STIS Miftahul Ulum Lumajang (STISMU)

  • 4 min read
  • Nov 21, 2020

Specialdays.Id – Halo sahabat spesial kali ini kita akan membahas tentang kampus khas pesantren yang berada di perbatasan Lumajang – Jember nih. Yup, yaitu Kampus STIS Miftahul Ulum yang berada di desa Banyu putih Kidul. Langsung saja yuk simak.

Sekolah Tinggi Agama Ilmu Syariah (STIS) Miftahul Ulum Lumajang didirkan oleh Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang.

Yayasan ini pada awalnya bernama Yayasan Sosial, Pendidikan dan Dakwah yang didirikan berdasarkan Akte Notaris Abdul Wahib Zainal No, 8 Tahun 1985 dan diperbaharui dengan nama Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang melalui Akte Notaris H. Abdul Wahib Zainal SH, No. 01 Tanggal 5 Agustus 2010.

Yayasan ini beralamat di desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang. Dikampus ini sangat kental dengan ciri khas Pesantren juga ideologi kampus ini adalah Ahlussunnah Wal Jamaah.

A. Sekelumit tentang STIS Miftahul Ulum

Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto merupakan bentuk lembaga yang bergerak dalam bidang sosial, dakwah dan pendidikan guna mencetak kader-kader muslim penerus cita-cita bangsa dan pembangunan nasional.

Sehingga perlu diadakan peningkatan dan penyelenggaraan yang berkesinambungan dan terarah. Kelahiran dan perjuangan yayasan ini merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari upaya dan cita-cita luhur para pemrakarsa dan tokoh pendirinya.

Sebagai salah satu wujud khidmat kepada agama, bangsa dan  dan negara dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata secara material dan spiritual berdasarkan  Pancasila dan bersendikan nilai-nilai ke-Islam-an yang berhaluan ASWAJA (Ahlussunnah wa al-Jama’ah).

Baca Juga :  Universitas Pekalongan (UNIKAL), 5 September 1982

Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih, selain sebagai badan penyenggara Sekolah Tinggi Agama Ilmu Syariah (STIS) Miftahul Ulum Lumajang juga menyelenggarakan  pendidikan dan lembaga lain baik yang bersifat formal maupun infolmal.

Yakni Pondok Pesantren, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah Ibtidaiyah, Madrasah Diniyah Tsanawiyah, Madrasah Al-Qur’an, Taman Kanak-Kanak Miftahul Ulum, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Terakreditasi B, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Terakreditasi A, Madrasah Aliyah (MA) Terakreditasi A).

Hal ini merupakan salah satu bukti nyata bahwa Yayasan Miftahul Ulum secara profesional telah mampu mengelola lembaga pendidikan tersebut di atas dengan tidak mengakibatkan beban tambahan bagi pemerintah (secara finansial), sehingga diyakini bahwa pendirian perguruan tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Agama Ilmu Syariah (STIS) Miftahul Ulum Lumajang.

Sebagai kelanjutan dari lembaga pendidikan yang dikelolanya akan dapat ditangani dengan baik dan profesional.Secara umum gagasan pendirian STIS Miftahul Ulum Lumajang oleh Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Lumajang dilandasi oleh keinginan bersama antara yayasan dan masyarakat agar yayasan dapat memberikan sumbangan yang terbaik bagi umat Islam dan bangsa Indonesia.

Sumbangan bagi umat Islam dimaksudkan karena dalam era global ini diperlukan tenaga-tenaga muslim yang berkualitas, baik iman, ilmu dan amalnya. Tanpa dukungan sumber daya muslim yang berkualitas maka kebangkitan Islam akan terus menjadi slogan.

Sedangkan sumbangan bagi bangsa Indonesia dimaksudkan, karena bangsa Indonesia yang kini tengah membangun dan mengejar ketertinggalannya dari bangsa-bangsa lain tentu juga membutuhkan manusia-manusia berkualitas, beriman dan bertakwa dan unggul dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dan secara khusus, pendirian STIS Miftahul Ulum Lumajang oleh Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Lumajang, sungguh-sungguh bukan untuk merugikan masyarakat, bukan untuk mengganggu, atau bahkan melemahkan atau apalagi mematikan Lembaga Pendidikan yang lainnya.

Baca Juga :  Universitas Lumajang (UNILU) dalam Sejarah

Akan tetapi semata-mata diorientasikan untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten dan profesional di bidangnya, sekaligus dijiwai oleh nilai-nilai luhur yang berkembang di lingkungan pondok pesantren, yaitu keunggulan moral spiritual santri yang tumbuh dari pendidikan berbasis akhlaq al-karimah, seimbang antara IPTEK dan IMTAQ.

2. Visi Misi STIS Miftahul Ulum

STIS Miftahul Ulum memiliki Visi dan Misi sebagai landasan serta motivasi kampus untuk berinovasi di masa mendatang.

VISI

Menjadi kampus yang unggul dan kompetitif dalam kajian dan pengembangan ilmu syariah sehingga mampu menghasilkan sarjana professional yang ulama’.

MISI

a. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas dan islami dalam menghasilkan lulusan yang memiliki kemantapan aqidah,  keluhuran akhlak, kedalaman ilmu dan hikmah, kematangan profesional dan berjiwa entrepreneurship.

b. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pemerintah dan non-pemerintah, baik dalam maupun luar negeri yang berorientasi pada penguatan kelembagaan dan peningkatan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

3. Program Studi STIS Miftahul Ulum

a. Hukum Ekonomi Syari’ah (HES)

b. Al Akhwal Al Syakhsiyah ( Hukum Keluarga)

4. Dosen atau Tenaga Pendidik STIS Miftahul Ulum

a. Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI)

1. Zainuddin, M.Pd.I

2. Irma Nurhayati, M.H.I

3. Hasanuddin, MH.

4. Dr. Mahbub Ghozali, M.TH.I

5. Hafizh Idri Purbajati, M.Hum

6. Rima Hidayati, S.H.I., M.H.I

b. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah

a. Farhanudin Sholeh, M.Pd.I

b. Ahmadi, M.Pd.I

c. Barkah Agustinah, M.EI

d. Muhammad Zamroni, M.Pd.I

e. Rofiih, M.SH

f. Roshiful Aqli Qosyim, S.E., MM.

5. Biaya Kuliah di STIS Miftahul Ulum

Biaya kuliah 2020/2021 STISMU Lumajang mungkin saja berubah setiap tahunnya. Untuk itu perlu update biaya kuliah terbaru bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar.

Baca Juga :  IAI Syarifuddin (IAIS) Lumajang

Setelah info update rincian biaya kuliah Sekolah Tinggi Ilmu Syari`ah Miftahul Ulum Lumajang keluar, nanti admin akan infokan kepada Anda.

Ketentuan besaran biaya kuliah Sekolah Tinggi Ilmu Syari`ah Miftahul Ulum Lumajang T.A 2020/2021 mungkin saja berbeda per prodinya. Misalnya biaya kuliah Kedokteran mungkin tidak sama dengan biaya kuliah jurusan PGSD.

Biaya kuliah prodi Hukum mungkin saja berbeda dengan jurusan Manajemen. Makanya pastikan dahulu prodi dan jenjang yang akan anda ambil di STISMU Lumajang. Jelas, biaya kuliah jenjang S1 dengan S2 pasti berbeda.

Biaya kuliah S2 akan lebih mahal dibanding S1. Sekolah Tinggi Ilmu Syari`ah Miftahul Ulum Lumajang akan merinci biaya kuliah tahun 2020/2021 per prodi yang ada di STISMU Lumajang.

Baca juga :

STKIP PGRI LUMAJANG

STKIP – STIT MUHAMMADIYAH LUMAJANG

IAI SYARIFUDDIN LUMAJANG

STIE WIDYAGAMA LUMAJANG

STAI BUSTANUL ULUM LUMAJANG

STIS MIFTAHUL ULUM LUMAJANG

UNIVERSITAS LUMAJANG

Post Terkait :

One thought on “STIS Miftahul Ulum Lumajang (STISMU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.