Hari Industri Kecil, 30 Agustus 2000

  • 2 min read
  • Feb 14, 2021

Sejarah Industri Kecil – Tahukah Anda bahwa hari spesial tanggal 30 Agustus adalah Hari Industri Kecil atau Small Industry Day? Nah peringatan hari bersejarah ini, atau Small Industry Day di peringati khususnya oleh negara India. Hari Industri Kecil dirayakan pada tanggal 30 Agustus setiap tahun dalam mendukung dan mempromosikan produk lokal dari desa. Hari industri dirayakan sebagai bagian dari upayanya untuk memberikan pertumbuhan yang seimbang bagi perusahaan lokal, menengah dan besar yang ada dan memberikan bantuan untuk mendirikan industri baru untuk meningkatkan kesehatan keuangan negara. Nah yuk ketahui Sejarahnya!

Tentang Small Industry

Industri kecil adalah perusahaan kecil atau sederhana milik swasta atau manufaktur yang memiliki sumber daya dan tenaga manusia yang terbatas. Industri skala kecil ini ternyata sangat berkontribusi terhadap peluang kerja lokal terutama dalam peningkatan produktivitas dan ekspor industri, yang memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian.

Nah di India, peringatan Industri Kecil di peringati sebagai Small Industry Day karena sangat berdampak terhadap perekonomian negara India.

Daftar Industri Kecil di India

Ternyata ada 21 small Industry di India dan lebih dari 7500 produk yang diproduksi. nah berikut beberapa di ataranya:

  • Tekstil kapas
  • Listrik & mesin
  • Produk makanan
  • Produk kimia
  • Produk karet dan plastik
  • Produk logam
  • Produk kayu
  • Percetakan kertas
  • Produk kesehatan kulit
  • Minuman dan tembakau

Kita tahu bahwa banyak manfaat dari industri skala kecil ini, selain menghasilkan produk lokal, juga mendorong bakat dan keterampilan kreatif masyarakat yang sangat berpotensi dengan adanya industri kecil ini.

Bahkan di India, dengan adanya industri lokal, ini sebagai wadah pekerjaan pedesaan, pengembangan wilayah pedesaan dan mengurangi migrasi penduduk ke kota-kota besar atau ke wilayah perkotaan. Sehingga pemanfaatan ruang tanah dan sumber daya lokal maksimum tercapai.

Ini sebenarnya bisa diterapkan di Indonesia dan didukung penuh oleh pemerintah. Sehingga tidak ada ketimpangan jumlah penduduk di setiap desa, kota dan ibukota. Mereka kebanyakan pindah ke ibukota dan ke perkotaan besar diakibatkan kekurangan pekerjaan, dan kurangnya dukungan dari pemerintah terhadap kreativitas karya dan kerajian lokal di pedesaan.

Kelangsungan hidup pengusaha kecil atau pengusaha lokal memang sulit dan perlu dukungan dari berbagai pihak, terutama pemerintah. Mereka menghadapi banyak kesulitan, seperti kompetisi yang bersaing dan kurangnya investasi.

Beberapa dari pengrajin lokal atau pengusaha skala kecil tidak mengetahui nilai pasar untuk produk mereka dan bagaimana memasarkannya.

Sehingga perlu semacam bimbingan (pendidikan) tentang teknologi terbaru dan e-commerce digital yang dapat membantu mereka bertahan hidup.

Baca juga: Hari Power Rangers dan Mati Listrik Jawa Bali

Fakta Industri Kecil di India

Dikutip dari beberapa sumber, 40% dari penghasilan kotor produk di India, dipasok oleh industri skala kecil. Hal ini sangat berperan penting dalam perkembangan terutama bidang perekonomian negara India.

Menyadari hal itu, pemerintah India mengumumkan kebijakan untuk mendukung usaha industri skala kecil pada 30 Agustus 2000 dan memutuskan merayakan National Small Industry Day atau National Industry Day pada 30 Agustus setiap tahunnya.

Pada hari ini, penghargaan nasional diberikan kepada pengusaha kecil yang terpilih dan diadakan diskusi umum untuk perbaikan dan saran demi kemajuan pengusaha dan pengrajin lokal di pedesaan. Nah program-program tersebut diselenggarakan oleh Kementerian usaha mikro, kecil dan menengah di negara India.

Di India, National Small Industry Day dirayakan dengan acara yang berbeda di setiap tahun dan diadakan pameran berbagai desain produk inovatif. Bahkan di berbagai kampus, diadakan kuliah umum tentang edukatif dan kampanye kesadaran terhadap pengusaha lokal di seluruh kota.

Small Industry Day merupakan kebanggan bagi negara India demi menciptakan kesadaran tentang pentingnya pengusaha skala kecil.

Bagaimana dengan Indonesia? Anda yang tahu!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.