Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Universitas Iqra Buru (UNIQBU), 5 September 2003

1 min read

Sejarah Universitas Iqra Buru (UNIQBU) – Tahukah Anda bahwa hari ini adalah hari ulang tahun salah satu kampus favorit di Maluku? Hari bersejarah dan spesial pada tanggal 5 September adalah berdirinya Universitas Iqra Buru (UNIQBU). Universitas Iqra Buru dibawah naungan Yayasan Muslim Buru ini resmi berdiri pada tanggal 5 September 2003. Yuk Simak sejarah Universitas Iqra Buru (UNIQBU)!

Sejarah UNIQBU

Universitas Iqra Buru adalah salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) di kawasan Timur Indonesia. Tepat tanggal 4 November 2000, di lakukan sebuah penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) antara pemerintah Kab. Buru dengan Universitas Muslim Makassar. Hal itu dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui lembaga pendidikan tinggi.

Hosting Unlimited Indonesia

Sebelumnya, Universitas ini memiliki nama Universitas Muslim Indonesia Buru. Hanya saja, tepat tanggal 5 September 2003, melalui surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI, terkait pemberian izin program studi dan pendirian sebuah universitas, kampus ini berubah nama menjadi Universitas Iqra Buru.

Fakultas UNIQBU

Walaupun UNIQBU terbilang universitas swasta dan masih baru, namun sudah memiliki lebih dari 55 dosen dan jumlah mahasiswa mencapai 2.902. Universitas Iqra Buru memiliki 8 fakultas dengan 13 program studi. Apalagi demi memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, selain menyediakan program studi reguler, UNIQBU juga menyelenggarakan program ekstensi untuk beberapa program studi.

Dengan tenaga pengajar profesional, kampus UNIQBU mampu menjadikan lulusan yang memiliki skill, wawasan luas dan dapat bersaing di dunia kerja. Selain itu, kampus ini juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai, sehingga membantu mahasiswa belajar dengan maksimal.

8 Fakultas di UNIQBU

1. Fakultas Ekonomi

2. Fakultas Hukum

3. Fakultas Pertanian dan Kehutanan

4. Fakultas Perikanan

5. Fakultas Teknik

6. Fakultas Sastra

7. Fakultas Agama Islam

8. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Baca juga: Sejarah IPB University

Asal Usul Nama Universitas

Dalam nama Universitas Iqra Buru terdapat kata “iqra” yang berarti “Bacalah”. Artinya dengan nama tersebut, diharapkan UNIQBU menjadi ujung tombak dalam mendidik masyarakat untuk dapat membaca dan memahami segala hal di bumi ini.

Selamat Ulang Tahun Universitas Iqra Buru, 5 September 2003!

Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *