Catatan Peristiwa Penting 23 April

  • 6 min read
  • Sep 14, 2020

Specialdays.id – halo sobat spesial Tahukah Kamu? Pada tanggal 23 April terdapat berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi di seluruh belahan dunia. Seperti contoh pemilu kelima yang diadakan di indonesia dan lain sebagainya.

Selain itu Specialdays telah mencatat beberapa peristiwa bersejarah dan unik lainnya. Berikut ini specialdays paparkan peristiwa penting 23 April sepanjang sejarah hidup manusia.

Berikut ini Peristiwa penting 23 april yuk simak! 23 April adalah hari ke-113 (hari ke-114 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

23 April 1014 : Pasukan Irlandia berperang dengan pasukan Viking dalam pertempuran clontarf

pertempuran yang berlangsung pada 23 April 1014 di Clontarf, dekat Dublin, di pantai timur Irlandia. Ini mengadu kekuatan Brian Boru, raja tinggi Irlandia, melawan aliansi Norse-Irlandia yang terdiri dari kekuatan Sigtryg Silkbeard, raja Dublin, Mael Mórda mac Murchada, raja Leinster, dan kontingen Viking yang dipimpin oleh Sigurd dari Orkney dan Brodir Mann. Itu berlangsung dari Pagi hingga malam, dan berakhir dengan kemenangan pasukan Viking dan Leinster.

Baca Juga : Hari Kemerdekaan Turki

Diperkirakan bahwa dalam pasukan itu antara 7.000 dan 10.000 orang tewas. Meskipun pasukan Brian yang menang, Brian sendiri tewas, seperti anaknya Murchad dan cucunya Toirdelbach. Leinster raja Mael Mórda dan pemimpin Viking Sigurd dan Brodir juga dibunuh. Setelah pertempuran, Viking dari Dublin dikurangi dan menjadi kekuatan sekunder. Sedangkan keluarga Brian untuk sementara dikalahkan, dan oleh karena itu tidak ada raja tertinggi dari Irlandia sampai abad ke-12.

23 April 1923 : Gdynia dinobatkan sebagai pelabuhan laut milik Polandia di pesisir selatan Laut Baltik.

Gdynia ialah kota pelabuhan di Pomerania, yang kini terletak di Polandia, di Provinsi Pomorskie. Antara 1772 dan 1919 kota ini masuk wilayah Prusia dan Jerman, setelah Perang Dunia I dianeksasi ke Polandia dan dikembangkan menjadi pelabuhan penting di Koridor Polandia.

Baca Juga :  Hari Kemerdekaan Republik Afrika Tengah, 13 Agustus 1960

Pada 1939 kota ini dianeksasi kembali oleh Jerman dan dinamai Gotenhafen, meski pada masa lalu kota ini dinamai Gdingen. Pada 1945 kota ini kembali masuk wilayah Polandia. Nama Gdynia dan Gdingen memiliki asal bahasa yang sama.

Gdynia, sebuah desa nelayan, pertama kali disebut menggunakan nama Gdina. Berdasarkan dokumen uskup, desa tersebut adalah milik Oksywie. Gdynia menjadi milik Ordo Cistercian. Rusocin, pemilik Gydnia pada masa itu, memberikan desa tersebut ke Biarawan Carthusian dari Kartuzy di Kashubia. Ordo tersebut berkuasa di Gydnia hingga Perjanjian Partisi Polandia Pertama (1772).

Rusia mengepung desa ini dan membakarnya. Pada akhir abad ke-18, Gydnia mulai dibangun kembali dan ketika itu hanya 20 keluarga yang masih tinggal disana.Bagian pertama dari pelabuhan diresmikan oleh Presiden Polandia, Stanislaw Wojciechowski.

Gydnia diberi hak kota dan saat itu jumlah penduduknya telah mencapai 12.000 jiwa. Nazi (Jerman) menggabungkan Gydnia dengan Riech, mengusir penduduk lokal, dan mengubah nama kota ini menjadi Gotenhafen. Gydnia dibebaskan oleh Polandia melalui pertempuran dengan Tentara Merah. Gydnia menjadi kota terbesar ke-12 di Polandia dengan populasi penduduk sebesar 248.000 jiwa.

23 April 1954 : Hank Aaron, pemain bisbol A.S., pertama kali melakukan home run di Major League Baseball.

Henry Louis “Hank” Aaron yang lahir di Mobile, Alabama, 5 Februari 1934; umur 86 tahun adalah seorang pemain bisbol Amerika Serikat yang aktif dari tahun 1950-an hingga 1970-an. Ia terkenal sebagai pemain dengan rekor home run terbanyak di Major League Baseball (sebanyak 755) hingga rekor tersebut dipecahkan Barry Bonds pada tahun 2007 setelah 33 tahun. Rekor Aaron sendiri memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Babe Ruth.

Berposisi sebagai outfielder, Aaron memperkuat tim Milwaukee / Atlanta Braves dari tahun 1954 hingga 1974 dan Milwaukee Brewers dari tahun 1975 hingga 1976. Dari tahun 1955 hingga 1975, ia terus terpilih masuk tim All-Star tahunan. Bersama Braves, ia meraih gelar World Series satu-satunya pada tahun 1957. Pada tahun 1982, namanya masuk dalam daftar Baseball Hall of Fame. Namanya diabadikan dalam nama Penghargaan Hank Aaron yang diberikan kepada pemukul terbaik di setiap liga dalam MLB sejak tahun 1999.

23 April 1974 : 1974 – Pesawat Boeing 707 milik maskapai Pan Am jatuh di Bali, Indonesia, menewaskan 107 orang.

Pesawat Pan Am Penerbangan 812, dioperasikan Pan American World Airways Boeing 707-321B N446PA (Clipper Climax), pada 22 April 1974, jatuh di dataran berbukit saat bersiap mendekati landasan 09 di Denpasar, Bali, setelah terbang selama 4 jam 20 menit dari Hong Kong.

lokasi kecelakaan sekira 42,5 mil laut (78,7 kilometer) barat laut Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Sebanyak 107 orang dilaporkan tewas dalam insiden ini.

Awak kokpitnya terdiri dari Kapten Donald Zinke, First Officer John Schroeder, Third Officer Melvin Pratt, dan Teknisi Penerbangan Timothy Crowley & Edward Keating. Ke-96 penumpang ditangani oleh Purser Mary Butterworth & Beverly Schmitt dan Pramugari Ann Beran, Janice Fanning, Ingrid Johansson, & Donna Kent.

Baca Juga :Peristiwa Penting 22 April

23 April 1984 : Penyebab Virus AIDS, HTLV-3 ditemukan tim peneliti AS.

Virusnya sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus (atau disingkat HIV) yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.

Baca Juga :  Hari ibu tanggal berapa? Inilah Perayaan Hari Ibu di Indonesia

HIV dan virus-virus sejenisnya umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam (membran mukosa) atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan preseminal, dan air susu ibu. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim (vaginal, anal, ataupun oral), transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

23 April 1987 – Pemilu kelima diadakan di Indonesia

Sejarah hari ini, 32 tahun lalu tepatnya 23 April 1987 dilaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) kelima di Republik Indonesia. Pemilu 23 April 1987 tersebut untuk memilih anggota DPR, DPRD Tingkat 1 Provinsi, dan DPRD Tingkat II Kabupaten/Kotamadya.

Pemilu Legislatif 23 April 1987 tercatat sebagai Pemilu keempat dalam rezim pemerintahan Orde Baru. Sistem Pemilu yang digunakan pada 23 April 1987 masih sama dengan sistem yang digunakan dalam Pemilu 1982, yaitu menganut sistem perwakilan berimbang (proporsional) dengan stelsel daftar. Stelsel daftar adalah sistem penentuan anggota DPR, di mana calon yang terpilih dari partai adalah calon yang memenuhi jumlah bilangan pembagi pemilih menurut urutan daftar calon tetap yang telah ditetapkan sebelumnya.

Apabila suara yang dibutuhkan mencapai jumlah untuk satu wakil, maka yang terpilih adalah calon nomor urut satu. Kalau jumlah suaranya cukup untuk dua wakil, maka nomor urut dua yang diambil, demikian seterusnya.

23 April 1990 : Namibia menjadi anggota ke-150 Perserikatan Bangsa-Bangsa dan anggota ke-50 Negara-Negara Persemakmuran.

Republik Namibia adalah sebuah negara di Afrika bagian barat daya tepatnya di pesisir Atlantik. Negeri ini berbatasan dengan Angola dan Zambia di sebelah utara, Botswana di timur dan Afrika Selatan di selatan. Namibia merdeka dari Afrika Selatan tahun 1990 sehingga menjadi salah satu negara termuda di dunia. Ibu kotanya ialah Windhoek.Namibia memperoleh kemerdekaan penuh dari Afrika Selatan pada tahun 1990. Tapi Walvis Bay dan Kepulauan Penguin tetap berada di bawah kendali Afrika Selatan sampai tahun 1994.

Namibia terbagi menjadi 13 wilayah: Caprivi, Erongo, Hardap, Karas, Kavango, Khomas, Kunene, Ohangwena, Omaheke, Omusati, Oshana, Oshikoto dan Otjozondjupa. Gurun Namib yang besar dan kering membuat Namibia menjadi salah satu negara paling tidak padat penduduknya di dunia. Namibia mempunyai stabilitas politik, ekonomi dan sosial yang tinggi.

Baca Juga :  Hari Kemerdekaan Vietnam, 2 September 1945

23 April 1992 : McDonald’s membuka restoran cepat sajinya yang pertama di Cina.

McDonald’s adalah waralaba atau rumah makan siap saji terbesar di dunia. Hidangan utama di restoran-restoran McDonald’s adalah hamburger, tetapi mereka juga menyajikan minuman ringan, kentang goreng dan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada. Lambang McDonald’s adalah dua busur berwarna kuning yang biasanya dipajang di luar rumah-rumah makan mereka dan dapat segera dikenali oleh masyarakat luas.

23 April 1993 – Pemungutan suara di Eritrea dalam referendum yang diawasi PBB, dengan hasil menunjukkan keinginan merdeka dari Ethiopia.

Etitrea adalah adalah sebuah negara yang terletak di bagian timur laut Afrika. Eritrea berbatasan dengan Sudan di sebelah barat, Ethiopia di selatan, dan Djibouti di tenggara. Laut Merah di sebelah timur Eritrea memisahkan negara itu dengan kawasan Timur Tengah. Bagian timur dan timur laut negara ini mempunyai garis pinggir laut yang panjang yang menghadap Laut Merah, betul-betul berhadapan dengan Arab Saudi dan Yaman. Kepulauan Dahlak dan banyak pulau di Kepulauan Hanish merupakan sebagian Eritrea.

23 April 2011 : Pelaksanaan konser Justin Bieber di Sentul International Convention Center, Bogor-Indonesia.

Justin Draw Bieber adalah seorang penyanyi dan penulis lagu berkebangsaan Kanada. Setelah manajer pencarian bakat Scooter Braun menemukannya melalui video-video YouTubenya sedang mengcover lagu pada tahun 2008 dan dia dikontrak oleh RBMG, Bieber merilis EP debutnya, My World, pada akhir tahun 2009. EP ini disertifikasi platinum di AS. Bieber menjadi artis pertama yang mempunyai tujuh lagu dari rekaman debut di tangga lagu Billboard Hot 100. Bieber merilis album studio penuh pertamanya, My World 2.0, pada tahun 2010. Album ini debut di atau hampir di nomor satu di beberapa negara, disertifikasi tiga kali platinum di AS, dan menghasilkan single “Baby”.

23 April 2012 : Awal pelaksanaan Ujian Nasional SMP/MTs tahun ajaran 2011/2012 di Indonesia.

Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalianmutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Baca Juga : Sejarah Corona Virus Disease melanda Indonesia

23 April 2020 – Corona Virus Disease atau COVID-19 Merebak di Indonesia

Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19.

Itulah peristiwa penting 23 April dalam sejarah dunia. Jangan lupa ya tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar di bawah ini ya!

Specialdays.id
Kunjungi Web Edukatif dan Inspiratif