan dan acara budaya yang diselenggarakan di hari bersejarah ini. Berbagai pidato kebangsaan, kembang api, termasuk pawai besar yang dilaksanakan di Ba Dinh (ibu kota Vietnam), dimana tempat tersebut adalah tempat deklarasi kemerdekaan.

Hari kemerdekaan menjadi hari libur yang sangat patriotik, dengan bendera Vietnam yang dikibarkan diseluruh negeri dan juga poster besar Ho Chi Minh yang menghiasi tembok kota di Vietnam.

Bendera negara Vietnam diletakkan di berbagai tempat merupakan simbol kebebasan bagi rakyat Vietnam.

Baca juga: Hari Kemerdekaan Qatar

Wisata Vietnam di Hari Kemerdekaan

Beberapa orang Vietnam memilih untuk travelling atau bepergian di Hari Spesial tersebut. Bagi mereka, travelling adalah cara terbaik untuk menghabiskan hari libur mereka untuk mengunjungi berbagai tempat. Berbagai tempat spesial yang dapat dikunjungi, nah berikut tempat wisata spesial yang ada di Vietnam.

Pantai Nha Trang

Kota Nha Trang adalah kota pantai unggulan Vietnam. Pantai Nha Trang memiliki luas 6 KM dengan pasir kuning halus membentang dengan latar belakang pegunungan. Saat hari libur pantai Nha Trang sangat ramai dengan wisatawan lokal maupun asing, terutama di hari perayaan kemerdekaan Vietnam.

Hari Kemerdekaan Vietnam, 2 September 1945
Pantai Nha Trang, Vietnam

Bahkan ketika malam tiba, lokasi pantai Nha Trang sangat rekomended bagi wisatawan yang ingin menyusuri pesisir pantai unggulan Vietnam ini.

Pulau Phu Quoc

Sejarah Kemerdekaan Vietnam, 2 September 1945
Pulau Phu Quoc, Vietnam

Vietnam memang terkenal sebagai salah satu negara tujuan untuk liburan di Asia Tenggara, salah satunya adalah Pulau Phu Quoc. Di Hari Kemerdekaan ini, berbagai penduduk lokal menjadikan Pulau Phu Quoc sebagai tempat liburan. Pulau Quoc memiliki pesona alam yang amat cantik dengan budayanya yang unik.

Teluk Ha Long

Sejarah Kemerdekaan Vietnam, 2 September 1945
Teluk Ha Long , Vietnam

Teluk Ha Long adalah sebuah teluk yang di sebelah utara Vietnam dengan luas 1.500 KM. Teluk ini ramai dikunjungi wisatawan lokal dan asing, terutama di hari kemerdekaan Vietnam. Berbagai perahu yang memiliki bendera Vietnam menghiasi luasnya Teluk Halong ini.

Sejak tahun 1994, UNESCO menetapkan Teluk Halong sebagai warisan dunia. Kemudian tahun 2012, Teluk Halong menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia versi New & Wonders Foundation.

Wah pasti Anda juga ingin kesana bukan? Segera rencanakan liburan Anda ke Teluk Ha Long.

Kota Sa Pa

Sejarah Kemerdekaan Vietnam, 2 September 1945
Kota Sa Pa , Vietnam

Sa Pa atau Sapa adalah kota kecil yang terletak di Provinsi Lao Cai, perbatasan sebelah barat daya Vietnam. Jaraknya 350 KM dari pusat Hanoi atau 8-9 jam menggunakan kereta api.

Kota ini memiliki hawa sejuk dan hampir selalu diselimuti kabut, karena terletak di lereng Gunung Fansipan.

Kota Sa Pa dijadikan tempat wisata atau liburan oleh warga lokal Vietnam. Mereka memilih kota Sa pa karena kota yang masih seperti pedesaan. Selain udara yang sejuk, banyak pemandangan pegunungan dan sawah yang indah.

Kota Hue

Sejarah Kemerdekaan Vietnam, 2 September 1945
Kota Hue , Vietnam

Hue adalah kota bersejarah di Vietnam. Kota Hue dulunya adalah ibu kota kerajaan pada masa Dinasti Nguyen. Pada tahun 1993, kota Hue tercatat sebagai warisan budaya UNESCO.

Nah karena bekas kota kerajaan, sehingga kota Hue memiliki catatan sejarah yang bisa dijadikan tempat wisata. Berbagai komplek istana, makan kaisar, gedung-gedung bersejarah dan kebun bersejarah. Bahkan kota Hue menjadi pusat turisme modern seperti pasar dan wisata kuliner.

Kota Hoi An

Kota Hoi An
Kota Hoi An , Vietnam

Hoi An adalah kota tua yang romantis di Vietnam. Kota Hoi An terletak di Provinsi Quang Nam, Vietnam. Pada hari libur nasional, kota Hoi An sangat ramai dari penduduk lokal maupun wisatawan asing.

Pesona kota Hoi An yang romantis menjadikannya kota yang masuk daftar UNESCO World Heritage Site.

Kota Dalat

Kota Dalat
Kota Dalat, Vietnam

Dalat adalah kota ibu kota Provinsi Lâm Đồng di Vietnam. Selain tempat liburan di hari kemerdekaan, kota Dalat juga menjadi tempat bulan madu terpopuler di Vietnam.

Selamat Hari Kemerdekaan Vietnam, 2 September 1945!

Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *