Induksi elektromagnetik, 29 Agustus 1831

  • 2 min read
  • Feb 13, 2021

Sejarah hari ini, induksi elektromagnetik – Tahukah Anda bahwa tanggal 29 Agustus banyak peristiwa bersejarah? Salah satunya dalam bidang ilmu pengetahuan. Hari bersejarah pada tanggal 29 Agustus 1831 adalah ilmuan Michael Faraday menemukan induksi elektromagnet. Wah baru tahu kan? Nah yuk ketahui lebih dalam tentang penemuan Induksi Elektromagnetik!

Sejarah Induksi Elektromagnetik

Pada tanggal 29 Agustus 1831, Ilmuan Michael Faraday (asal Inggris) menemukan induksi elektromagnetik. Dimana induksi elektromagnetik ini merupakan interaksi listrik dan magnet yang memungkinkan penciptaan motor induksi listrik dan generator.

Penerapan ilmu pengetahuan ini, membawa kemajuan manusia dalam bidang teknologi, khususnya bidang listrik. Ketika peralatan modern menjadi mungkin dengan memanfaatkan pengetahuan dasar ini.

Menggali Lebih Dalam

Pada tahun 1831, dalam hubungannya (Michael Faraday) dengan ilmuan lain, terutama Clerk Maxwell (asal Skotlandia), pekerjaan Faraday juga mengarah pada pengembangan segala macam, antara lain mesin las, oven induksi listrik, transfer energi nirkabel, dan lain-lain.

Induksi magnetik linier memungkinkan roller coaster dan penghantar rel kereta menjadi dipercepat, serta perangkat levitasi magnetik dan pompa tertentu. Bahkan penggerak pesawat ruang angkasa dapat mengandalkan konsep seperti ini.

Bisa Anda bayangkan jika dunia tanpa generator dan motor listrik?

Tampaknya kita semua berutang budi kepada Faraday dan ilmuan di zaman dahulu, bahkan dapat berterimakasih langsung jika mereka masih hidup.

Perlu diketahui bahwa Michael Faraday bukan hanya perintis atau penemu elektromagnetik saja. Tetapi Faraday juga ahli di bidang kimia ulung dan sebagai penemu senyawa kimia (Benzena, C6H6). Bahkan Faraday juga menemukan alat pembakar (laboratorium) yang mirip dengan Pembakar Bunsen.

Baca Juga: Peristiwa Mati Listrik di Jawa-Bali

Tentang Induksi Elektromagnetik

Nah sedikit saya jelaskan tentang pengertian Induksi Elektromagnetik. Secara sederhana, induksi elektromagnetik adalah sebuah magnet yang melewati kumparan kawat dan menghasilkan aliran listrik, kemudian arus listrik yang yang melewati kumparan tersebut menghasilkan medan magnet. Proses tersebut yang memungkinkan semua perangkat menjadi mungkin. Sedangkan pengertian Gaya Gerak Listrik (GGL) adalah timbulnya gaya gerak listrik di dalam kumparan ketika kumparan tersebut berada di dalam medan magnetik, yang kuat medannya berubah-ubah terhadap waktu. Nah untuk pengertian lengkapnya, Anda bisa baca Elektromagnetisme atau Induksi Elektromagnetik

Tanpa karya Michael Faraday, Clerk Maxwell, dan ilmuan lainnya, penemuan-penemuan dalam bidang ilmu pengetahuan (Sains) Edison, Bell dan Tesla tidak akan terjadi. Mungkin sudah selayaknya sejarah dunia dapat merayakan penemuan Faraday dan ilmuan lainnya ini. Mereka sangat berjasa dan memungkinkan kemajuan zaman beriringan dengan kemajuan teknologi.

Terutama bagi para siswa, mahasiswa, dosen dan tokoh di bidang sains, jangan pernah melupakan sejarah dan penemu bidang ilmu pengetahuan. Setidaknya kita semua bisa mengajarkan tentang sejarah hari ini, terutama ilmu pengetahuan ini kepada anak-anak dan orang lain.

Semoga semakin banyak penelitian yang di lakukan khususnya para mahasiswa dalam bidang sains dan teknologi.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.