Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Sejarah Universitas Hasanuddin

2 min read

Berdirinya Kampus UNHAS, Makassar – Universitas Hasanuddin (UNHAS) adalah salah satu universitas/kampus favorit dan terbesar di Indonesia. Kampus favorit ini berada di Makassar, ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan. Kampus UNHAS didirikan pada tanggal 10 September 1956 dengan menyandang nama Sultan Hasanuddin, Pahlawan Nasional Indonesia sekaligus Raja Kerajaan Gowa ke-16. Yuk ketahui lebih jauh sejarah kampus UNHAS di hari spesial dan istimewa ini!

Sejarah Kampus UNHAS

Universitas Hasanuddin dulunya dibangun di Baraya sehingga disebut Kampus Baraya. Sejak tahun 1980, kemudian kampus UNHAS dipindahkan ke Tamalanrea, karena Kampus Baraya sudah berada di tengah kota.

Hosting Unlimited Indonesia

 

Sebelum menjadi universitas independen, Universitas Hasanuddin memulai sejarahnya sebagai bagian dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Di awal tahun berdirinya, kampus UI memang memiliki fakultas yang tersebar di seluruh Indonesia. Tak heran jika kampus UI merupakan satu-satunya universitas yang menyandang nama negara Indonesia.

Fakultas-fakultas yang tersebar ini kemudian berkembang menjadi kampus independen. Nah berikut ini adalah 4 Universitas yang sebelumnya merupakan bagian dari Universitas Indonesia dan sekarang sudah menjadi Kampus Independen.

  1. Universitas Hasanuddin (Fakultas Ekonomi UI)
  2. Institut Pertanian Bogor (Fakultas Pertanian UI)
  3. Institut Teknologi Bandung (Fakultas Teknik UI)
  4. Universitas Airlangga (Fakultas Kedokteran UI dan Fakultas Kedokteran Gigi UI)

Setelah sekian lama menjadi bagian dari Fakultas Ekonomi UI, Universitas Hasanuddin secara resmi di luncurkan oleh Mohammad Hatta, Wakil Presiden pertama Republik Indonesia.

Universitas Terbaik di Indonesia

Tepat tahun 2019, sudah 63 tahun kampus UNHAS berdiri mengembangkan berbagai fakultas dan program gelar. Kampus UNHAS masuk dalam daftar 12 universitas terbaik di Indonesia dan pada tahun 2016 naik ke posisi 8 universitas terbaik di Indonesia.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI telah menyusun daftar universitas terbaik tersebut berdasarkan pengajaran, penelitian, fasilitas, prestasi siswa, dan standar akreditasi.

Pada tahun 2017, Universitas Hasanuddin menjadi salah satu dari beberapa Universitas lainnya yang bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri berbadan Hukum (PTN-BH). Sejak UNHAS menjadi PTN-BH, kampus favorit ini terbebas dari keharusan untuk meminta persetujuan Kementerian untuk operasi dasar dan masalah anggaran. Anda dapat membaca selengkapnya di sini.

Jurusan, Fakultas dan Akreditasi Kampus UNHAS

Saat ini, Universitas Hasanuddin (UNHAS) memiliki luas 220 hektare di Tamalanrea dengan dukungan fasilitas perguruan tinggi terbaik. Sejak 2016, Fakultas di Unhas bertambah 1 yaitu Fakultas Kehutanan, dulunya adalah bagian dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan. Universitas Hasanuddin memiliki 16 Fakultas dengan 90 lebih program studi.

Berikut Daftar Fakultas di UNHAS:

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Kedokteran
  4. Fakultas Teknik
  5. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  6. Fakultas Ilmu Budaya
  7. Fakultas Pertanian
  8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  9. Fakultas Peternakan
  10. Fakultas Kedokteran Gigi
  11. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  12. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan
  13. Fakultas Kehutanan
  14. Fakultas Farmasi
  15. Fakultas Keperawatan
  16. Program Pascasarjana

Baca Juga: Sejarah Kampus IPB, Kampus Pertanian Bisnis Hotel

Alumni Terbaik UNHAS

Sudah 63 tahun berdiri, UNHAS sudah menghasilkan alumni-alumni terbaik di Indonesia. Nah berikut beberapa alumni terbaik Universitas Hasanuddin yang patut Anda ketahui dan menjadi inspirasi untuk kuliah di kampus UNHAS.

  1. Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia
  2. Amran Sulaiman, Menteri Pertanian Indonesia
  3. Longki Djanggola, Gubernur Sulawesi Tengah
  4. Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sulawesi Selatan
  5. Agus Arifin Nu’mang, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan
  6. Mohammad Ramdhan Pomanto, Walikota Makassar
  7. Hamdan Zoelva, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia
  8. Abraham Samad, Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Indonesia
  9. Marwah Daud Ibrahim, Mantan Anggota Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat dan Mantan Presiden Asosiasi Intelektual Muslim Indonesia

Baca Juga:
1. 10+ Tips Mahasiswa Baru agar Survive di Kampus
2. 7+ Ide Hadiah/Kado Wisuda

Hotel Dekat Universitas Hasanuddin

Jika anda ingin berkunjung ke kampus favorit ini, admin akan memberikan informasi penginapan atau hotel murah dan nyaman yang berada di Makassar, terutama yang terdekat dengan kampus unhas.

1. Dalton Hotel, Makassar

Dalton Hotel berada di jalan Perintis Kemerdekaan Km. 16 No.2 | Biring Kenaya, Kota Makassar. Hotel ini berjarak sekitar 0,2 km dari Universitas Hasanuddin.

2. Harper Perintis, Makassar

Harper Perintis berada di jalan Perintis Kemerdekaan KM 15, No. 14A, Makassar. Hotel ini berjarak sekitar 2,4 km dari Universitas Hasanuddin.

3. Arbor Biz Hotel, Makassar

Arbor Biz Hotel berada di jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar. Hotel ini berjarak sekitar 5,2 km dari Universitas Hasanuddin.

4. Hotel Ibis Budget Makassar Airport

Hotel Ibis Budget Makassar Airport berada di jalan Bandara Baru Sultan Hasanuddin, Terminal Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Makassar. Hotel ini berjarak sekitar 5,7 km dari Universitas Hasanuddin.

Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *