Sejarah Hari Konstitusi Indonesia, 18 Agustus 2008

  • 1 min read
  • Agu 10, 2020

Sejarah Konstitusi Indonesia – Tahukah Anda bahwa tanggal 18 Agustus adalah hari sejarah bagi Indonesia? Hari Spesial pada 18 Agustus adalah Hari Konstitusi Indonesia. Nah bagaimana sejarahnya dan kenapa 18 Agustus 2008 di peringati sebagai Hari Konstitusi Indonesia?

Sejarah Hari Konstitusi

Sejarah Hari Konstitusi, mulai di gagas oleh MPR periode 2004-2009. Hal itu merujuk pada pengesahan UUD 1945 sebagai UUD negara oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945.

Hari konstitusi Indonesia di peringati pertama kali pada 18 Agustus 2008. Saat itu Deklarasi Hari Konstitusi Indonesia di tandatangi di ruang GBHN Gedung MPR. Berikut beberapa lembaga yang menandatangi Deklarasi tersebut.

  • Lembaga Kajian Konstitusi
  • Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
  • Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
  • Berbagai komponen masyarat Indonesia

Pada tanggal 17 Agustus 1966, tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia, Soekarno berpidato tentang “Jas Merah” bahwa kita sebagai bangsa Indonesia tidak boleh melupakan sejarah.

Makna Konstitusi bagi Bangsa

Konstitusi adalah norma sistem politik dan hukum dalam pemerintahan, dan biasanya berbentuk dokumen tertulis. Dalam suatu negara, konstitusi berisi aturan dan prinsip-prinsip entitas politik hukum.

Nah, konstitusi ini dibentuk dengan tujuan membatasi kekuasaan pengusaha supaya tidak bertindak sewenang-wenang. Dengan adanya konstitusi tertulis, para pengusaha harus tunduk kepada aturan dan prinsip-prinsip konstitusi yang berlaku.

Saat ini konstitusi UUD 1945 sudah cukup ideal sebagai pondasi bangsa untuk menyongsong abad modern. Dengan menjalankan konstitusi secara benar, kekuasaan tanpa batas akan terhindar dengan adanya konstitusi.

Baca Juga :  Peristiwa Mati Listrik Jawa Bali, 18 Agustus 2005

Peringatan Hari Konstitusi adalah program dan agenda penting bagi MPR RI sebagai lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Peringatan bersejarah ini juga sebagai pengingat seluruh bangsa agar kembali ke konstitusi sebagai rujuan dan panduan.

Nah di hari peringatan konstitusi ini, selain itu biasanya MPR mengadakan seminar. Seminar ini diikuti oleh berbagai perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia. Untuk seminar di hari konstitusi tahu 2019 bertema “Evaluasi Pelaksanaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”.

Selamat Hari Konstitusi Indonesia, 18 Agustus 2008!