Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945

  • 3 min read
  • Nov 05, 2020

Hari Merdeka (HUT RI) -Kenapa 17 Agustus menjadi hari spesial bagi bangsa Indonesia? Hari ini, 17 Agustus 2019 adalah Peringatan Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia. Hari Indonesia merdeka tepat pada 17 Agustus 1945 setelah terjadinya peristiwa Rengasdengklok 16 Agustus 1945. Hari Kemerdekaan dijadikan hari libur nasional di seluruh negara. Setiap tanggal 17 Agustus dirayakan oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai hari lahir bangsa Indonesia. Oya, lagu 17 agustus diciptakan oleh Bapak H. Muthahar. Nah yuk ketahui bagaimana sejarah Indonesia Merdeka!

Sejarah Indonesia Merdeka

Tahun 1945 adalah akhir dari penjajahan Belanda. Para pemimpin Jepang memutuskan mendukung gerakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Hal itu disebabkan karena Jepang ingin menghilangkan pengaruh Belanda di tanah Indonesia.

Jika Anda tahu, Soekarno dan Hatta pernah bekerjasama dengan tentara Jepang demi mengusir penjajah Belanda. Tepat tahun 1945, Jepang berhasil ditaklukkan oleh Amerika Serikat. Hal itu dimanfaatkan oleh Soekarno dan Hatta untuk mengumumkan kemerdekaan.

Tepat 17 Agustus 1945, Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Hal itu terjadi setelah peristiwa Rengasdengklok, akhirnya Soekarno membacakan teks proklamasi yang bertempat di rumah Soekarno, Jalan Pengangsaan Timur 56.

Kemudian sejak hari proklamasi kemerdekaan, Soekarno dan hatta mengumpulkan senjata-sejata milik Jepang. Senjata tersebut mereka gunakan untuk melakukan perlawanan terhadap Pemerintah Belanda di tanah Indonesia.

Perlawanan tersebut membuahkan hasil, Pemerintah Belanda akhirnya terusir dari jakarta. Namun upaya perlawanan tersebut berdampak peperangan yang berkelanjutan sampai tahun 1949.

Baca Juga :  Hari Kemerdekaan Qatar, 3 September 1971

Melihat peristiwa itu, akhirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) turun tangan. PBB tidak mau terjadi pertumpahan darah, sehingga PBB melakukan upaya diplomatik terhadap Pemerintah Belanda. Tepat 10 minggu sejak PBB melakukan diplomatik terhadap Belanda. Akhirnya Indonesia memperoleh kemerdekaan dari Belanda. Sejak saat itu, Belanda dipaksa untuk pergi dari wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara.

Tepat bulan Agustus 1949, negara Republik Indonesia Resmi Berdiri.

Kegiatan Hari Kemerdekaan Indonesia

Nah bagaimana agar hari kemerdekaan ini lebih berarti? Berikut 3 kegiatan yang dapat Anda ikuti di Hari Kemerdekaan Indonesia.

1 Upacara Kemerdekaan

Upacara pengibaran bendera Merah Putih adalah refleksi dari detik-detik sebelum Proklamasi Kemerdekaan berlangsung.

Upacara 17 Agustus dilakukan dengan penuh khidmat. Hal itu untuk mengingat dan merasakan perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia.

Sebagai hari yang spesial, upacara 17 agustus di lakukan rutin oleh seluruh Instansi. Baik itu dari pemerintahan, sekolah-sekolah, lembaga sosial dan instansi lainnya.

2 Mengikuti Perlombaan 17 Agustus

Tidak hanya kegiatan upacara bendera, berbagai perlombaan tradisional juga ramai diadakan. Mengikuti lomba 17 agustus adalah sebagai rasa syukur kita sebagai bangsa Indonesia. Rasa syukur kepada Sang Pencipta dan terimakasih kepada pahlawan yang mewujudkan negara yang merdeka.

Sehingga di hari 17 agustus ini, banyak kegiatan positif yang dapat di lakukan. Salah satunya mengikuti lomba 17 agustus. Selain sebagai rasa syukur atas Kemerdekaan Indonesia, kita juga mengingat kembali berbagai permainan tradisional yang ada di Indonesia.

Berikut beberapa kegiatan tradisional 17 Agustus:

  1. Panjat Pinang
  2. Makan Kerupuk
  3. Balap Karung
  4. Masukin benang ke dalam jarum
  5. Gigit sendok
  6. Masukin paku ke dalam botol
  7. Balap Egrang (bambu tinggi)
  8. Dan sebagainya
Baca Juga :  Hari Kemerdekaan Moldova, 27 Agustus 1991

3 Menggalang Baksos dan kegiatan Sosial lainnya

Hari kemerdekaan Indonesia, hanya bermakna umum bagi Indonesia. Nyatanya masih banyak mereka yang mengalami kesulitan bahkan untuk makan sehari-hari. Di hari kemerdekaan ini, mari berbagi kebahagiaan bersama mereka yang kekurangan. Buatlah mereka merasakan hari kemerdekaan yang benar-benar merdeka. Tanpa bantuan Anda, mereka tidak merasakan hari merdeka.

Berikut beberapa yang dapat Anda lakukan di hari kemerdekaan.

  1. Menggalang Donasi untuk pengabdian sosial
  2. Mengumpulkan baju-baju bekas yang layak pakai
  3. Buku-Buku bekas untuk disalurkan ke panti asuhan atau taman belajar
  4. dan sebagainya

Berikut Ungkapan Hari Kemerdekaan

Dirgahayu memiliki arti berumur panjang. Berikut kumpulan ucapan dirgayahu yang benar.

1 Ungkapan yang Benar

  1. Dirgahayu Republik Indonesia
  2. Dirgahayu RI
  3. Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia
  4. Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia
  5. Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia
  6. Peringatan Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia
  7. Selamat Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia
  8. HUT Ke-74 RI

2. Ungkapan yang Salah

  1. Dirgahayu HUT RI
  2. Dirgahayu RI Ke-74
  3. Dirgahayu Kemerdekaan Kita Ke-74
  4. Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-74
  5. Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-74
  6. Peringatan Ulang Tahun RI Ke-74
  7. Selamat Hari Ulang Tahun RI Ke-74
  8. H.U.T.R.I Ke-74

Sumber: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia

Kumpulan Ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia

Dikutip dari beberapa sumber, berikut kumpulan ucapan hari spesial kemerdekaan Indonesia.

    1. Hari Spesial 17 Agustus itu Mengenang jasa Pahlawan dan Memperkuat persatuan bangsa
    2. Makna kemerdekaan tidak sekadar perayaan dengan Balap Karung, Tapi melebihi dari semua itu
    3. Kebebasan tidak pernah terbayar dengan harga berapa pun. Itu adalah nafas kehidupan. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia!
    4. Sebagaimana kita rayakan hari ini, ingatlah bahwa tidak ada bangsa yang sempurna. Ia perlu dibuat sempurna, Selamat Hari Kemerdekaan! Bangga jadi orang Indonesia.
    5. Kemerdekaan ini bukanlah hadiah dari Belanda. Kemerdekaan ini tidaklah di dapatkan dengan cuma-cuma. Kemerdekaan ini adalah tetesan darah para pejuang bangsa.
    6. 74 tahun sudah negara Indonesia merdeka. Setidaknya kau sadar bahwa negara ini maju karena bangsa yang unggul.
    7. Seribu orang tua hanya dapat bermimpi.Satu orang pemuda dapat mengubah dunia.Dirgahayu Republik Indonesia!
Baca Juga :  Hari Kemerdekaan Brasil, 7 September 1822