23 Negara ini Merayakan Hari Kemerdekaan di Bulan Agustus, Yuk Ketahui!

  • 4 min read
  • Nov 07, 2020

Sejarah Kemerdekaan Indonesia -Tahukah Anda bahwa bulan agustus banyak hari-hari bersejarah bagi beberapa negara di dunia? Pada bulan agustus, selain hari kemerdekaan Indonesia, 22 negara lainnya juga merayakan hari kemerdekaannya di Bulan Agustus ini. Negara apa sajakah itu, Yuk Ketahui 23 negara yang merayakan hari kemerdekaan di bulan Agustus!

1 Switzerland

Switzerland atau Swiss merdeka pada tanggal 1 Agustus 1291. Bern adalah ibu kota Switzerland dan Zurich adalah kota terbesar yang ada di negara ini.

2 Benin

Benin merdeka pada tanggal 1 Agustus 1960. Negara ini merdeka dari jajahan Prancis. Negara ini memiliki nama lain yaitu Dahomey, sebuah negara di Afrika Barat. Republik Benin memiliki ibu kota yaitu Porto-Novo dan Cotonou adalah kota terbesar di negara ini.

3 Nigeria

Republik Federal Nigeria merdeka pada tanggal 3 Agustus 1960. Negara ini merdeka dari Prancis, 2 hari setelah negara Benin merdeka. Negara ini terletak di Afrika Barat. Abuja adalah ibu kota Nigeria dan Lagos adalah kota terbesar negara ini.

4 Burkina Faso

Burkina Faso merdeka pada tanggal 5 Agustus 1960. Negara ini merdeka dari Prancis, 3 hari setelah Negara Nigeria merdeka. Negara ini dulunya bernama Volta Hulu. Pada tanggal 4 Agustus 1984, Presiden Thomas Sankara mengganti menjadi ‘Burkina Faso’ (Negara Orang Jujur). Burkina Faso memiliki ibu kota yaitu Ouagadougou (Wagadugu). Ibu kota ini disebut “Waga” oleh penduduk setempat.

5 Bolivia

Negara Bolivia diakui dan merdeka pada tanggal 6 Agustus 1825. Negara ini merdeka dari Spayol. Bolivia terletak di Amerika Selatan dan termasuk wilayah tertinggi dan terpencil. Nah negara Bolivia adalah salah satu negara penghasil koka dan timah terbesar di dunia.

6 Pantai Gading

Hari kemerdekaan Pantai Gading adalah 7 Agustus 1960. Negara ini merdeka dari Prancis, 2 hari setelah negara Burkina Faso merdeka.

Baca Juga :  5+ Alasan Perayaan Wisuda SMA menjadi Hari Spesial dan Istimewa

Pantai Gading terletak di Afrika Barat dan menjadi salah satu negara termakmur di wilayah tropis. Hanya saja perkembangan ekonomi di negara ini terkikis oleh kekacauan politik akibat adanya korupsi dan penolakan reformasi.

7 Singapura

Hari kemerdekaan Singapura adalah 9 Agustus 1965. Nah ternyata Singapura adalah negara yang menjadi pusat keuangan terdepan ke-3 di dunia. Negara ini menjadi kota dunia kosmopolitan yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan keuangan international. Selain itu, pelabuhan Singapura adalah salah satu dari 5 pelabuhan tersibuk di dunia.

8 Chad

Hari kemerdekaan Chad adalah 11 Agustus 1960. Negara ini merdeka dari Prancis, 4 hari setelah negara Pantai Gading merdeka. Negara Chad berada di Afrika Tengah dan terkurung di daratan dan menjadi negara terbesar yang dijajah oleh Prancis.

Chad termasuk negara miskin, lebih dari 75% penduduknya hidup dibawah garis kemiskinan. Pada tahun 2000-an, negara ini relatif membaik dengan pendapatan per kapita melebihi US $1.000.

9 Republik Afrika Tengah

Hari kemerdekaan Republik Afrika Tengah adalah 13 Agustus 1960. Negara ini merdeka dari Prancis, 2 hari setelah negara Chad merdeka.

Baca juga: Perayaan Kemerdekaan Republik Afrika Tengah

10 Pakistan

Hari kemerdekaan Pakistan adalah 14 Agustus 1947. Negara ini merdeka dari Kerajaan Bersatu, Britania Raya.

Nah negara Pakistan ini memiliki penduduk yang mayoritas Islam, dengan persentase 97% dari jumlah penduduk yang ada. Sehingga menjadikan negara Pakistan menjadi negara dengan penduduk Muslim terbesar ke-3 di dunia, setelah Indonesia dan India.

11 Republik Kongo

Hari kemerdekaan Republik Kongo adalah 15 Agustus 1960. Negara ini merdeka dari Prancis, 2 hari setelah negara Republik Afrika Tengah merdeka.

12 Korea Selatan

Hari kemerdekaan Korea Selatan adalah 15 Agustus 1945. Negara ini merdeka dari Jepang, 2 hari sebelum Indonesia merdeka.

Korea Selatan memiliki ekonomi pasar dan menempati urutan ke-15 berdasarkan PDB (Produk Domestik Bruto). Nah sebagai salah satu dari 4 Macan Asia Timur, negara ini telah mencapai rekor ekspor impor yang sangat memukai. Nilai ekspornya menjadi ke-8 terbesar di dunia, sedangkan nilai impornya terbesar ke-11.

Baca Juga :  Power Rangers, 28 Agustus 1993

13 Siprus

Nah Siprus merdeka pada tanggal 16 Agustus 1960. Nah negara ini dijajah oleh Inggris, Britania Raya. Turki adala satu-satunya negara yang tidak mengaku kemerdekaan Siprus. Sedangkan negara yang hanya diakui oleh Turki adalah Republik Turki Siprus Utara.

Baca juga: Hari Kemerdekaan Siprus

14 Indonesia

Kita tahu semua bahwa tanggal 17 Agustus adalah hari spesial dan bersejarah bagi rakyat Indonesia. Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Baca juga: Dirgahayu Republik Indonesia

15 Gabon

Gabon diakui dan merdeka pada tanggal 17 Agustus 1960. Negara ini merdeka dari Prancis, 2 hari setelah negara Republik Kongo merdeka. Nah perayaan hari merdeka negara ini sama seperti Indonesia, 17 agustus.

16 Afganistan

Afganistan resmi menjadi Republik Islam Afganistan dan merdeka pada tanggal 19 Agustus 1919. Negara ini di kelilingi daratan dan terletak di Asia Selatan dan Asia Tengah.

Afganistan memiliki luas wilayah 652.000 m2, sehingga negara ini menjadikan negara terbesar ke-41 di dunia. Kabul adalah ibu kota negara Afganistan.

Nah Afganistan adalah satu-satunya negara di luar negara-negara Liga Arab yang mengakui de facto dan de jure kemerdekaan dan kedaulatan Republik Indonesia.

17 Estonia

Hari kemerdekaan Estonia adalah 20 Agustus 1991. Negara ini akhirnya merdeka setelah dijajah oleh Uni Soviet.

Nah Estonia merupakan anggota Uni Eropa. Menurut Bank Dunia, ekonomi Estonia pernah menempati peringkat tinggi dalam hal pendapatan. Dengan pertumbuhan yang cepat, ekonomi Estonia seringkali disebut sebagai Macan Baltik. Sejak 1 Januari 2011, negara ini mengadopsi euro dan menjadi negara anggota zona euro ke-17.

18 Uruguay

Hari kemerdekaan Uruguay adalah 25 Agustus 1825. Negara ini akhirnya merdeka setelah dijajah oleh Brazil.

Uruguay adalah salah satu negara paling ekonomis di Amerika Selatan. Negara ini memiliki PDB per kapita yang tinggi dan kualitas tertinggi ke-52 indeks kehidupan di dunia pada tahun 2010. Termasuk dalam kualitas pembangunan manusia di Amerika Latin.

Baca Juga :  Sejarah 3,5 Abad Indonesia sebelum Merdeka

Menurut Transparency International, negara Uruguay adalah negara ke-2 terendah korupsinya setelah negara Chile di Amerika Latin. Meskipun begitu, uruguay tetap jauh lebih baik dari Chile terkait jajak pendapat domestik persepsi korupsi.

19 Moldova

Hari kemerdekaan Moldova adalah 27 Agustus 1991. Negera ini merdeka dari Uni Soviet.

Moldova adalah negara termiskin di Eropa. Negara ini tidak memiliki akses ke pantai maupun ke laut, sehingga tidak memiliki sumber daya mineral yang besar. Ekonomi Moldova hanya bergantung pada sektor agrikultur. Dengan tanah subur dan iklim sedang, negara ini menjadi pemasok utama produk agrikultur di Eropa Tenggara.

Baca juga: Hari Kemerdekaan Moldova

20 Malaysia

Hari kemerdekaan Malaysia adalah 31 Agustus 1957. Negara ini merdeka dari United Kingdom. Menara Petronas adalah ciri pertumbuhan cepat ekonomi dan kemakmuran Malaysia dan merupakan kantor pusat raksasa minyak nasional.

Baca Juga: Hari Kemerdekaan Malaysia

21 Trinidad and Tobago

Hari kemerdekaan Trinidad and Tobago adalah 31 Agustus 1962. Negara ini merdeka dari United Kingdom. Trinidad dan Tobago adalah negara kepulauan yang terletak di bagian selatan laut Karibia.

Nah negara ini hanya memiliki dua pulau utama, yakni pulau Trinida dan pulau Tobago. Negara ini berukuran kecil dan beribu kota di Port of Spain.

22 Kirgizstan

Tanggal 31 Agustus 1991 adalah hari Kirgyistan merdeka. Negara ini merdeka dari USSR (Union of Soviet Socialist Republics atau lebih dikenal dengan Uni Soviet).

Negara Kirgiztan adalah negara termiskin ke-2 di Asia Tengah. Menurut CIA World Factbook, tepat tahun 2011, sepertiga dari penduduk negara ini hidup di bawah garis kemiskinan. Negara Kirgiztan memiliki Bank Nasional Republik Kirgiz sebagai bank sentral.

Itulah 23 negara yang merayakan hari kemerdekaannya di bulan Agustus. Kebanyakan negara di atas adalah negara yang merdeka dari negara Prancis, Britania Raya dan United Kingdom. Semoga di hari spesial masing-masing negara, semakin maju dan benar-benar merdeka, baik dari segi pendidikan, ekonomi dan sebagainya.