Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Sejarah Universitas Sam Ratulangi

4 min read

Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) adalah lembaga perguruan tinggi negeri di Provinsi Sulawesi Utara. Universitas ini menyandang nama “Ratulangi”, seorang tokoh pahlawan nasional yang memiliki nama lengkap Dr. Gerungan Saul Samuel Jacol Ratulangi.

Universitas Sam Ratulangi berdiri pada tanggal 14 September 1965. Yuk ketahui sejarah, fakultas, jalur masuk dan beasiswa Universitas Sam Ratulangi!

Sejarah Universitas Sam Ratulangi

Setelah Kemerdekaan Indonesia, cita-cita dalam mengembangkan dan memajukan pendidikan melalui perguruan tinggi mulai berkembang pesat, termasuk di Manado. Sejak Manado menjadi pusat pemerintah dan kegiatan daerah Sulawesi Utara dan Tengah, cita-cita mendirikan universitas negeri semakin tinggi.

Hosting Unlimited Indonesia

Pada tanggal 1 Oktober 1954 didirikan Universitas Pinaesaan di Tondano dengan 1 fakultas yaitu Fakultas Hukum. Tiga tahun kemudian, tepatnya 23 September 1957, didirikan Universitas Pinaesaan di Manado.

Memiliki 2 universitas dengan status swasta ternyata belum memuaskan masyarakat Sulawesi Utara dan Tengah. Akhirnya masyarakat bermusyawarah dan sepakat untuk merealisasikan berdirinya satu perguruan tinggi negeri di kedua daerah (Tondano dan Manado) tersebut.

Tepat tanggal 1 Agustus 1958, didirikan Perguruan Tinggi Manado (PTM) dengan harapan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sulawesi Utara dan Tengah.

Perguruan Tinggi Manado (PTM) berdiri dengan memiliki 4 fakultas, diantaranya:

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Sastra
  4. Fakultas Tatapraja

Pada bulan Oktober 1958, Perguruan Tinggi Manado (PTM) berubah nama menjadi Universitas Sulawesi Utara-Tengah (UNSUT). Hanya saja Universitas ini masih berstatus perguruan tinggi swasta.

Tahun 1960, Universitas Sulawesi Utara-Tengah (UNSUT) berubah nama lagi menjadi Universitas Sulawesi Utara dan Tengah (UNISUT). Pada tanggal 4 Juli 1961, akhirnya kampus UNISUT resmi menjadi universitas negeri dengan memiliki 5 fakultas diantaranya:

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Kedokteran
  4. Fakultas Pertanian
  5. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pada periode tahun 1961-1965, Singkatan Universitas Sulawesi Utara dan Tengah berubah dari UNISUT menjadi UNSULUTTENG.

Tepat 14 September 1965, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI, akhirnya ditetapkan pengesahan universitas negeri di Manado. Universitas Sulawesi Utara dan Tengah di sahkan dan berubah nama menjadi Universitas Sam Ratulangi yang disingkat UNSRAT.

Kisah Pahlawan Ratulangi

Universitas Sam Ratulangi didirikan dengan memilih nama “Ratulangi”, seorang tokoh pahlawan nasional yang memiliki nama lengkap Dr. Gerungan Saul Samuel Jacol Ratulangi atau Dr. G.S.S.J. Ratulangi.

Dr. Gerungan Saul Samuel Jacol Ratulangi adalah seorang tokoh pahlawan nasional, mahaputra Indonesia yang biasa dipanggil Sam.

Dr. G.S.S.J. Ratulangi adalah pejuang kemerdekaan dari daerah Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Beliau dilahirkan tanggal 5 November 1890 di Tondano, Ibukota Minahasa dan meninggal pada tanggal 30 Juni 1949 di Jakarta.

Dengan diabadikan nama beliau sebagai nama universitas, diharapkan cita-cita dan perjuangannya tetap terpatri dan berkobar di insan akademik Universitas Sam Ratulangi.

Cita-cita dan perjuangan Dr. G.S.S.J. Ratulangi terangkai dalam falsafah hidupnya Si Tou Timou Tumou Tou, yang berarti manusia dilahirkan untuk memanusiakan orang lain.

Baca Juga: Sejarah Kampus Pekalongan

Fakultas Universitas Sam Ratulangi

Kampus Unsrat terus berkembang dengan menghadirkan lulusan-lulusan yang menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di lapangan kerja.

Seiring kemajuan ini, fakultas di kampus Unsrat semakin banyak demi memenuhi permintaan masyarakat dan perusahaan lapangan kerja.

1. Fakultas Kedokteran

Pada 5 Mei 1959, Fakultas Kedokteran Unsrat diakui sebagai Fakultas Negeri di lingkungan Universitas Sulawesi Utara Tengah (Unsut).

Namun pada tanggal 28 1959, fakultas ini resmi berdiri dan ditetapkan sebagai Fakultas Kedokteran Unsrat.

Program studi FK Unsrat:

  • Pendidikan Dokter (S1)
  • Pendidikan Dokter (S1 & Profesi)
  • Ilmu Keperawatan (S1 & Profesi)
  • Profesi Dokter (Profesi)
  • Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) diantaranya PPDS Bedah, PPDS Ilmu Penyakit Dalam, PPDS Ilmu Kesehatan Anak, PPDS Neurologi, PPDS IP Mata, PPDS Rehabiliti Medik, PPDS Kulit & Kelamin, PPDS Obstetri & Ginekologi

2. Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Unsrat memiliki empat jurusan dengan enam program studi, diantaranya:

  • Teknik Sipil
  • Teknik Elektro
  • Teknik Informasi
  • Teknik Mesin
  • Arsitektur
  • Perencanaan Wilayah & Kota

3. Fakultas Pertanian

Pada 1 Mei 1960, Fakultas Pertanian Unsrat berdiri dengan nama Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Sulawesi Utara (sekarang Unsrat).

Fakultas Pertanian Unsrat memiliki delapan program studi, antara lain:

  1. Agribisnis
  2. Agronomi
  3. Agroteknologi
  4. Kehutanan
  5. Teknik Pertanian
  6. Ilmu Tanah
  7. Ilmu & Teknologi Pangan
  8. Proteksi Tanaman

4. Fakultas Peternakan

Fakultas Peternakan Unsrat resmi berdiri tanggal 17 Agusuts 1963.

Fakultas Peternakan Unsrat memiliki tiga program studi, yaitu:

  • Nutrisi
  • Produksi
  • Sosek

5. Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan

Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Unsrat lahir atas dasar gagasan untuk mendirikan pendidikan tinggi di bidang ilmu dan teknologi perikanan di Sulawesi Utara.

FPIK Unsrat memiliki enam program studi, antara lain:

  • Manajemen Sumber Daya Perairan
  • Budidaya Perairan
  • Ilmu Kelautan
  • Teknologi Hasil Perikanan
  • Permanfaatan Sumber Daya Perikanan
  • Agrobisnis Perikanan

Untuk mengetahui detail fakultas, biaya pendidikan dan beasiswa di Universitas Sam Ratulangi, silahkan kunjungi website resmi unsrat.co.id.

6. Arti dan Makna Lambang Universitas Sam Ratulangi

Isi dan arti lambang, baik dilihat secara keseluruhan maupun secara bagian-bagiannya atau unsur-unsurnya, dalam rangkaian/kerangka hubungan keseluruhan, mencakup pokok-pokok isi dan pengertian sebagai berikut:

Bidang dasar berbentuk segi lima (dwaja) dengan penegasan kontur/garis keliling menunjuk ukuran yang terbesar dan terluas jika dibandingkan dengan bagian-bagian lukisan lainnya, perlambang Pancasila sebagai dasar falsafah Negara Republik Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yang mutlak harus mendasari dan menjiwai setiap dan semua/hasil cinta, rasa, karsa, dan karya manusia Indonesia, termasuk usaha dan kegiatan Universitas Sam Ratulangi Manado satu perguruan tinggi yang melakukan tugas Ilmu Amaliah dan Amal Ilmiah di negara Pancasila dan bagi kemanusiaan.

Dalam hubungan inilah warna kelabu pada bidang dasar (dengan kontur/garis keliling warna biru tua) melambangkan adanya nilai-nilai yang luhur, terkandung di dalam Pancasila, dimana atas dasar itu, universitas harus menunaikan tugas dan melaksanakan fungsi, kewenangan, dan tanggungjawabnya dengan sebaik-baiknya sebagai:

  • Penggali dan Pencari Kebenaran,
  • Pengenal dan Penerus Kebenaran untuk
  • Dunia sekitarnya,
  • Pembela dan Pelindung Kebenaran.

Huruf-huruf latin kapital UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO berwarna biru tua terletak di atas bidang dasar segi lima dalam bentuk lingkaran, menyatakan fakta yang hidup, dengan landasan yang teguh, pasti dan dinamis, yang keseluruhannya menunjuk identitas, potensi, dan kualitas dedikasi yang tinggi.

Pilihan dan pemberian nama seorang pahlawan nasional, Mahaputra Indonesia, Sam Ratulangi bagi universitas negeri di Sulawesi Utara yang berdomisili di Manado, dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam isi surat Rektor Universitas Sulawesi Utara dan Tengah di Manado tanggal 14 Mei 1965 No. 698/B/65 yang disampaikan kepada Menteri PTIP di Jakarta. Darah nasional yang mengalir dalam diri pahlawan nasional Sam Ratulangi yang sekaligus mencerminkan jiwa dan semangat perjuangan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam riwayat hidup dan riwayat perjuangan almarhum.

Dalam perkembangan selanjutnya ternyata jiwa patriotisme dan kepemimpinan dalam dunia pendidikan dan kebudayaan serta pengabdian yang tinggi bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Republik Indonesia serta kemanusiaan, oleh Pahlawan Nasional Dr. G. S. S. J. Ratulangi telah diberikan sebagai teladan yang baik yang pengembangannya sesuai status dilaksanakan oleh Universitas Negeri di Manado yang bernama Universitas Sam Ratulangi.

Lembaga-lembaga kelapa berwarna ungu mengantarai nama dan tempat universitas yang melingkari lukisan ciri khas kelapa di tengah (fokus) lambang, keseluruhannya menunjuk hubungan timbal balik dengan dasar, bangunan serta isi dan fungsi lambang, sehingga menggambarkan keserasian, keutuhan dan dinamika Universitas Sam Ratulangi Manado sebagai lembaga pendidikan tinggi yang dengan titik berangkat usaha memulaikan pertumbuhan dan pengembangan serta meneruskan hidup dan perjalanan sebagai satu universitas yang berjuang di Negara Pancasila, sehingga benar-benar UNSRAT Manado menjadi milik seluruh rakyat dan bangsa Indonesia pada umumnya serta rakyat dan masyarakat di daerah Sulawesi Utara khususnya.

Lukisan di tengah yang seluruhnya berasal dari ciri khas kelapa yang terdapat di daerah nyiur melambai Sulawesi Utara, dengan Manado sebagai ibukotanya, yang pars pro toto mencerminkan potensi menuju ke kemakmuran dan kesejahteraan dengan styliran lukisan yang isinya menggambarkan simbolik yang hidup dalam dunia pendidikan dan kebudayaan Indonesia pada umumnya serta daerah Sulawesi Utara pada khususnya.

7. Mars Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT)

Universitas Sam Ratulangi Sulawesi Utara
harapan dikemudian hari bangsa kita Indonesia
cita citamu luhur dan satria dengan semangat Tridarma

membangun negara kita jaya berdasarkan Pancasila

UNSRAT lembaga pendidikan
pusatnya ilmu pengetahuan
pengemban pembangunan
sekarang dan masa depan

Majulah UNSRAT

Jayalah UNSRAT

Dirgahayulah

Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *