Save Our World’s: Peringatan Hari Penyu Sedunia

  • 4 min read
  • Feb 09, 2021

Specialdays.id – Makhluk hidup di bumi memiliki sekian banyak jenis, mulai dari yang berada di darat hingga yang berada di laut terkhusus yang di laut beberapa dekade ini memiliki masalah, seperti penggunaan pukat harimau yang dapat merusak terumbu karang sebagai rumah biotik laut, terutama penyu berikut ini akan dijelaskan tentang peringatan hari penyu sedunia pada tanggal 23 Mei yuk simak!.

World Turtle dan Tortoise days

Peringatan Hari Penyu Sedunia adalah hari libur yang dilaksanakan pada tanggal 23 Mei setiap tahun. Tujuan peringatan hari penyu sedunia ini adalah untuk merayakan reptil yang luar biasa ini dan untuk meningkatkan kesadaran tentang Penyelamatan Kura-kura Amerika – organisasi nirlaba yang misinya adalah melindungi kura-kura dan kura-kura di seluruh dunia.

Pada peringatan hari penyu sedunia ini, orang dapat memilih untuk menyumbangkan uang kepada organisasi ini, menjadi sukarelawan untuk organisasi lain yang mempromosikan konservasi dan perlindungan kura-kura atau hanya menghabiskan hari menikmati gambar-gambar kura-kura lucu di Internet.

Baca Juga : Peringatan Hari Ibu Se – Dunia Tanggal Berapa? 

Karena, begitu banyak cara yang sering kali dilakukan untuk merayakan liburan ini. Yang paling penulis rekomendarikan untuk peringatan hari penyu sedunia adalah fokus utama dari usaha Anda untuk menikmati dan menjaga kelestarian dalam merayakannya.

Sejarah peringatan Hari penyu sedunia

Peringatan Hari Penyu Sedunia diadakan pertamakali pada tahun 1990 oleh American Tortoise Rescue – sebuah organisasi nirlaba yang mensponsori liburan ini setiap tahun.

Peringatan Hari Penyu Sedunia ini dibuat agar orang tidak hanya bisa merayakan kura-kura tetapi juga agar mereka dapat bergabung dalam upaya melindungi kura-kura dan kura-kura di seluruh dunia. Sejak hari penyu ini diadakan, Penyelamatan Kura-kura. Saat ini Amerika telah menempatkan lebih dari tiga ribu kura-kura dan penyu ke dalam rumah perawatan atau penangkaran penyu di amerika kalau di indonesia seperti suaka margasatwa.

Perbedaan Habitat Penyu dan kura kura

Kura-kura adalah reptil yang termasuk dalam ordo Testudines. Mereka dicirikan oleh cangkang tulang rawan mereka yang berkembang dari tulang rusuk dan bertindak sebagai perisai bagi hewan.

Mereka umumnya adalah hewan berdarah dingin – yang berarti bahwa suhu internal mereka berfluktuasi sesuai dengan suhu lingkungan.

Namun, beberapa kura-kura memiliki suhu yang lebih tinggi daripada lingkungan sekitar mereka karena tingkat metabolisme yang tinggi – misalnya, ini terjadi pada penyu.

Beberapa kura-kura paling awal yang diketahui hidup sekitar 215 juta tahun yang lalu. Ini menjadikan kura-kura salah satu kelompok reptil tertua – bahkan lebih tua dari buaya dan ular.

Saat ini, ada lebih dari 320 spesies kura-kura yang diketahui dan banyak dari mereka yang terancam punah. Para ilmuwan mengklasifikasikan kura-kura sebagai amniotes, seperti halnya mamalia, reptil, dan burung.

Seperti sesama amnion mereka, kura-kura menghirup udara dan tidak bertelur di bawah air – meskipun banyak spesies kura-kura yang berbeda hidup sangat dekat dengan badan air yang besar.

Apa yang dimakan kura-kura sangat tergantung pada lingkungan tempat mereka tinggal. Banyak kura-kura darat dewasa akan memakan tanaman, cacing, dan serangga kecil. Beberapa kura-kura air tawar memakan ikan dan makhluk air lainnya.

Beberapa penyu akan sering memakan hewan laut bertubuh lunak seperti sepon dan ubur-ubur. Namun, penyu lain mungkin hidup dari kerang atau ganggang.

Hampir 70% dari kura-kura yang hidup hari ini terancam punah. Ini termasuk tujuh spesies penyu (yang meliputi Penyu Sisik, Tempayan, Penyu Hijau dan Penyu Belimbing, Penyu Laut Kemp’s Ridley, antara lain).

Ini juga termasuk kura-kura darat seperti Kura-kura Radiasi, Terrapin Saw-rahang, Kura-kura Ploughshare, Kura-kura Tambak Filipina, Kura-kura Musk Dirata, Kura-kura Kotak berkepala Kuning, Kura-kura Kotak McCord, Kura-kura Kotak McCord, Kura-kura Kotak Indochinese, Kura-kura Lumpur Kuning, Kura-kura Ayam Barat dan Kura-kura Blanding.

Baca Juga : Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Se – dunia tanggal Berapa?

Beberapa Bagian tubuh dari Kura – Kura dan Penyu

  • Cangkang atas kura-kura disebut karapas
  • Kulit kura-kura yang lebih rendah disebut plastron
  • Penyu memiliki kelenjar khusus yang menghilangkan garam dari air minum mereka
  • Penyu Hijau Laut dapat menahan napas hingga 5 jam
  • Penyu Belimbing dapat memiliki berat lebih dari 2.000 pound
  • Penyu Leatherback dapat melakukan perjalanan lebih dari 10.000 mil per tahun
  • Tidak semua spesies kura-kura bisa menyembunyikan kepala mereka di kulitnya
  • Kura-kura hidup terutama di air
  • Kura-kura hidup terutama di darat
  • Terrapin hidup baik di darat maupun di air
  • Kebanyakan kura-kura adalah omnivora

Macam – macam Peringatan Hari Penyu Sedunia

Cara terbaik untuk merayakan Peringatan Hari Penyu Dunia adalah dengan melakukan sesuatu untuk kura-kura sendiri. Bagaimanapun 70% dari semua spesies kura-kura menghadapi kepunahan karena pemanasan global dan aktivitas manusia lainnya.

Jadi hari ini adalah hari yang baik untuk menyumbangkan uang atau waktu Anda untuk pelestarian penyu favorit atau organisasi penyelamat.

Baca Juga : Peringatan Sejarah Hari Konstitusi Indonesia tanggal berapa?

Ini juga hari yang baik untuk meningkatkan perhatian tentang keadaan penyu di seluruh dunia dengan menggunakan tagar #WorldTurtleDay di media sosial.

Jika Anda mencari cara yang tidak terlalu serius untuk merayakan liburan ini, maka Anda dapat melakukan semua jenis kegiatan penyu yang menyenangkan.

Anda dapat mengadakan pesta bertema penyu dengan kue berbentuk penyu dan permainan seperti menjepit ekor pada kura-kura. Anda juga dapat melukis gambar kura-kura, menggambar kura-kura atau memburu gambar-gambar kura-kura imut di Internet.

Semua tergantung pada Anda bagaimana cara merayakan peringatan ini yang paling direkomendasikan oleh penulis yaitu lakukanlah dengan mengujungi penangkaran penyu dan kura – kura melihat bagaimana mereka berkembang.

Yang lebih penting dari itu semua adalah jangan pernah merusak alam apapun alasannya, hargai biotik laut dan jaga kelestarian laut, Save Our Sea, Save Our Earth.

Tempat Penangkaran Penyu di Indonesia

Berikut ini beberapa tempat penangkaran penyu di indonesia yang bisa kamu gunakan untuk referensi peringatan Hari Penyu Sedunia.

1. Penangkaran Penyu Pantai Sukamade, Banyuwangi

2. Penangkaran Penyu Deluang Sari, Tanjung Benoa

3. Penangkaran Penyu Pulau Serangan, Bali

4. Penangkaran Penyu Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

5. Penangkaran Penyu Pengumbahan, Ujung Genteng Sukabumi

6. Penangkaran Penyu Pantai Ngagelan, Banyuwangi

7. Penangkaran Penyu Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

8. Penangkaran Penyu Batavia Bangka Beach, Bangka Belitung

9. Penangkaran Penyu Pantai Watu Leter, Malang

10. Penangkaran Penyu Pantai Goa Cemara, Yogyakarta

Baca Juga : Peringatan Hari Surya Se – Dunia jatuh pada tanggal berapa?

Demikianlah tentang Peringatan Hari Penyu Sedunia versi specialdays tetap jaga lingkungan untuk menyelamatkan biotik laut, jangan sampai generasi kedepan kita waris dengan kehancuran laut ya.

#Keep Save Our Wolds

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.