Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Hari Kemerdekaan Kirgizstan, 31 Agustus 1991

1 min read

Celebrating Kyrgyzstan Independence Day – Tahukah Anda bahwa 31 Agustus adalah hari bersejarah dan spesial? Pada tanggal 31 Agustus adalah Hari Kemerdekaan bagi 3 negara di dunia, salah satunya yaitu Kirgizstan. Negara Kirgiztan merdeka dari Uni Soviet pada tanggal 31 Agustus 1991. Saat ini Kirgiztan masih menjadi negara termiskin ke-2 di Asia Tengah. Wah yuk simak sejarah hari ini, Hari Kemerdekaan Kirgizstan!

Sejarah Kirgizstan

Negara Kirgizstan merupakan wilayah yang terkurung daratan di Asia Tengah, tepatnya di persimpangan rute perdatangan antara Eropa dan Cina. Wilayah itu dihuni oleh suku-suku Kirgizstan, Muslim Turki, dari Siberia selatan pada abad ke-17.

Hosting Unlimited Indonesia

Asal mula nama Kirgizstan

Nama Kirgizstan berarti “empat puluh” dalam bahasa Turki. Hal itu dikarenakan jumlah suku yang berkumpul dan menetap di daerah tersebut. Jumlah ini diwakili oleh bendera Kirgizstan dalam 40 sinar dari matahari di tengah-tengah bendera.

Sejarah Kemerdekaan Kirgizsta

Setelah pertengahan abad ke-19, bagian timur Kirgizstan modern diserahkan ke Kekaisaran Rusia oleh Cina di bawah perjanjian Tarbagatai. Sejak itu, wilayah ini secara resmi menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia sejak tahun 1876.

Setelah revolusi Rusia, negara ini menjadi bagian dari Uni Soviet, melalui berbagai status nasional hingga 5 Desember 1936. Waktu itu Republik Sosialis Soviet Kirghiz menjadi Republik di Uni Soviet.

Tidak berlangsung lama, Uni Soviet Runtuh. Kemudian tanggal 31 Agustus 1991, Terjadi Deklarasi “Kemerdekaan Negara Republik Kirgizstan” yang difasilitasi oleh Uni Soviet.

Sejak itu Republik Kirgizstan dinyatakan sebagai negara berdaulat, dengan status kenegaraan yang independen untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Tradisi, Kebiasaan dan Kegiatan di Hari Kemerdekaan

Cita-cita perjuangan untuk memperkuat pemerintahan agar lebih stabil dan kuat tidak pernah patah oleh semangat rakyat Kirgizstan. Termasuk semangat dan persatuan dalam merayakan Hari Kemerdekaan negara mereka.

Perayaan khas termasuk parade Hari Kemerdekaan, dimeriahkan oleh orang-orang yang hadir dengan pakaian tradisional. Tengah malam mendekati detik-detik hari kemerdekaan, banyak kembang api sebagai penghias untuk menyambut hari bersejarah ini. Kembang api menerangi langit dan bahkan seperti ledakan supernova di negara yang sedang perayaan hari spesial ini.

Selamat Hari Kemerdekaan Kirgizstan, 31 Agustus 1991!

Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *