Hari Kemerdekaan Moldova, 27 Agustus 1991

  • 2 min read
  • Agu 13, 2020

Moldova adalah negara termiskin di Eropa -Tahukah Anda bahwa hari ini ada negara yang merayakan hari kemerdekaan? Negara manakah itu? Pada hari spesial ini, tanggal 27 Agustus adalah hari kemerdekaan negara Moldova. Negara termiskin di Eropa ini merdeka dari Uni Soviet pada tanggal 27 Agustus 1991. Negara ini menjadi anggota PBB pada tahun 1992. Nah yuk simak sejarah hari kemerdekaan negara Moldova!

Sejarah negara Moldova

Moldova adalah negara termiskin di benua Eropa. Negara ini terletak di sudut timur laut wilayah Balkan di Eropa. Ibukota Moldova adalah Chișinău.

Sebelumnya negara ini dikenal sebagai Bessarabia. Sejak tahun 1812 wilayah ini bagian dari kerajaan Rumania di Moldavia. Ketika itu negara ini diserahkan ke Rusia oleh raja kerajaan Rumania, sultan Kekaisaran Ottoman.

Bessarabia tetap menjadi provinsi Kekaisaran Rusia sampai Perang Dunia I berakhir. Kemudian Bessarabia kembali lagi menjadi bagian dari Rusia pada tahun 1940-1941.

Tepat setelah Perang Dunia II, Bessarabia bergabung dengan Republik Sosialis Soviet dan membentuk Republik Sosialis Soviet. Tepat bulan Agustus 1991, Uni Soviet runtuh dan Republik ini mengambil nama Moldova dan mendeklarasikan kemerdekaannya pada 27 Agustus 1991.

Baca juga: 23 Negara di Dunia merayakan hari kemerdekaan di Bulan Agustus

Tantangan Setelah Hari kemerdekaan

Sejak hari kemerdekaannya pada tahun 1991, negara Moldova memiliki 3 tantangan yang berasal dari situasi berbeda.

Pertama, negara ini telah berusaha untuk mendirikan negara yang layak, hanya saja tidak ada tradisi pemerintahan sendiri dan kedaulatan sebelumnya. Sehingga menjadi problem bagi sebuah negara yang baru mendeklarasikan kemerdekaannya.

Baca Juga :  Family Days : Inilah Sejarah Hari Keluarga Internasional

Kedua, tanpa memiliki tradisi politik lokal, sulit bagi Moldova untuk menyepakati konstitusi dan mendapatkan para pemimpin politik yang tidak terikat dengan asosiasi Uni Soviet yang sangat sentralistis dan otoriter.

Ketiga, Transisi dari segi ekonomi yang terkendali ke ekonomi pasar bebas sangat sulit bagi Moldova. Ekonomi bidang pertanian/ agrikultur yang sebagian besar didapatkan dari pertanian negara telah dikembangkan dibawah pemerintahan Uni Soviet. Sejak hari kemerdekaan, Moldova mengalami dislokasi yang besar saat urusan pertanian negara diserahkan ke masing-masing individu/ rakyat.

Berbagai masalah timbul, hilangnya produktivitas dan tuduhan korupsi pun terjadi. Akhirnya transisi ekonomi semakin terhambat oleh fakta bahwa banyak industri Moldova yang terletak di wilayah separatis Transnistria yang telah memproklamasikan kemerdekaan dari Moldova tahun 1990, yang mengakibatkan perang saudara singkat.

Wilayah Transnistria ini dianggap PBB sebagai bagian dari Moldova.

Tahun 1992, gencatan senjata terjadi dan membuat hubungan antara Moldova dan Transnistria semakin tegang. Bahkan waktu itu pasukan Rusia masih ada di zona keamanan.

Wilayah Transnistria juga merupakan sumber listrik yang digunakan oleh rakyat Moldova. Sehingga jalan Moldova menuju kebangsaan tetap bergelombang sejak upaya pertama membangun bangsa hingga pengejaran perdamaian dan kemakmuran negara di abad ke-21.

Ekonomi Negara

Sampai saat ini Moldova masih menjadi negara termiskin di Eropa. Dengan PDB per kapita sebesar $2.842 (sumber: wikipedia). Bahkan moldova tidak memiliki sumber daya mineral yang besar, karena negara ini tidak memiliki akses ke pantai ataupun ke laut. Sehingga perekonomian negara hanya bergantung pada bidang pertanian atau agrikultur. Kelebihannya Moldova memiliki tanah yang subur dan iklim sedang, membuat negara ini menjadi pemasok utama produk pertanian di Eropa Tenggara. Apalagi Moldova terkenal akan winenya dengan lahan anggur seluas 147.000 Hektar.

Baca Juga :  5+ Alasan Perayaan Wisuda SMA menjadi Hari Spesial dan Istimewa

Demikian Sejarah Hari Kemerdekaan Moldova!

Selamat Hari kemerdekaan Moldova, 27 Agustus 1991!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *