jalil Seorang Muslim, Engineering, dan Blogger. Anak desa yang merantau ke kota dengan modal mental anak magang.

Hari Ulang Tahun, Perayaan untuk Siapa?

1 min read

perayaan-hari-ulang-tahun

Kenapa perayaan hari ulang tahun itu spesial? dan Kapan terakhir kali kamu merayakan hari spesial tersebut? Baik itu hari ulang tahun teman, ulang tahun pacar maupun ulang tahun ibu dan ayah? Menurutmu haruskah ulang tahun itu di rayain? Jika iya, dirayain buat siapa?

Arti Ulang Tahun

Arti Ulang tahun adalah hari untuk merayakan hari lahir seseorang dan datangnya usia di tahun berikutnya. Jika dari perspektif Amerika, pengertian ulang tahun adalah salah satu momen terbesar dalam kehidupan seseorang.  Ini adalah hari yang dimaksudkan untuk merayakan kelahiran seseorang, biasanya banyak ucapan “birthday boy” atau “birthday girl”.

Orang tua (mungkin) senang bahwa kamu masih hidup dan cukup semangat untuk mengadakan pesta dan mengundang teman-teman hadir di perayaan ulang tahun. Tentu mereka yang kamu undang pasti dengan senang hati datang merayakan ulang tahun kamu.

Selain membawa hadiah spesial untuk seseorang yang merayakan ulang tahun,  tentu juga menjadi kesempatan untuk mengikuti pesta, dan siapa yang tidak suka pesta?

Tidak hanya teman yang diundang; teman-teman keluarga, saudara kandung, dan kerabat semuanya berkumpul bersama dalam hari yang menyenangkan, semua dimaksudkan untuk merayakan hari lahir kamu ke dunia ini.

perayaan-ulang-tahun

Perayaan Ulang Tahun, sebuah Tradisi atau Budaya

Hari ulang tahun adalah tradisi atau budaya yang populer di A.S., bahkan di Indonesia. Tetapi coba dipikir apa makna dari ulang tahun dan apa yang sebenarnya kita rayakan?

Mungkin seolah-olah kita merayakan kenyataan bahwa perayaan ulang tahun adalah perayaan seseorang dilahirkan. Tetapi orang-orang dilahirkan setiap hari, dan tentu kamu tidak akan merayakan ulang tahun orang yang tidak kamu kenal.

Pasti kamu akan merayakan ulang tahun orang-orang spesial bagi kamu dan mereka sangat berarti dalam hidupmu.

Tetapi mengapa hari kelahiran yang menjadi poin dalam perayaan ulang tahun?

Mengapa memilih untuk merayakan hari seseorang dilahirkan?

Tentu saja, itu mungkin disertai dengan banyak sekali kegembiraan dari orang-orang yang mengantisipasi kedatangan kamu dan orang-orang yang suka melihat kehidupan baru yang berpindah dari rahim seorang ibu ke dunia ini.

Perayaan Ulang Tahun, Pengorbanan seorang Ibu

Mungkinkah kita pernah berfikir, bagaimana jika ada komplikasi lain yang terlibat dalam kelahiran?

Bagaimana dengan rasa sakit yang dialami para ibu? Keluarga yang khawatir apakah anak dan ibu akan selamat atau tidak? Konsekuensi yang tidak terduga ketika ibu melahirkan?

Seharusnya ketika kamu dan keluarga merayakan ulang tahun, itu bukan perayaan hari ulang tahun anak, tetapi sebuah perayaan dari pengorbanan tulus kedua orang tua, terutama seorang ibu. Mereka telah banyak berkorban, termasuk kehilangan waktu dan energi demi kesuksesan anak-anaknya.perayaan-hari-ulang-tahun

Itukah yang seharusnya kita rayakan?

Kontribusi dan pengorbanan orang tua kita yang sering tidak diakui – atau, paling tidak, kurang diakui dibandingkan dengan anak yang bahagia yang duduk di tengah meja (yang sedang merayakan ulang tahun)?

Apakah dunia benar-benar menjadi lebih baik karena kamu ada di sini? Sudahkah membuat cukup perbedaan dengan kehadiran kamu di dunia ini? Atau apakah ini hanya cerminan lain dari budaya?

Mungkin yang penting bukanlah tentang apakah kamu membuat perbedaan besar atau tidak, tetapi ini tentang bagaimana kamu telah membuat dampak positif yang cukup besar bagi kehidupan orang-orang di sekitar. Sehingga mereka ingin datang dan merayakan kenyataan bahwa kamu membawa manfaat sejak lahir ke dunia ini.

Maka dari itu, perayaan hari ulang tahun penting untuk kamu dan keluargamu. Nah jangan lupa, di hari ulang tahun ini, berikan sebuah hadiah spesial untuk kedua orang tua, terutama untuk ibu. Tanpa seorang ibu, kamu tidak akan melihat keindahan dunia ini.

Selamat Ulang Tahun!

 

jalil Seorang Muslim, Engineering, dan Blogger. Anak desa yang merantau ke kota dengan modal mental anak magang.

One Reply to “Hari Ulang Tahun, Perayaan untuk Siapa?”

Comments are closed.