Sejarah Peringatan 9 Hari Besar Agama Konghucu

  • 4 min read
  • Apr 02, 2021

Specialdays.id – halo sobat spesial ngebahas masalah hari besar agama konghucu nih, udah pada tau belum? Apa sih agama konghucu? Agama Khonghucu adalah istilah yang muncul sebagai akibat dari keadaan politik di Indonesia. Agama Khonghucu lazim dikaburkan makna dan hakikatnya dengan Konfusianisme sebagai filsafat.

Baca Juga : Sejarah Peringatan Hari Besar Agama Islam

Ajaran Konfusianisme atau Kong Hu Cu (juga: Kong Fu Tze atau Konfusius) dalam bahasa Tionghoa, istilah aslinya adalah Rujiao yang berarti agama dari orang-orang yang lembut hati, terpelajar dan berbudi luhur. Khonghucu memang bukanlah pencipta agama ini melainkan dia hanya menyempurnakan agama yang sudah ada jauh sebelum kelahirannya seperti apa yang dia sabdakan: “Aku bukanlah pencipta melainkan Aku suka akan ajaran-ajaran kuno tersebut”.

Didalam penentuan hari besar agama konghucu, menggunakan kalender yang berbeda dengan kalender pada umumnya. Berikut ini adalah kalender agama konghucu disertai dengan tanggal jatuhnya hari besar agama konghucu.

Kalender penanggalan Hari Besar Agama Konghucu

Penanggalan Hari Keterangan
1 Cia Gwee Tahun Baru Imlek
9 Cia Gwee Keng Thi Kong Sembahyang besar kepada Tuhan YME
15 Cia Gwee Cap Go Meh
18 Ji Gwee Wafat Nabi Khonghucu
4/5 April Cheng Beng Berziarah ke makam leluhur
5 Go Gwee Peh Cun Diadakan lomba perahu naga
7 Chit Gwee Keterampilan
15 Chit Gwee Arwah Leluhur
15 Peh Gwee Sembahyang Tiong Chiu Hari raya kue bulan
27 Peh Gwee Lahir Nabi Khonghucu
15 Cap Gwee Sembahyang Besar bagi Malaikat Bumi
21/22 Desember Genta Rohani, Bok Tok
24 Cap Ji Gwee Malaikat Dapur (Coo Kun) Naik
29 Cap Ji Gwee Sembahyang kepada Leluhur
1/15 setiap bulan imlek Sembahyang kepada Kemuliaan Tuhan

Jika dilihat dari penanggalan tersebut maka terdapat beberapa keterangan yang harus dijelaskan yaitu :

1. Mengangkat Konfusius sebagai salah satu nabi

2. Menetapkan Litang (Gerbang Kebajikan) sebagai tempat ibadah resmi, namun dikarenakan tidak banyak akses ke litang, masyarakat umumnya menganggap klenteng sebagai tempat ibadah umat Khonghucu.

3. Menetapkan Sishu Wujing sebagai kitab suci resmi

4. Menetapkan tahun baru Imlek, sebagai hari raya keagamaan resmi

5. Hari-hari raya keagamaan lainnya; Imlek, Hari lahir Khonghucu (27-8 Imlek), Hari Wafat Khonghucu (18-2-Imlek), Hari Genta Rohani (Tangce) 22 Desember, Chingming (5 April), Qing Di Gong (8/9-1 Imlek).

6. Rohaniwan; Jiao Sheng (Penyebar Agama), Wenshi (Guru Agama), Xueshi (Pendeta), Zhang Lao (Tokoh/Sesepuh).

7. Kalender Imlek terbukti dibuat oleh Nabi Khongcu (Konfusius). Nabi Khongcu mengambil sumbernya dari penangalan dinasti Xia (2200 SM) yang sudah ditata kembali oleh Nabi Khongcu.

Baca Juga : Sejarah Peringatan Hari Besar Agama Kristen

Hari besar agama konghucu berdasarkan kalender penanggalan agama konghucu sebagai berikut. Yaitu :

1. Peringatan Hari Besar Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15 (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī  yang berarti “malam pergantian tahun”.

Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan tahun baru Imlek sangat beragam. Namun, kesemuanya banyak berbagi tema umum seperti perjamuan makan malam pada malam tahun baru, serta penyulutan kembang api. Meskipun penanggalan Imlek secara tradisional tidak menggunakan nomor tahun malar, penanggalan Tionghoa di luar Tiongkok sering kali dinomori dari pemerintahan Huangdi. Setidaknya sekarang ada tiga tahun berangka 1 yang digunakan oleh berbagai ahli, sehingga pada tahun 2017 Masehi, “Tahun Tionghoa” dapat jadi tahun 4715, 4714, atau 4654.

Dalam kalender Gregorian, tahun baru Imlek jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya, antara tanggal 21 Januari sampai 20 Februari. Dalam kalender Tionghoa, titik balik mentari musim dingin harus terjadi di bulan 11, yang berarti tahun baru Imlek biasanya jatuh pada bulan baru kedua setelah titik balik mentari musim dingin (dan kadang yang ketiga jika pada tahun itu ada bulan kabisat). Di budaya tradisional di Tiongkok, lichun adalah waktu solar yang menandai dimulainya musim semi, yang terjadi sekitar 4 Februari.

2. Peringatan Hari Lahir Konghucu

a. Malaikat Dapur Naik ke Langit (tanggal 24 bulan 12 Imlek)

Peringatan ini adalah dengan sembahyang dilakukan pada tanggal 24 dibulan ke-12 untuk menghantarkan Toa Pek Kong naik ke langit dan pada tanggal 3 di bulan-1 kembali diadakan persembahyangan untuk menyambut Toa Pek Kong yang turun dari langit. Sedangkan, yang dimaksud dengan Toa Pek Kong adalah Dewa Dapur, yang kita kenal denga Zau Jun Ye/Zao Jun Gong (Mandarin) atau Ciau Kun Ye/Ciao Kun Kong (Hokkian).

b. Peringatan Hari Sembahyang Leluhur (tanggal 29 bulan 12 Imlek)

Asal mula sembahyangan leluhur masyarakat Tionghoa berasal dari kepercayaan masyarakat dahulu yang berpendapat bahwa setelah seseorang meninggal, arwah orang tersebut dapat meninggalkan tubuhnya dan tetap terus hidup. Konsep mengenai arwah ini menimbulkan ketakutan dalam diri mereka. Arwah yang telah meninggalkan tubuh dapat lebih bebas untuk pergi kemanapun. Kemampuan untuk mempengaruhi hal yang membahagiakan dan merugikan manusia lebih besar dibandingkan sewaktu dia hidup. Oleh karena itu muncullah persembahyangan terhadap orang yang telah meninggal.

c. Sembahyang kepada Tuhan Yang Maha Esa (tanggal 8 bulan 1 imlek)

Kegiatan Peringatan sembahyang ini dapat dilaksanakan secara sederhana dan tetap mempertahankan kesuciannya bukan pada kewewahan. Dan biasanya dilakukan pada Cia Gwek Ce Pek (8 bulan 1 Imlek) tengah malam pukul 00.00 WIB atau sudah masuk tanggal 9 bulan 1 Imlek. Pada ritual ini, segala perlengkapan harus khusus atau tidak pernah dipergunakan untuk keperluan lainnya.

Pagi hari di hari ke-9 upacara dimulai oleh anggota keluarga tertua (kakek) atau kepala keluarga (suami, ayah). Ritual Pai Thi Kong dianggap penting karena dalam rangkaian upacara Sincia yang merupakan kunci dari penentu bagi seluruh anggota keluarga di tahun yang akan dijalani.

Baca Juga : Sejarah Peringatan Hari Besar Agama Katolik

d. Cap Go Meh (tanggal 15 bulan 1 Imlek)

Dieringati dengan upacara sembahyang kepada Tuhan untuk mengucapkan terimakasih dan memulai kehidupan baru.

e. Cing Bing (Bulan 3 Imlek)

Membersihkan makam, menata makam yang rusak.

f. Twan Yang( Tanggal 5 Bulan 5 Imlek)

Peringatan Twan Yang ini dilakukan ketika Matahari, bulan dan Bumi, posisinya membentuk sudut 90 derajat. Sebagai hari yang dipandang mempunyai daya alam yang luar biasa. Dibarengi dengan upacara kematian Kut Gwan ( perdana menteri Negeri Chu yang bunuh diri pada zaman Chan Kuo (300 SM)).

g. Hari sembayang Rebutan atau sembayang arwah umum( Tanggal 15 Bulan 7 Imlek)

Peringatan Hari Besar Agama Konghucu ini dilakukan dengan upacara yang ditujukan kepada arwah yang tidak disembahyangi oleh keluarganya pada tanggal tanggal 29 bulan 12 Imlek dan 5 april.

Bulan 7 menurut penanggalan imlek dianggap bulan yang tidak baik. Karena posisi Im dan Yang saling menjauhi. Pada bulan itu banyak roh-roh yang bergentayangan karena tidak disembahyangi oleh keluarganya.

h. Peringatan Sembahyang Tiong Jiu

Peringatan Sembahyang Tiong Jiu(tanggal 15 Bulan 8 imlek) Sembahyang terhadap Tuhan karena berkah yang diberikan kepada manusia. Panen disimpan untuk persediaan musim dingin dan musim berikutnya.

i. Hari Tangcik / Sembahyang Ronde( tanggal 22 desember)

Peringatan hari tang cik atau juga disebut dengan sembahyang puncak musim dingin. Untuk Agama Khong Cu disebut juga hari genta rohani. Pada hari itu Nabi Khongcu mulai melakukan perjalanan mengajarkan ajaran agamanya selama 14 Tahun. Setelah Pulang Nabi Khongcu kemudian mendirikan sekolah.
catatanPenanggalan imlek baru dipakai resmi setelah dinasti Han (Abad 2 SM).

Baca Juga : Sejarah Peringatan Hari Besar Agama Hindu

Itulah pembahasan mengenai hari besar agama konghucu, yang juga menjadi momen terpenting bagi para pemeluknya. Jangan lupa kritik dan saran silahkan tulis di komentar di bawah ini ya!

Blog specialdays.id
Kunjungi Web Hari – Hari Besar diDunia