Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Hari Kemerdekaan Qatar, 3 September 1971

1 min read

Qatar National Day -Hari Bersejarah dan spesial pada tanggal 3 September adalah Hari Kemerdekaan negara Qatar. Tepat tanggal 1 September 1971 Qatar mendeklarasikan kemerdekaan dari Inggris, namun secara resmi diakui hanya pada tanggal 3 September 1971. Bagi Qatar, hari ini merupakan peristiwa yang sangat penting dalam sejarah Qatar dan rakyatnya tidak lupa merayakan hari kemerdekaan ini. Yuk simak tentang sejarah Qatar!

Tentang Kemerdekaan Qatar

Negara Qatar mulai berkembang menjadi pemukiman di abad ke-18. Setelah beberapa persetujuan dari berbagai daerah setempat, termasuk perjanjian dengan Inggris. Kemudian tahun 1871, Kekaisaran Ottoman tiba di Qatar atas permintaan Emir.

Hosting Unlimited Indonesia

Tepat 18 Desember 1878, Sheikh Jassim bin Mohammed Al Thani, menggantikan ayahnya (Sheikh Mohammed bin Thani) sebagai penguasa Qatar. Sebagai Emir pertama dalam garis keturunan yang berlanjut hingga saat ini.

Selama perang dunia I, Kekaisaran Ottoman hancur berantakan dan kalah dalam serangkaian pertempuran. Kemudian Qatar mengambil bagian dalam pemberontakan Arab melawan Kekaisaran Ottoman, memaksa Ottoman keluar dari kota Doha pada tahun 1915.

Tahun 1961, Qatar akhirnya menjadi protektorat Inggris. Qatar memperoleh kemerdekaan dari Inggris, dan menjadi negara berdaulat (independen) pada 3 September 1973. Sebelumnya, 3 September merupakan peringatan hari Nasional Qatar.

Baca juga: Sejarah Kemenangan Turki dan Hari Kemerdekaan Malaysia

Minyak Sumber Ekonomi Qatar

Negara Qatar kaya akan sumber daya alam berupa minyak. Minyak sebagai pendapatan utama di Qatar dan ini memperkuat negara dan ekonominya.

Awalnya ekonomi Qatar difokuskan pada perikanan dan mutiara. Hanya saja industri mutiara jatuh setelah munculnya budidaya mutiara oleh bangsa Jepang.

Sehingga sekarang pemasukan utama Qatar adalah dari ekspor minyak dan gas bumi dengan simpanan minyak negara Qatar mencapai 15 miliar barel.

Dengan tidak adanya pajak penghasilan, Qatar adalah salah satu negara dengan tingkat pajak terendah di dunia. Bahkan tahun 2013, tingkat pengangguran hanya 0,1%.

Dalam beberapa tahun kedepan, Qatar diperkiran akan tetap fokus pada minyak dan gas bumi. Hanya saja negara ini mulai mengembangkan sektor swasta.

Tahun 2004, Qatar Science & Technology Park mulai dibuka dengan melayani berbagai usaha berbasis teknologi.

Qatar tidak menerapkan Pajak

Negara Qatar hampir tidak menerapkan pajak. Namun, otoritas negara berencana untuk menerapkannya pada makanan siap saji dan barang mewah. Nah pajak ini akan diimplementasikan pada barang yang membahayakan tubuh (seperti: makanan siap saji, rokok, dan minuman ringan). Untuk rencana kebijakan ini diakibatkan jatuhnya harga minyak dan menyebabkan negara defisit di tahun 2016.

Selamat Hari kemerdekaan Qatar, 3 September 1971!

Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *