Sejarah Kemenangan Turki, 30 Agustus 1922

  • 2 min read
  • Nov 12, 2020

Turkey Special day – Tahukah Anda bahwa pada tanggal 30 Agustus adalah hari spesial dan bersejarah bagi negara Turki? Ternyata tanggal 30 Agustus adalah hari kemenangan di Turki atau Victory Day in Turkey. Bendera Turki dan gambar Mustafa Kemal Ataturk (Presiden Turki pertama) sering menghiasi berbagai toko, kantor publik, dan rumah penduduk pada hari bersejarah ini. Nah baru tahu kan? nah yuk simak sejarah hari Kemenangan atau Victory Day bagi negara Turkey!

Sejarah Kemenangan di Turki?

Hari kemenangan disebut juga Hari Angkatan bersenjata. Hari bersejarah ini dijadikan hari libur nasional di Turki dan selalu dirayakan pada tanggal 30 Agustus setiap tahunnya.

Tanggal 30 Agustus ditandai sebagai langkah terakhir untuk Perang Kemerdekaan Turki. Sehingga hari ini, 30 Agustus terdaftar dalam sejarah sebagai Hari kemenangan Turki, atau sebuah festival nasional dan hari libur umum.

Hari bersejarah ini untuk memperingati kemenangan dalam pertempuran Dumlupınar (sebuah kota dan distrik Provinsi Kütahya di wilayah Aegean Turki). Dalam pertempuran ini untuk menentukan Perang Kemerdekaan Turki pada tahun 1922.

Nah selain itu, hari bersejarah dan spesial ini diperingati untuk menghormati pendiri Turki modern, yaitu Mustafa Kemal Atatürk (Presiden Pertama Republik Turki). Hanya saja pada tahun 1934 namanya adalah Gazi Mustafa Kemal Paşa.

Sejarah Hari Kemenangan

Menyusul kekalahan Kekaisaran Ottoman pada akhir Perang Dunia I, Turki diduduki oleh pasukan sekutu.

Hal ini menyebabkan mulainya Perang Kemerdekaan Turki di tahun 1919, dengan pasukan Turki yang dipimpin langsung oleh Jenderal Mustafa Kemal.

Baca Juga :  Hari Kemerdekaan Moldova, 27 Agustus 1991

Pertempuran Dumlupınar (pertempuran terakhir yang berlangsung selama Perang Yunani-Turki) di provinsi Kütahya di Turki barat. Tahun 1992 pasukan asing tidak meninggalkan tanah Turki sampai musim gugur, namun 30 Agustus 1922 diterima sebagai tanggal kemenangan tentara Turki.

Pada tanggal 29 Oktober 1923, Republik Turki memproklamasikan kemerdekaan bertempat di ibukota baru Ankara. Kemudian Atatürk terpilih sebagai Presiden pertama Republik Turki.

Hari Kemenangan Turki pertama kali dirayakan tanggal 30 Agustus 1923, kemudian di tahun 1935 dijadikan hari libur nasional.

Perayaan Hari Kemenangan

Hari bersejarah ini dirayakan di seluruh Turki dan dibagian utara negara Siprus. Perayaan ini adalah perayaan militer Turki dan Republik Turki. Untuk perayaan utama diadakan di Mausoleum Atatürk di Ankara.

Baca juga: Sejarah Hari Kemerdekaan Siprus

Selain itu, upacara juga diadakan di Akademi Perang di Istanbul. Semua promosi militer di lakukan pada hari bersejarah ini, sementara pawai diadakan di kota-kota besar di seluruh negeri Turki.

Simbol Kemenangan Turki

  • Bendera Turki
  • Gambar Mustafa Kemal Atatürk
  • Parade dan upacara militer
  • Penerbangan demonstrasi angkatan udara
  • Upacara di Mausoleum Atatürk di Ankara.

Perayaan pada hari bersejarah 30 Agustus ini memberi orang-orang Turki bernafas dan hidup di udara segar yang berbau kemerdekaan dan kemenangan.

Pentingnya hari ini, hari bersejarah dan spesial ini dapat dijelaskan dan dipahami dengan baik oleh orang-orang yang telah memperjuangkannya atau mereka yang telah melihat semua ini!

 

 

Selamat Hari Kemenangan di Turki, 30 Agustus 1922!