Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Hari Kemerdekaan Malaysia, 31 Agustus 1957

2 min read

Independence Day of Malaysia – Tahukah Anda bahwa 31 Agustus adalah hari spesial dan bersejarah? Sejarah hari ini, 31 Agustus adalah hari kemerdekaan 3 negara di dunia, salah satunya adalah Malaysia. Malaysia merdeka dari United Kingdom pada tanggal 31 Agustus 1957. Yuk Simak sejarah dan keseruannya bagaimana perayaan hari kemerdekaan Malaysia!

Sejarah Kemerdekaan Malaysia

Negara Malaysia (Federasi Malaya) memperoleh kemerdekaan dari pemerintah Inggris pada tanggal 31 Agustus 1957. Deklarasi kemerdekaan resmi dibacakan pada pukul 9.30 pagi di Stadion Merdeka, Kuala Lumpur sebelum pejabat-pejabat tinggi datang (termasuk Raja dan Ratu Thailand).

Lebih dari 20.000 orang berkumpul dan menyaksikan perayaan kedaulatan negara baru mereka (negara Malaysia).

Nah malam sebelum deklarasi resmi (30 Agustus 1957), banyak orang berkumpul di Lapangan Merdeka (sebuah ladang besar di Kuala Lumpur) untuk menyaksikan hari lahirnya negara merdeka.

Pada malam itu, lampu-lampu dimatikan sejak pukul 11.58 malam, 2 menit kegelapan. Bendera United Kingdom diturunkan, dan bendera baru Malaysia dikibarkan sebagai gantinya.

Kemudian tengah malam, lampu dinyalakan kembali untuk perama kalinya di negara baru dan merdeka.

Perayaan Hari Kemerdekaan Malaysia

Hari kemerdekaan Malaysia dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 31 Agustus. Hari spesial ini adalah waktu yang penuh warna dan meriah untuk berada di Kuala Lumpur atau bepergian ke mana saja di Malaysia!

Federasi Malaya (nama sebelum Malaysia) memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1957. Warga Malaysia merayakan acara istimewa ini sebagai hari libur nasional dengan parade, kembang api, kegembiraan, dan seruan mengibarkan bendera negara Malaysia.

Bahkan wisatawan dapat menikmati berbagai kerumunan orang yang sedang mengenakan pakaian tradisional untuk mewakili latar belakang etnis mereka.

Promosi Persatuan Etnis

Kota-kota bahkan daerah yang lebih kecil di seluruh Malaysia memiliki perayaan lokal mereka sendiri dan sangat beragam. Berbeda dengan Kuala Lumpur yang tidak diragukan lagi tempatnya, akan banyak kerumunan orang untuk menonton perayaan kemerdekaan yang dihiasi dengan kembang api yang menambah indahnya kota.

Setiap hari kemerdekaan di Malaysia, sangat ramai dengan hiasan logo, tema, slogan sebagai bentuk promosi persatuan etnis di negara Malaysia. Kita tahu bahwa Malaysia memiliki campuran eklektik warga negara Melayu, India, dan Cina dengan budaya, ideologi, dan agama yang berbeda pula.

Parade Kemerdekaan

Hari Kemerdekaan Malaysia, 31 Agustus dirayakan dengan antusias dan parade besar-besaran atau dikenal sebagai Parade Merdeka.

Nah Parade Merdeka ini, berbagai aktivitas dilakukan, diantaranya sebagai berikut:

  • Acara kerajaan
  • Pertunjukan budaya
  • Demontrasi militer
  • Kendaraan yang di hias
  • Acara olahraga
  • dan hiburan lainnya

Bahkan Parade Merdeka memiliki salah satu acara tur ke berbagai bagian Malaysia dan kembali lagi secara teratur ke Lapangan Merdeka.

Pada tahun 2011 hingga 2017, perayaan ini diadakan di Lapangan Merdeka (Dataran Merdeka), yang tidak jauh dari Taman Danau Perdana dan Chinatown di Kuala Lumpur.

Sejak tahun 2018, parade dipindahkan ke Putra Square, sebuah lapangan di Putrajaya (di selatan kota). Untuk menuju kesana, Anda bisa bertanya kepada warga setempat. Anda bisa menggunakan kereta untuk menuju kesana, tetapi akan ramai dengan orang lain yang juga ingin ke tempat perayaan.

Perbedaan Antara Hari Merdeka dan Hari Malaysia

Wah apa bedanya tuh!

Orang Malaysia saja ada yang bingung, apalagi orang yang bukan warga Malaysia ya!

Kedua hari besar tersebut sering membuat bingung orang luar Malaysia. Mungkin keduanya adalah hari libur nasional patriotik, namun ternyata ada perbedaan besar di antara 2 hari perayaan tersebut.

Nah kadang-kadang Hari Merdeka disebut juga Hari kebangsaan, bukan hanya hari kemerdekaan. Acara Parade Merdeka yang biasanya digelar pada Hari Merdeka, sejak tahun 2011 untuk pertama kalinya di gelar pada Hari Malaysia.

Bingung masih? hehe

Jadi Federasi Malaya (nama sebelum Malaysia) memperoleh kemerdekaan tahun 1975, namun nama Malaysia tidak diadopsi sampai tahun 1963. Hari Malaysia dibentuk tanggal 16 September untuk merayakan pembentukan federasi Malaysia pada tanggal yang sama tahun 1963. Kemudian sejak 2010, Hari Malaysia dirayakan sebagai hari libur nasional. Federasi tersebut terdiri dari Kalimantan Utara (Sabah) dan Sarawak, bersama dengan Singapura.

Pada tanggal 9 Agustus 1965, Singapura diusir dari federasi dan menjadi negara merdeka.

Traveling ke Malaysia di Hari Kemerdekaan

Parade dan kembang api memang sangat menyenangkan, namun kita tahu hal itu akan pasti menyebabkan kemacetan di berbagai lokasi.

Nah untuk liburan di Malaysia, apalagi di Hari Kemerdekaan. Anda bisa liburan di Malaysia dengan tiba beberapa hari sebelum Hari Merdeka.

Mengapa demikian?

Supaya harga penerbangan, akomodasi, dan transportasi lebih murah dan lebih mudah sekaligus terhindar dari kemacetan menjelang Hari Kemerdekaan Malaysia.

Nah ketika sudah tiba di Malaysia, jangan mencoba untuk melakukan perjalanan keliling kota selama Hari Merdeka, lebih baik tinggal di suatu tempat dan menikmati perayaan Hari Merdeka negara Malaysia!

Mengucapkan “Hari Merdeka” dalam Bahasa Malayu

Bagaimana cara mengatakan “Selamat Hari Kemerdekaan” dalam Bahasa Malayu?

Caranya mudah untuk mengucapkan “Selamat Hari Kemerdekaan” kepada penduduk setempat adalah dengan: Selamat Hari Merdeka (terdengar seperti: seh-lah-mat har-ee mer-day-kuh).

Walaupun mayoritas penduduk Malaysia berbicara bahasa Inggris, mengetahui cara mengucapkan halo dalam bahasa Melayu itu sangat menyenangkan dan membantu Anda bertemu teman baru selama liburan.

Selamat Hari Merdeka Malaysia, 31 Agustus 1957!

Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *