Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Dalil, Pantun dan Kata Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2020

3 min read

Specialdays.id – Peringatan Hari Besar Agama Islam (Harbesag) adalah peringatan yang besar tiap tahunnya, terlebih mayoritas penduduk agama islam indonesia adalah islam berikut ini kata ucapan idul fitri 1441 H atau 2020 M.

Dalil – Dalil yang berkenaan dengan idul fitri ini juga sangat jelas, begitu juga anjuran tentang perayaannya karena idul fitri ini memiliki banyak makna dan hikmah di balik perayaanya.

Idul Fitri artinya hari yang Suci atau biasa disebut kembali ke fitri, artinya setelah melakukan puasa selama satu bulan penuh di hari besar umat islam ini adalah hari kemenangan, yaitu Hari kemenangan melawan hawa nafsu selama puasa di bulan ramadhan berikut ini adalah dalil – dalil, Quotes dan kata ucapan idul fitri 1441 H/ 2020 M.

Baca Juga : 25 Quotes Malam Nuzulul Qur’an dan Laitlatul Qadr

Kata Ucapan Idul Fitri 1441 H / 2020 M

Hosting Unlimited Indonesia

1. “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020 M. Semoga di momen hari raya Idul Fitri kali ini, Allah memberkahi kalian semua dengan kebahagiaan, kesuksesan dan kedamaian.”

2. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020 M. Semoga rahmat Allah senantiasa menerangi jalanmu dan membawamu kepada kebahagiaan, kesuksesan dan kedamaian.

3. Kata-kata bisa dibiarkan tak terucapkan, perasaan bisa dibiarkan tak terungkapkan, tapi orang seperti kamu tidak bisa dilupakan pada hari ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020 M

4. Semoga Allah senantiasa memberkahimu dalam setiap urusan, serta membimbingmu menuju jalan kesuksesan dan kesejahteraan yang berkesinambungan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020 M.

5. Selamat Idul Fitri. Semoga rumah dan hati kalian dipenuhi dengan semangat Idul Fitri yang menyenangkan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H/ 2020 M.

Baca Juga : Keutamaan dan Hikmah serta Amalan yang dianjurkan di Malam Lailatul Qadr

Kata Ucapan Idul Fitri 1441 H / 2020 M berbahasa Inggris

1. Happy Eid Mubarak, hope we see Ramadan again next year

Artinya : Selamat Hari Raya, semoga kita menjumpai Ramadan lagi tahun depan.

2. Sending you best wishes on Eid and wishing that it brings you joy and blessings

Artinya : Aku mengirimimu doa-doa baik di Hari Raya dan semoga bahagia dan berkah

3. May Allah bless you immensely! Eid Mubarak

Artinya : Semoga kau diberkahi Allah dengan luar biasa! Selamat Hari Raya)

4. May God give you happiness of heaven above. Happy Eid Mubarak to you all

Artinya : Semoga Tuhan memberimu kebahagiaan surga. Selamat Hari Raya yang berbahagia untuk kalian

5. May this special day bring peace, happiness and prosperity to everyone. Eid Mubarak

Artinya : Semoga hari spesial ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kesejahteraan untuk semua. Selamat Hari Raya

6. May Allah blessings be with you today, tomorrow and always. Eid Mubarak!

Artinya : Semoga berkah Allah menyertaimu hari ini, esok, dan selalu. Selamat Hari Raya!

7. May Allah flood your life with happiness, your heart with love, your mind with wisdom. Wishing you a very Happy Eid

Artinya : Semoga Allah mengalirii hidupmu dengan kebahagiaan, mengaliri hatimu dengan rasa cinta, mengaliri pikiranmu dengan kearifan. Selamat Hari Raya yang berbahagia

8. A time for joy, a time for togetherness, a time to remember the blessings. May Allah bless you

Artinya : Waktunya berbahagia, waktu untuk bersama, waktu untuk mengingat berkah. Semoga Allah memberkahimu)

Baca Juga : Peringatan Hari Besar Agama Islam

Kata Ucapan Idul Fitri 1441 H / 2020 M berbentuk Pantun

1. Kecubung batu dari Kalimantan;
Disanding elok dengan berlian.
Berhubung lusa udah lebaran;
Salah dan Khilaf mohon dimaafkan.

2. Makan ketupat lauknya teri
Jangan lupa opor ayamnya
Selamat hari Raya Idul Fitri
Maaf lahir batin yaaa

3. Ke Kabanjahe melewati Padang Bulan
Beli oleh-oleh mampir ke toko roti
Sebelum mengucapkan selamat hari lebaran
Segala dosa dan khilaf buanglah dari dalam hati

4. Anak melayu mengail ikan;
Perahu berlabuh di tengah lautan.
Sambil menunggu datangnya lebaran;
Pesan maaf kami sampaikan.

5. Ikan berenang dalam kolam,
Melompat ia kesana-kemari,
Hari besar dalam islam,
Itulah Hari Idul Fitri.

6. Pergi berburu ke hutan rimba,
Bertemu rusa belang kaki,
Bersihkan hati dan jiwa,
Di hari Fitri yang suci ini.

7. Awan mendung di hari senja,
Warnanya putih ketika kerah,
Allah persembahan untuk kita,
Hari Fitri yang sangat indah.

8. Merantau kuliah ke Yogyakarta,
Fokus di studi ilmu Perbintangan,
Setelah sebulan penuh berpuasa,
Saatnya menjemput kemenangan.

9. Ke sekolah naik sepeda,
Sampai sekolah sepeda dikunci,
Selamat datang hari yang mulia,
Selamat Hari raya Idul Fitri.

10. Sungguh indah bunga di taman,
Bermain disana anak kelinci,
Fitri membawa seberkah harapan,
Menambah cinta kepada Ilahi.

11. Jalan-jalan ke Ibukota,
Singgahlah sejenak di Kota Tua,
Selamat Hari Lebaran untuk semua,
Dimanapun kini kalian berada.

Baca Juga : Kata Ucapan Hari Besar Agama Waisak

Dalil – Dalil tentang Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020 M

1. Ayat tentang Hari Raya Idul Fitri Q.S Al Baqarah : 185

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Arab-Latin: Syahru ramaḍānallażī unzila fīhil-qur`ānu hudal lin-nāsi wa bayyinātim minal-hudā wal-furqān, fa man syahida mingkumusy-syahra falyaṣum-h, wa mang kāna marīḍan au ‘alā safarin fa ‘iddatum min ayyāmin ukhar, yurīdullāhu bikumul-yusra wa lā yurīdu bikumul-‘usra wa litukmilul-‘iddata wa litukabbirullāha ‘alā mā hadākum wa la’allakum tasykurụn.

Artinya :

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

2. Hadist 1

فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fithri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.

3. Hadist 2

وَقَالَ حَرْبٌ : سُئِلَ أَحْمَدُ عَنْ قَوْلِ النَّاسِ فِي الْعِيدَيْنِ تَقَبَّلَ اللَّهُ وَمِنْكُمْ .قَالَ : لَا بَأْسَ بِهِ ، يَرْوِيه أَهْلُ الشَّامِ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قِيلَ : وَوَاثِلَةَ بْنِ الْأَسْقَعِ ؟ قَالَ : نَعَمْ .قِيلَ : فَلَا تُكْرَهُ أَنْ يُقَالَ هَذَا يَوْمَ الْعِيدِ .قَالَ : لَا

Salah seorang ulama, Harb mengatakan, “Imam Ahmad pernah ditanya mengenai apa yang mesti diucapkan di hari raya ‘ied (‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha), apakah dengan ucapan, ‘Taqobbalallahu minna wa minkum’?” Imam Ahmad menjawab, “Tidak mengapa mengucapkan seperti itu.” Kisah tadi diriwayatkan oleh penduduk Syam dari Abu Umamah.

4. Hadist 3

وَذَكَرَ ابْنُ عَقِيلٍ فِي تَهْنِئَةِ الْعِيدِ أَحَادِيثَ ، مِنْهَا ، أَنَّ مُحَمَّدَ بْنَ زِيَادٍ ، قَالَ : كُنْت مَعَ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ وَغَيْرِهِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانُوا إذَا رَجَعُوا مِنْ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لَبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك .وَقَالَ أَحْمَدُ : إسْنَادُ حَدِيثِ أَبِي أُمَامَةَ إسْنَادٌ جَيِّدٌ

Ibnu ‘Aqil menceritakan beberapa hadits mengenai ucapan selamat di hari raya ‘ied. Di antara hadits tersebut adalah dari Muhammad bin Ziyad, ia berkata, “Aku pernah bersama Abu Umamah Al Bahili dan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lainnya. Jika mereka kembali dari ‘ied (yakni shalat ‘ied, pen), satu sama lain di antara mereka mengucapkan, ‘Taqobbalallahu minna wa minka” Imam Ahmad mengatakan bahwa sanad riwayat Abu Umamah ini jayyid.

Demikianlah Dalil, Pantun dan Kata Ucapan Isul fitri 1441 H / 2020 M, penulis mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Jangan Lupa kritik dan saran di kolom komentar ya!

Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *