Universitas Lumajang (UNILU) dalam Sejarah

  • 3 min read
  • Nov 12, 2020
Universitas Lumajang
Logo Universitas Lumajang

Specialdays.id – Halo sobat spacialdays hari ini kita akan membahas tentang salah satu kampus yang berada di daerah Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur Indonesia.

Universitas Lumajang merupakan Perguruan Tinggi yang berada di Kabupaten Lumajang dan dulunya dikelola oleh sebuah yayasan, bernama Yayasan  W.R.Soepratman II Cabang MKGR Lumajang.

A. Awal Di dirikan

Universitas ini didirikan pada tanggal 1 April 1983 di Lumajang yang diketai oleh H Matasan Ismail, dengan dibina oleh MKGR Tingkat I Jawa Timur yang langsung membuka 3 (tiga) Fakultas yaitu :

1. Fakultas Hukum; pada waktu itu langsung membuka 2 (dua) jurusan yaitu Hukum Perdata dan Hukum Pidana.

2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan 2 (dua) jurusan yakni Ilmu Administrasi Negara dengan Ilmu Administrasi Niaga

3. Fakultas Pertanian; pada saat itu membuka 1 (satu) jurusan, yaitu Jurusan Sosial Ilmu Pertanian.

Dalam perkembangannya yang begitu cepat dan pemyesuaian dengan Peraturan Pendidikan Tingggi Swasta, maka nama  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di ganti dengan nama Fakultas Ilmu Administrasi (FIA).

Struktur Pimpinan Universitas Lumajang pada saat didirikan sampai dengan tahun 1984 adalah seperti berikut :

Rektor : (Kolonel Purn.) Bagus Sasmito yang sekaligus menjabat sebagai  Ketua MKGR Tk. I Jawa Timur

Wakil Rektor : H.Matasan Ismail yang sekaligus menjabat sebagai Ketua DPC MKGR Lumajang

Pembantu Rektor I : Drs. Soeyanto

Pembantu Rektor II : Drs. Ahmad Noer

Pembantu Rektor III : Drs. Agus

B. Masa perkembangan

Bedasatkan petunjuk pengurus Yayasan Walisongo MKGR Tingkat I Jawa Timur di Surabaya kemudian diadakan perubahan nama yayasan, sesuai dengan urutan tahun berdirinya, maka Yayasan W. R. Soepratman II MKGR Lumajang diganti namanya menjadi Yayasan Pendidikan dan Sosial Wali Songo XII Lumajang dengan Akte Notaris  Ari Mudjianto, S.H., nomor 27, tanggal 22 Januari 1985.

Baca Juga :  STIS Miftahul Ulum Lumajang (STISMU)

Ini berarti Universitas Lumajang dengan nomor urut 12 dari beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang didirikan oleh Yayasan Induk Wali Songo MKGR Tingkat I Jawa Timur di Surabaya.

Dalam tahun 1985/1986 tersebut, Universitas Lumajang membuka fakultas baru, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS).

Dekan FKIP saat itu dijabat oleh Drs. Atlan dan sudah berjalan selama 3 (tiga) semester. Kemudian karena  adanya peraturan dari Dirjen Pendidikan Tinggi di mana harus diadakan pembinaan yang efesien dan efektif, maka pada tahun 1987/1988 oleh Pimpinan FKIP dipindahkan ke Universitas Muhammad Suruji Jember dengan fakultas yang sama.

C. Masa Penyempurnaan

Pada tahun akademik 1992/1993 dilakukan perubahan dan penyempurnaan pimpinan, baik di tingkat universitas maupun di tingkat fakultas dengan struktural :

Rektor : Drs. Soepadno

Pembantu Umum Rektor I : Drs. Abdul Halim H Mus

Pembantu Umum Rektor II : Hari Krisdianto, S.H.

Pembantu Umum Rektor III : Syamsul Munir,S.H.

D. Masa Universitas

Selanjutnya struktural kepemimpinan, di tingkat universitas, terhitung sejak Tahun Akademik 2004/ 2005, mengalami perubahan dengan susunan sebagai berikut :

Rektor : Drs. H. Satuki, M.Si.

Pembantu Umum Rektor I : Suhadi, S.H,

Pembantu Umum Rektor II : H. Syamsul Munir,SH, M.H.

Pembantu Umum Rektor III : Drs. Ichsanjoto Kabmadja, M.H.

E. Masa menjadi Universitas yang Terakreditasi

Memperhatikan perkembangan lembaga dan beberapa ketentuan, serta aturan yang berkaitan dengan Undang-undang Yayasan, maka pada tahun 2010 Yayasan Walisongo XII berganti nama menjadi Yayasan Narariya Kirana Lumajang, dengan Akta Notaris H. Luthfi Irbawanto, SH. Nomor 03 tanggal 04 Agustus 2010, dan didaftarkan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi  Manusia dengan nomor Register pada Ditjen Administrasi Hukum Umum : AHU-7266.AH.01.04 tanggal 09 Nopember 2011 dengan susunan struktur organisasi Ketua: Rochani, S.Sos; Sekretaris: Hendro Wahyono, S.Sos.; Bendahara: H. Bakhri, S.Sos.

Baca Juga :  Universitas Negeri Semarang

F. Posisi Universitas Lumajang di 2020

Berdasarkan data yang di peroleh dari Uni Rank salah satu lembaga dunia yang meranking lembaga perguruan tinggi di dunia sebagai berikut.

Established in 1983, Universitas Lumajang (University of Lumajang) is a private higher education institution located in the large city of Lumajang (population range of 1,000,000-5,000,000 inhabitants), East Java. Officially accredited and/or recognized by the Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Republik Indonesia (Ministry of Research and Technology/National Research and Innovation Agency of Republic Indonesia), Universitas Lumajang is a very small (uniRank enrollment range: under-250 students) coeducational higher education institution. Universitas Lumajang offers courses and programs leading to officially recognized higher education degrees in several areas of study. See the uniRank degree levels and areas of study matrix below for further details.

Universitas Lumajang
country rank 528
world rank  13193