Selamat Hari Kartini: inilah Sejarah dan Quotes RA Kartini

  • 4 min read
  • Des 08, 2020

Specialdays.Id – Halo, sobat Spesial Selamat Hari kartini, pada hari ini kita merayakan Hari kelahiran Ibu kartini, yups. 21 April 1879 tepatnya Raden Ajeng Kartini dilahirkan di rembang. Beliau lahir di masa penjajahan belanda inilah sejarah dan quotes RA Kartini. Untuk lebih lengkapnya saya tuliskan nih tentang sejarah dan Quotes RA Kartini (Kartini Quotes) yang saya ambil dari beberapa karya beliau.

A. Sejarah RA Kartini

Belia lahir di Rembang, 21 April 1879, saat beliau masih hidp beliau merasa prihatin karena adanya diskriminasi antara laki-laki dan perempuan pada masa penjajahan belanda.

Zaman itu perempuan sangat dilarang untuk mendapatkan pendidikan. Kecuali, perempuan bangsawanlah yang wajib memperoleh pendidikan.

Namun, pada saat itu Kartini memperoleh pendidikan di ELS (Europes Lagere School). Karena Kartini adalah putri dari Raden Mas Adipati Aryo Sosroningrat, seorang Bupati Jepara.

Tetapi beliau saat itu hanya bisa memperoleh pendidikan hingga berusia 12 tahun. Karena, menurut adat jawa, anak perempuan harus berada di rumah sejak usia 12 tahun hingga ia menikah.

Namun, Beliau punya keinginan untuk melanjutkan pendidikan karena ingin mendapatkan hak yang sama dengan pria dalam hal pendidikan.

Tapi keinginan tersebut harus terpendam, karena RA Kartini seuai adat Jawa harus menikah. Saat itu beliau menikah dengan seorang bangsawan Rembang bernama KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat pada tahun 1903.

Meskipun beliau menikah, Kartini tetap harus memperjuangkan hak kaumnya. Kartini menuangkan pemikirannya melalui tulisan – tulisan yang dimuat oleh majalah di Belanda bernama De Hoandsche Lelie.

Dengan semua ilmu yang ia peroleh selama sekolah di ELS dan kepandaiannya dalam berbahasa Belanda, tidak menyurutkan semangat RA. Kartini untuk mendapatkan pengetahuan meskipum berada di rumah. Beliau mulai menulis surat kepada temannya di Belanda, dan salah satu temannya yang selalu mendukung pemikiran beliau adalah Rosa Abendanon.

Baca Juga :  Peringatan Hari Besar Agama Hindu dan Penjelasannya

Melalui surat-surat tersebut, beliau berbagi cerita dengan temannya di Belanda. Dari sahabatnya inilah Kartini sering membaca majalah surat kabar dan majalah Eropa sehingga beliau mulai tertarik dengan pola pikir wanita Eropa yang sangat maju.

Baca Juga : 10 Quotes Cinta Berbahasa Inggris

Sehingga, melalui itulah diakhir usia beliau menghasilkan suatu karya monumental dengan sumber seorang sahabatnya yaitu abendanom. Sehingga pada tahun 1922, Balai Pustaka menerbitkan dengan versi bahasa Melayu buku asli karangan RA Kartini dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang: Buah Pikiran. Dari sinilah Gelar Pejuang Emansipasi Wanita Ia dapatkan.

B. Kata – Kata Mutiara RA Kartini (Quotes Kartini)

Berikut ini adalah Quotes tentang RA kartini yang diambil dari beberapa karangan maupun surat – surat beliau sewaktu beliau mengirim surat kepada teman – temannya di belanda. Dan beberapa tulisan beliau yang berada di Majalah perempuan di belanda.

1. Teruslah Bermimpi

“Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.” -RA Kartini-

2. Tahukah engkau semboyanku?

“Tahukah engkau semboyanku? Aku mau! Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata Aku tiada dapat! melenyapkan rasa berani. Kalimat ‘Aku mau!’ membuat kita mudah mendaki puncak gunung.” -RA Kartini-

3. Sulit? Kamu takut?

“Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.” -RA Kartini-

4. Jangan Pernah Menyerah

“Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.” -RA Kartini-

Baca Juga : 25 Quotes Cinta dalam Diam

5. Jangan Bergantung pada Orang Lain

“Adakah yang lebih hina, daripada bergantung kepada orang lain?” -RA Kartini-

6. Bermimpilah yang sempurna

“Karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh. Demikianlah pula dalam hidup manusia. Karena ada angan-angan muda mati, kadang-kadang timbulah angan – angan lain, yang lebih sempurna, yang boleh menjadikannya buah.” -RA Kartini-

7. Mengeluh? Buat apa?

“Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.” -RA Kartini-

Selain Quotes kartini diatas didapati pula kalimat – kalimat yang dapat memotivasi pembaca untuk selalu bersemangat dalam menggapai Cita, berikut Kutipannya.

Baca Juga :  Hari Kemerdekaan Qatar, 3 September 1971

8. Surat RA Kartini : Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya

“Saya malu sekali memikirkan kepentingan pribadi. saya berpikir-pikir dan mengelamun tentang keadaan saya sendiri dan di luar, di sekekliling saya demikian banyaknya orang yang hidup menderita dan sengsara. Seolah-olah udara tiba-tiba bergetar disebabkan oleh suara orang-orang menderita disekeliling saya yang menjerit, mengerang dan mengeluh. Lebih keras lagi dari suara mengerang dan mengeluh terdengar bunyi mendesing dan menderau dalam telinga saya: Bekerja! Bekerja! Bekerja! Berjuanglah membebaskan diri! Baru setelah kamu bekerja membebaskan diri, akan dapatlah kamu menolong orang lain! Bekerja! Suara itu saya dengar terang sekali”. -RA Kartini-

Baca Juga : Cara Cek apakah HP kamu Resmi atau Illegal

9. Yoza Fitriadi : Dunia Tanpa Huruf R

emangat patriotiknya tak pernah usang. Tak sulit untuk menemukan Kartini di masa kini, banyak tokoh perempuan yang begitu menginspirasi. Pintar, rupawan, sukses, kaya raya, dermawan dan kharismatik banyak dijumpai di khalayak ramai,” ujarku membuka cerita.

“Tapi itu terlalu jauh, banyak yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Sosok bu Jumiati salah satu diantaranya, guru yang senantiasa berbagi ilmu untuk kita semua. Bidan, artis bahkan mungkin tukang sapu sekolah kita bisa jadi menjadi Kartini masa kini,” pungkasku disambut tepuk tangan bu Jumiati dengan mata sembab. -RA Kartini-

10. Surat RA Kartini : Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya

“Bagaimanapun jalannya, sekali-kali jangan lelah untuk berusaha gigih membela semua yang baik” -RA Kartini-

11. Surat RA Kartini : Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya

Belajar pada usia yang matang ada pulalah keuntungannya. Kami sekarang mengerti jauh lebih baik dan memahami segala sesuatu. Dan banyak hal yang dulu bagi kami mati sekarang menjadi hidup. Kami tertarik terhadap sangat banyak hal yang dulu tidak kami pedulikan, semata-mata hanyalah karena kami tidak mengerti. Alangka bahagia kami, apa bila sekarang ada seseorang yang dapat menerangkan hal-hal yang sangat menarik itu kepada kami. Guru-guru yang diam itu sekarang harus menjawab semuapertanyaan kami. Hari ini ada “bahasa”. Anak-anak heran melihat apa yang kami lakukan, mereka tidak dapat mengerti apa yang kami lakukan. Aduhai! Bilakah saat yang bahagia itu akhirnya akan tiba, saat dimana bagi dunia kami boleh memeluk studi sebagai pengantin kami.

Baca Juga : 11 Quotes Motivasi versi Ulama dan Sahabat

demikianlah tadi Sejarah dan Quotes RA Kartini (Quotes Kartini) dalam hal ini penulis persembangkan kepada pahlawan serta pejuang Emansipasi Wanita.

Baca Juga :  Time for Laughing: inilah Kata - Kata Mutiara Lucu

Keturunan ningrat atau bangsawan Asli Jawa. Penulis berharap semoga wanita – wanita muda di masa millenial ini  mampu mencontoh semangat beliau dalam berprestasi dan membawa nama baik bangsa. jangan lupa kritik dan saran untuk Sejarah dan Quotes RA Kartini ini di kolom kemntar di bawah ya!

Sekian penulis Ucapkan Selamat Hari Kartini

Specialdays.id
Kunjungi Web Edukatif dan Inspiratif