Catatan Peristiwa Penting di Tanggal 24 April

  • 5 min read
  • Sep 18, 2020

Specialdays.id – halo sobat spesial Tahukah Kamu? Pada tanggal 24 April terdapat berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi di seluruh belahan dunia. Seperti contoh pemilu kelima yang diadakan di indonesia dan lain sebagainya.

Selain itu Specialdays telah mencatat beberapa peristiwa bersejarah dan unik lainnya. Berikut ini specialdays paparkan peristiwa penting 24 April sepanjang sejarah hidup manusia.

24 April adalah hari ke-114 (hari ke-115 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

Brikut ini Catatan Peristiwa Penting 24 April dalam sepanjang sejarah Manusia.

24 April 1792 : La Marseillaise, lagu kebangsaan Prancis, ditulis

La Marseillaise secara resmi dinyanyikan untuk pertama kalinya oleh Rouget de Lisle di Strasbourg, dan diresmikan menjadi lagu kebangsaan Prancis pada tahun 1879. Sejak itu hingga sekarang, rakyat Prancis mengumandangkan lagu La Marseillaise pada momen-momen kenegaraan, misalnya pada tanggal 14 Juli 1900 di L’Opéra Comique. Sebuah pertunjukan yang terinspirasi dari lagu kebangsaan tersebut dipertontonkan untuk merayakan La Fête Nationale. Setelah itu, setiap tahunnya lagu ini dikumandangkan pada tanggal 14 Juli pada acara baik untuk mengingat hari revolusi Prancis maupun untuk kepentingan parade militer.

Baca Juga : Catatan Peristiwa Penting 23 April

Tidak hanya sebagai lagu kebangsaan Prancis, La Marseillaise juga memberikan inspirasi warga untuk menciptakan lagu-lagu perjuangan kebebasan, walaupun hanya sekadar sebagai hiburan . Misalnya dalam bentuk parodi dengan berbagai tema; perlawanan terhadap kelaparan, perjuangan untuk mendapatkan minuman keras (misalnya anggur), perjuangan mendapatkan pekerjaan, dll.

Baca Juga :  Peristiwa Penting Pada 25 April dalam Sejarah Dunia

24 April 1898 : Spanyol mendeklarasikan perang melawan Amerika Serikat, sebagai penolakan terhadap ultimatum untuk mundur dari Kuba.

Perang Spanyol-Amerika ialah konflik yang terjadi antara Spanyol dan Amerika Serikat antara 24 April sampai 12 Agustus 1898. Perang ini terjadi karena Amerika Serikat melakukan campur tangan atas isu politik luar negeri di Koloni Spanyol.

Isu politik di Kuba berkembang menjadi konflik global setelah armada Amerika berusaha mengusir Spanyol dari koloninya di Karibia dan Pasifik Selatan. Amerika Serikat mendirikan pemerintahan sementara di Kuba dan mengambil kendali atas koloni Spanyol di Puerto Riko, Guam dan Filipina melalui Traktat Paris 10 Desember 1898. Bagi Spanyol, konflik ini disebut sebagai “Bencana” yang melemahkan Pemerintahan Restorasi. Amerika Serikat sendiri yang memenangkan perang ini berhasil memperoleh jajahan baru.

24 April 1955 : Konferensi Asia Afrika ditutup dengan hasil mendukung kedamaian dan kerjasama dunia, tertuang dalam Dasasila Bandung.

Konferensi Tingkat Tinggi Asia–Afrika (disingkat KTT Asia Afrika atau KAA; atau disebut Konferensi Bandung) adalah sebuah konferensi antara negara-negara Asia dan Afrika, yang kebanyakan baru saja memperoleh kemerdekaan. KAA diselenggarakan oleh Indonesia, Myanmar (dahulu Burma), Sri Lanka (dahulu Ceylon), India dan Pakistan dan dikoordinasi oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Sunario. Pertemuan ini berlangsung antara 18 April-24 April 1955, di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia dengan tujuan mempromosikan kerjasama ekonomi dan kebudayaan Asia-Afrika dan melawan kolonialisme atau neokolonialisme Amerika Serikat, Uni Soviet, atau negara imperialis lainnya

Dasasila Bandung adalah sepuluh poin hasil pertemuan Konferensi Asia–Afrika yang dilaksanakan pada 18-25 April 1955 di Bandung, Indonesia. Pernyataan ini berisi tentang “pernyataan mengenai dukungan bagi kedamaian dan kerjasama dunia”. Dasasila Bandung ini memasukkan prinsip-prinsip dalam Piagam PBB dan prinsip-prinsip Jawaharlal Nehru.

24 April 1967 : Pesawat luar angkasa Soyuz 1 jatuh di Siberia, menewaskan kosmonot Vladimir Komarov

Soyuz 1 adalah bagian dari program luar angkasa Uni Soviet dan diluncurkan ke orbit pada 24 April 1967 sambil membawa seorang kosmonot, Kolonel Vladimir Mikhailovich Komarov, yang meninggal ketika pesawat tersebut jatuh saat kembali ke Bumi. Penyebab jatuhnya pesawat ini adalah kerusakan pada sistem pengereman pesawat. Akibatknya, pesawat mendarat dengan keras ke Bumi sehingga menewaskan Komarov

Para insinyur sebenarnya mendeteksi lebih dari 200 kesalahan dalam desain pesawat namun Soyuz 1 tetap diluncurkan karena pemerintah Uni Soviet tidak mau kalah cepat dengan Amerika Serikat dalam persaingan menempatkan orang pertama di Bulan. Akibat kegagalan Soyuz 1, peluncuran Soyuz 2 dan Soyuz 3 ditunda selama 18 bulan, yang akhirnya mengagalkan rencana Soviet untuk menjadi negara pertama dengan awak di Bulan. Awak cadangan untuk Soyuz 1 adalah Yuri Gagarin.

Baca Juga :  Catatan Peristiwa Penting 22 April

24 April 1968 : Mauritius menjadi anggota tetap Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Mauritius adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudra Hindia, sekitar 900 km sebelah timur Madagaskar. Selain Pulau Mauritius, negara ini juga mencakup Kepulauan Cargados Carajos, Rodrigues dan Kepulauan Agalega. Mauritius termasuk dalam Kepulauan Mascarene, beserta Pulau Reunion milik Prancis 200 km sebelah barat daya Mauritius.

24 April 1970 : Satelit pertama China, Dong Fang Hong I, diluncurkan.

Dong Fang Hong (Timur Merah I) atau juga dikenal sebagai China 1, adalah satelit ruang angkasa pertama Republik Rakyat Tiongkok, yang sukses diluncurkan pada tanggal 24 April 1970 – setelah satu upaya gagal pada 16 November 1969 – sebagai bagian dari Program satelit ruang angkasa Dongfanghong RRT.

Dengan berat 173 kg, satelit ini lebih berat daripada satelit pertama negara-negara lain. Satelit yang membawa pemancar radio ini menyiarkan lagu dengan nama yang sama selama 26 hari saat berada di orbit.

24 April 1971 : Soyuz 10 merapat dengan Salyut 1.

Soyuz 10 adalah sebuah rangkaian pesawat luar angkasa yang dirancang oleh Sergey Korolev untuk program luar angkasa Uni Soviet. Soyus melanjutkan rancangan pesawat Voskhod dan awalnya dibangun sebagai bagian dari program Luna. Pesawat-pesawat Soyuz diluncurkan dengan roket Soyuz, sebagai bagain dari program Soyuz dan program Zond yang lebih baru.

Pesawat-pesawat Soyuz kemudian digunakan untuk mengangkut para kosmonot dari dan ke stasiun luar angkasa Salyut, Mir dan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Peluncuran pertama pesawat Soyuz tak berawak adalah pada tanggal 28 November 1966 sementara penerbangan berawak pertamanya terjadi pada 23 April 1967.

24 April 1990 : Pesawat ulang-alik Discovery lepas landas dengan membawa Teleskop Hubble.

Pesawat ulang-alik (bernama resmi: Space Transportation System atau STS; lebih populer dengan nama NASA’s Space Shuttle atau Space Shuttle saja) adalah pesawat luar angkasa milik Amerika Serikat yang digunakan dalam misi penerbangan luar angkasa berawak. Pesawat ulang alik – tidak seperti pesawat luar angkasa lainnya – badan utama pesawat ulang-alik dapat digunakan kembali di lain waktu.

Pesawat jenis ini hanya dimiliki oleh NASA, badan antariksa Amerika, dalam beberapa jenis. Sempat dibuat 5 buah, di mana sekarang tinggal tiga. Modul pesawat, terbang secara vertikal dan biasanya membawa tiga sampai lima antariksawan (walaupun pernah mengangkut 8 antariksawan dan masih cukup sampai 11 antariksawan dalam keadaan darurat) dan muatan sampai seberat 50.000 lb, 22.700 kg menuju orbit rendah bumi (termosfer).

Ketika misi selesai pesawat akan menyalakan pendorongnya sendiri untuk kembali menuju atmosfer bumi, pendorong akan dimatikan ketika pesawat sudah di dalam atmosfer bumi dan pesawat akan melayang selama perjalanannya sampai akhirnya mencapai permukaan lagi.

Baca Juga : Sejarah Kemenangan Turki Utsmani pada Perang Dahsyat

24 April 1997 : Peristiwa Kampus Hasanuddin yang dikenal dengan ASMARA (Aspirasi Masyarakat Berdarah).

Adalah peristiwa dimana mhasiswa menuntut hak rakyat sehingga para mahasiswa berdemo tak elakkan terjadi bentrok dan diantara mereka ada yang meninggal.

Baca Juga :  Hari Kemerdekaan Qatar, 3 September 1971

24 April 2005 : Joseph Alois Ratzinger dilantik sebagai sebagai Paus dengan gelar Paus Benediktus XVI.

Paus Benediktus adalah nama kepausan (nama regnal yang diambil oleh seorang Paus) dari Joseph Alois Ratzinger (lahir di Marktl am Inn, Bayern, Jerman, 16 April 1927; umur 93 tahun), adalah Paus Emeritus Gereja Katolik Roma. Ia melayani sebagai Paus ke-265 Gereja Katolik Roma sejak 19 April 2005 hingga mengundurkan diri pada 28 Februari 2013. Dia adalah Uskup Roma, pemimpin Negara Kota Vatikan dan Gereja Katolik Roma termasuk Gereja Katolik Timur dalam komuni dengan Takhta Suci. Pelantikan sebagai Paus secara resmi dlakukan melalui Misa Pelantikan Paus tanggal 24 April 2005.

24 April 2005 : Snuppy, anjing pertama hasil kloning lahir di Korea Selatan

Snuppy adalah Salah satu kloning hewan menghasilkan anjing kloning pertama dunia. Anjing ini lahir pada 24 April 2005 di Korea Selatan.

Kloning ini merupakan hasil kerja ilmuwan di Seoul National University dengan arahan ilmuwan bernama Hwang Woo Suk. Anjing yang diberi nama Snuppy tersebut merupakan keturunan anjing ras afghanistan.

Berbagai tanggapan positif muncul atas pencapaian kloning pertama ini. Majalah Time tahun itu menobatkan Snuppy sebagai penemuan paling menakjubkan.

24 April 2007 : Awal pelaksanaan Ujian Nasional SMP/MTs tahun ajaran 2006/2007 di Indonesia.

UN adalah Ujian Nasional atau ujian negara sebagai bahan evaluasi proses pendidikan dan kegiatan belajar mengajar di Indonesia jenjang SMP/MTS dengan tahun ajaran 2006/2007.

Baca Juga : Catatan Peristiwa Penting 22 April

24 April 2008 : Akhir pelaksanaan Ujian Nasional SMA/SMK/MA tahun ajaran 2007/2008 di Indonesia.

UN adalah Ujian Nasional atau ujian negara sebagai bahan evaluasi proses pendidikan dan kegiatan belajar mengajar di Indonesia jenjang SMA/MA/SMK dengan tahun ajaran 2007/2008

24 April 2009 : Akhir pelaksanaan Ujian Nasional SMA/SMK/MA tahun ajaran 2008/2009 di Indonesia.

UN adalah Ujian Nasional atau ujian negara sebagai bahan evaluasi proses pendidikan dan kegiatan belajar mengajar di Indonesia jenjang SMA / MA / SMK dengan tahun ajaran 2008/2009

24 April 2020 : Karantina wilayah banyak terjadi di indonesia dan juga sebagai Awal Ramadhan yang terpapar corona virus diesase

Oke sob itu saja catatan peristiwa penting 24 april, jangan lupa saran dan kritik tarus di kolom komentar ya!

Specialdays.id
Kunjungi Web Edukatif dan Inspiratif

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *