Peringatan Hari Berdiri dan Sejarah San Marino, 3 September 301 M

  • 2 min read
  • Sep 21, 2020

Sejarah San Marino – Tahukah Anda bahwa 3 September adalah hari berdirinya Republik tertua di Dunia? Tepat tanggal 3 September 301, Republik San Marino lahir pertama di dunia. San Marino adalah salah satu negara terkecil dunia dan negara tertua di Eropa. Yuk kita simak sejarah berdirinya dan perayaan hari bersejarah Republik San Marino!

Sejarah San Marino

Tanggal 3 September adalah hari libur dan hari spesial bagi San Marino sekaligus memperingati pendiri negeri tertua di Eropa. San Marino didirikan oleh Saint Marino pada tanggal 3 september 301 M.

Republik San Marino adalah negara yang terkurung daratan dan dikelilingi oleh Italia. San Marino adalah republik terkecil ke-3 di Eropa setelah Vatikan dan Monaco serta negara terkecil ke-5 di dunia.

Pada abad terdahulu, agama Kristen telah menjadi sekte populer di dalam Kekaisaran Romawi. Bertahun-tahun para penganut agama kristen diperlakukan biasa saja daripada agama minoritas lainnya.

Sejak masa pemerintahan Kaisar Diokletianus (284 – 306), pandangan kekaisaran tentang kekristenan menjadi kurang ramah dan orang-orang kristen semakin dianiaya.

Saat suasana tersebut, Marinus (seorang tukang batu) melarikan diri dari Dalmatia (di Kroasia modern) karena penganiayaan tersebut. Kemudian ia tiba di Monte Titano, tempat dia mendirikan dan membangun sebuah kapel (tempat ibadah orang kristen) dan sebuah biara (tempat tinggal).

Selama bertahun-tahun, biara dan daerah di sekitarnya mulai dibangun sampai bangunan yang semakin besar dan aman dari penganiayaan Diokletianus. Ketika orang-orang gunung ditemukan, pemilik tanah Felicissima mewariskannya kepada masyarakat untuk selama-lamanya.

Baca Juga :  Himpunan Fisika Indonesia, 17 Agustus 1973

Biara tidak lagi dibangun sampai akhir abad ke-6. Penyebutan pertama untuk sebuah gereja dinamai Saint Marinus tahun 530. Kemudian geraja tua tersebut di bangun perbaharui pada abad ke-19.

Perayaan di San Marino

San Marino merupakan satu-satunya negara di Eropa dengan jumlah kendaraan yang lebih banyak daripada jumlah penduduknya.

San Marino adalah satu-satunya negara kota Italia yang tersisa dan pengakuan status negara ini sebagai salah satu republik tertua. Tahun 2008, pusat sejarah San Marino dan Gunung Titano dimasukan dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Sebagai tanda hari perayaan nasional, berbagai acara di gelar, seperti penembakan panah dan pengibaran bendera, bahkan sebuah konser. Di akhir acara perayaan, kembang api sebagai tampilan penutup yang sangat spektakuler.

Selamat Hari Berdirinya San Marino, 3 September 301 M!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *