Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Universitas Pekalongan (UNIKAL), 5 September 1982

3 min read

Sejarah Universitas Pekalongan (UNIKAL) – Sejarah hari ini, 5 September adalah hari ulang tahun salah satu kampus Favorit di Jawa Tengah. Tepat tanggal 5 September 1982, Universitas Pekalongan (UNIKAL) resmi berdiri menjadi Universitas di Jawa Tengah. Yuk simak sejarah kampus Universitas Pekalongan (UNIKAL)!

Baca Juga : 8 Kampus Favorit di Kabupaten Lumajang

Universitas Pekalongan atau biasa disingkat UNIKAL adalah sebuah perguruan tinggi swasta di pekalongan. Universitas Pekalonghan merupakan satu-satunya Universitas di Pekalongan. UNIKAL mempunyai posisi strategis menjadi wahana pengabdian untuk menghasilkan manusia Indonesia yang memiliki daya pikir dan daya nalar keilmuan.

Sejarah Kampus UNIKAL

Tepat tanggal 20 Maret 1980, nama Yayasan Samapta Makarya Pembangunan Tanah Air berubah nama menjadi Yayasan Samarthya Mahotsaha Paramadharma (Yayasan Samarthya).

Hosting Unlimited Indonesia

Seiring kemajuan dan perkembangan, tanggal 5 September 1982 Universitas Tinggi Ekonomi (STEKAL) ditingkatkan menjadi Universitas Pekalongan (UNIKAL). Sehingga Universitas Pekalongan resmi berdiri dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Pekalongan

Universitas Pekalongan (UNIKAL) didirikan oleh Bapak Ali Said (mantan Jaksa Agung Republik Indonesia) yang merupakan alumni SMPN I Pekalongan. Beliau mendirikan Universitas ini sebagai bentuk kepedulian dan membantu pemerintah terutama dalam bidang pendidikan masyarakat Pekalongan.

Sebelum menjadi perguruan tinggi, awalnya didirikan sebuah yayasan dengan nama Yayasan Samapta Makarya Pembangunan Tanah Air. Setelah itu, demi merealisasikan salah satu tujuan yayasan, maka didirikan Perguruan Tinggi di Pekalongan yaitu Sekolah Tinggi Ekonomi (STEKAL).

Pendirian perguruan tinggi di Pekalongan adalah sebagai wujud kepedulian para pendiri yang diprakarsai Ali Said, S.H., mantan Jaksa Agung Republik Indonesia, alumni Sekolah Menengah Pertama Negeri I (SMPN I) Pekalongan sebagai Monumen Hidup, dengan maksud membantu pemerintah dalam bidang pendidikan, sosial dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Pekalongan, diawali dengan pendirian Yayasan Samapta Makarya Pembangunan Tanah Air (Samapta) melalui Akta Notaris R. Soerojo Wongsowidjoyo, S.H. tanggal 15 Februari 1980 nomor 21. Susunan pengurus terdiri atas Penasehat Ali Said, S.H. dan Ketua Badan Pendiri Ismail Rahardjo, S.H. Untuk merealisasikan tujuan yayasan, didirikan Perguruan Tinggi di Pekalongan dengan nama Sekolah Tinggi Ekonomi Pekalongan (STEKAL)

Pada tanggal 20 Maret 1980 atas dasar keputusan rapat Badan Penasihat dan Badan Pendiri, nama Yayasan Samapta Makarya Pembangunan Tanah Air diubah menjadi Yayasan Samarthya Mahotsaha Paramadharma (Samarthya). Perubahan tersebut dituangkan dalam Akta Notaris R. Soerojo Wongsowidjojo, S.H. tanggal 17 April 1980 nomor 24.

Sesuai dengan perkembangan, pada tanggal 5 September 1982 STEKAL ditingkatkan menjadi Universitas yang diberi nama Universitas Pekalongan (Unikal) dan dituangkan dalam Akta Notaris R. Soerojo Wongsowidjojo, S.H. tanggal 13 September 1982 nomor 16.

Sampai dengan tahun 2015, Unikal memilki 7 (tujuh) fakultas dengan 14 (empat belas) program studi (Prodi). Sebagai satu-satunya universitas di Pekalongan yang sudah berusia 40 tahun, menurut Sejarah, universitas pekalongan mempunyai posisi strategis menjadi wahana pengabdian untuk menghasilkan manusia Indonesia yang memiliki daya pikir dan daya nalar keilmuan dan bertaqwa kepada Allah Swt, serta berakhlaq mulia sehingga dapat menjadi warga masyarakat yang berguna bagi kemajuan bangsa dan negara.

Awal tahun 2019, Unikal membangun rumah susun mahasiswa yang diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, pada tanggal 22 Februari 2019.

Visi dan Misi Universitas Pekalongan

Visi Universitas Pekalongan

“Menjadi Universitas Unggulan Di Bidang IPTEKS Yang Mampu Menghasilkan Generasi Mandiri, Profesional, Dan Berahlak Mulia Pada Tahun 2035”

Misi Universitas Pekalongan

Guna mencapai visi tersebut di atas, dalam sejarah Universitas Pekalongan menetapkan beberapa misi, yaitu:

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi secara profesional; 2. Melaksanakan penelitian berdasarkan metode keilmuan dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) bagi kepentingan masyarakat; 3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan lingkungan dengan memperhatikan nilai-nilai spiritual untuk kesejahteraan masyarakat; 4. Menumbuhkembangkan daya nalar, peka dan kritis terhadap realitas kehidupan masyarakat; 5. Membina dan mengembangkan pengelolaan universitas yang bertanggungjawab.

Fakultas dan Program Studi Kampus UNIKAL

Sejak 2015, Universitas Pekalongan (UNIKAL) sudah memiliki 7 Fakultas dengan 14 Program Studi. Kemudian pada tahun 2011, Universitas Pekalongan membuka program studi baru yaitu program studi Teknologi Batik (D3).

Baca Juga : Sejarah Kampus STKIP PGRI Lumajang

UNIKAL saat ini telah memiliki 8 (delapan) Fakultas dengan 15 (lima belas) Program Studi (Prodi) dan 1 (satu) program profesi. Fakultas tersebut terdiri atas Fakultas Ekonomi, Hukum, Perikanan, Pertanian, Ilmu Kesehatan, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Farmasi serta Fakultas Batik. Adapun Program Studi yang dimiliki meliputi Manajemen (S1), Akuntansi (S1), Ilmu Hukum (S1), Budidaya Perairan (S1), Agroteknologi (S1), Kesehatan Masyarakat (S1), Ilmu Keperawatan (S1), Farmasi (D3), Farmasi (S1), Fisioterapi (D3), Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Teknologi Batik (D3) dan Teknik Konstruksi (D4) dan Program Profesi Ners.

8 Fakultas Universitas Pekalongan

1. Fakultas Hukum

2. Fakultas Ekonomi

3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

4. Fakultas Pertanian

5. Fakultas Perikanan

6. Fakultas Ilmu Kesehatan

7. Fakultas Teknik

8. Fakultas Batik

Program Studi Kampus Universitas Pekalongan (UNIKAL)

  1. Manajemen (Strata 1)
  2. Akuntansi (Strata 1)
  3. Hukum (Strata 1)
  4. Aquaculture (Strata 1)
  5. Agroteknologi (Strata 1)
  6. Kesehatan Masyarakat (Strata 1)
  7. Ilmu Keperawatan (Strata 1)
  8. Farmasi (D3)
  9. Farmasi (S1)
  10. Fisioterapi (D3)
  11. Pendidikan Profesi Ners (Profesi)
  12. Pendidikan Matematika (S1)
  13. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
  14. Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
    Kriya Batik (D3)
  15. Teknologi Rekayasa Bangunan Gedung (D4)

Prestasi Alumni Universitas Pekalongan

Walaupun Universitas Pekalongan merupakan perguruan tinggi swasta, tetapi prestasinya tidak kalah dengan perguruan tinggi favorit di Indonesia. Salah satunya program studi Teknologi Batik yang bisa dibilang masih baru, tetapi sudah menghasilkan Alumni yang berprestasi.

Baca Juga : Sejarah Kampus Universital Lumajang

Tahun 2019, Mahasiswa Universitas Pekalongan mendapatkan juara 2 kompetisi pasar modal yang diadakan oleh Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Selain itu, banyak mahasiswa asing yang kuliah di Universitas Pekalongan. Salah satunya yaitu Akina Takuma, asal jepang yang jauh-jauh kuliah di Pekalongan hanya untuk belajar tentang Batik. Bahkan Akina berencana untuk mendirikan Workshop Batik di Jepang.

Demikianlah sejarah universitas pekalongan .Semoga Universitas Pekalongan dapat menjadi perguruan tinggi yang go internasional dan mengenalkan budaya Indonesia terutama Batik kepada dunia.

Selamat Ulang Tahun Universitas Pekalongan, 5 September 1982!

Ranking Universitas Pekalongan

 
Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *