8 Kampus Asli di Lumajang

  • 3 min read
  • Nov 22, 2020

SpecialDays.Id Halo Sahabat Spesial kali ini kita ingin membahas 8 Kampus yang berada di  Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Artinya delapan Kampus ini adalah kampus Independen (berdiri sendiri) artinya pusat kampus ini berada pada Kabupaten Lumajang, bukan pusat kampusnya berada pada Luar kabupaten.

Contoh di Lumajang ada kampus Universitas Jember Program Studi Keperawatan. Tapi, membuka kelas jauh di Lumajang. Sehingga, kampusnya bernama Akademi Keperawatan Kampus Lumajang.

Nah,yang akan memet bahas kali ini adalah 8 kampus independen yang Asli berada di Lumajang. Yuk, Simak!

1. STIE Widyagama Lumajang

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widyagama Lumajang (STIE Widyagama Lumajang) adalah Sekolah Tinggi yang didalamnya menyiapkan mahasiswa dengan Title Sarjana Ekonomi (S.E) yang mana pada Program Studinya banyak berorientasi pada bidang Ekonomi.

Kampus ini memiliki dua Program Studi yakni : Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen Bisnis. Kampus ini memiliki banyak keunggulan selain fasilitasnya yang hebat kampus ini memeiliki banyak kerjasama baik dalam Negeri maupun Luar negeri.

Informasi Lebih Lengkap : Kampus STIE Widyagama Lumajang atau stiewidyagamaluamajang.ac.id

Specialdays.id
Kunjungi portal web edukatif : specialdays.id

2. IAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang

Institut Agama Islam Syarifuddin  (IAIS) Lumajang adalah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syarifuddin (STITS) yang mengalami Perubahan nama atau disebut juga kenaikan perkembangam nama ini berdasarkan SK Departemen Agama RI No. Dj. II/07/2005 tentang persetujuan pendirian STIT Syarifuddin dan ijin penyelenggaraan program studi Pendidikan Agama Islam tertanggal 18 Februari 2005.

Baca Juga :  STIS Miftahul Ulum Lumajang (STISMU)

Selain kampusnya yang kental dengan kepesantrenannya kampus ini memiliki banyak Program Studi yaitu :

A. Pendidikan Agama Islam (PAI)
B. Bimbingan dan Konseling Islam (BKI)
C. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
D. Ekonomi Syariah (ES)
E. Manajemen Dakwah (MD)
F.  Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)

Informasi lebih lanjut : Kampus IAI Syarifuddin Lumajang  atau iaisyarifuddin.ac.id

3. STKIP PGRI Lumajang

Seperti namanya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Indonesia adalah kampus yang dibangun oleh persatuan guru atau pendidik di seluruh Indonesia, khususnya di Lumajang.

STKIP PGRI Lumajang didirikan pada tanggal 25 November 1985 dalam suatu keputusan hasil Konperda Tingkat I PGRI dari 23 s/d 25 November 1985 di Surabaya.

Kampus ini memiliki 2 Program Studi yakni : Program Studi Pendidikan Matematika dan Program Studi Ekonomi.

Info lebih lanjut : Kampus STKIP PGRI Lumajang atau stkippgrilumajang.ac.id

Baca Juga : 10 Tips bagi Mahasiswa Baru

4. STKIP – STIT Muhammadiyah Lumajang

Seperti Klaim namanya kampus ini adalah salah satu Lembaga pendidikan yang dinaungi oleh Oeganisasi Islam di Indonesia. Yups, itu adalah Organisasi Muhammadiyah, yang merupakan salah satu Organisasi Islam terbesar setelah Oeganisasi Nahdlatu Ulama (NU)

Namun, meskipun nama kampusnya berasal dari Organis Muhammadiyah, bukan berarti yang kuliah disitu orang -orang muhammadiyah ya. Semua orang dan kaula muda boleh kuliah disitu.

Di kampus ini menyediakan dua Program Studi, yakni : Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra indonesia dan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Informasi lebih lanjut : Kampus STKIP – STIT Muhammadiyah Lumajang atau kunjungi stkipstitmuhammadiyah.ac.id

Baca Juga :  Info Lengkap UKT & Jurusan Universitas Negeri Yogyakarta

5. STAI Bustanul Ulum

STAI Bustanul Ulum Lumajang merupakan salah satu Kampus PTA Islam Swasta yang berada di desa Krai, kecamatan Yosowilangun  Sekolah Tinggi, dinaungi oleh Kementerian Agama dan termaktub kedalam kopertis wilayah Ditjen Pendidikan Islam.

Sekolah Tinggi Agama Islam Bustanul Ulum adalah kasmpus yang berlandaskan Ahlussunnah Wal Jamaah, dengan Khas lingkungan Pondok Pesantrennya yang kental.

Kampus ini memiliki dua Program Studi yaitu Hukum Keluarga Islam (Al Akhwal Asyakhsiyah) dan Kependidikan Islam.

Info lebih lanjut : Kampus STAI Bustanul Ulum atau staibu.ac.id

6. STIS Miftahul Ulum Lumajang

Sekolah Tinggi Agama Ilmu Syariah (STIS) Miftahul Ulum Lumajang didirkan oleh Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang.

Yayasan ini pada awalnya bernama Yayasan Sosial, Pendidikan dan Dakwah yang didirikan berdasarkan Akte Notaris Abdul Wahib Zainal No, 8 Tahun 1985 dan diperbaharui dengan nama Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang melalui Akte Notaris H. Abdul Wahib Zainal SH, No. 01 Tanggal 5 Agustus 2010.

Kampus ini memiliki dua jurusan / Program Studi yaitu Hukum Ekonomi Syariah (HES) dan Hukum Keluarga Islam (Al Akhwal As Syakhsiyah).

Info lebih lanjut : Kampus STISMU Lumajang atau STISMU.ac.id

7. Universitas Lumajang

Universitas Lumajang merupakan Perguruan Tinggi yang berada di Kabupaten Lumajang dan dulunya dikelola oleh sebuah yayasan, bernama Yayasan  W.R.Soepratman II Cabang MKGR Lumajang

Universitas ini didirikan pada tanggal 1 April 1983 di Lumajang yang diketai oleh H Matasan Ismail, dengan dibina oleh MKGR Tingkat I Jawa Timur yang langsung membuka 3 (tiga) Fakultas yaitu : Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Pertanian.

Dikampus ini terdapat tiga Program Studi yaitu Agribisnis, Ilmu Administrasi Negara, dan Ilmu Hukum.

Baca Juga :  IAI Syarifuddin (IAIS) Lumajang

Info lebih lanjut : Kampus UNILU atau unilu.ac.id

8. STIH Jendral Sudirman Lumajang

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Jendral Sudirman kabupaten Lumajang (STIH Jendral Sudirman Lumajang) adalah Sekolah Tinggi yang fokus mempelajari pada bidang kajian hukum. Baik hukum Perdata maupun Hukum pidana.

STIH (Sekolah Tinggi Ilmu Hukum) Jenderal Sudirman adalah sebuah perguruan tinggi tertua di kabupaten lumajang yang tetap eksis sampai saat ini dan telah banyak meluluskan sarjana serta mengabdikan ilmunya diberbagai instansi seperti kepolisian, kejaksaan, peradilan dll.

Dikampus ini ada dua jurusan atau Program Studi yaitu Studi Ilmu Hukum Perdata dan Studi Ilmu Hukum Pidana.

Info lebih lanjut : Kampus STIH Jendral Sudirman Luamajang atau stih.ac.id

Itulah 8 kampus lumajang yang berdiri sendiri. Tips buat kamu yang mau kuliah di lumajang, lakukan riset sebanyak – banyaknya kemudian daftarkan dirimu yah.

Intinya, buat kamu dimanapun kampusmu jadilah mahasiswa yang selalu berinovasi. Oke! Sekian dulu ya, Bye!

Baca Juga : Hardvard University

Post Terkait :

2 thoughts on “8 Kampus Asli di Lumajang

  1. Mantap nih… jadi bisa tau perkembangan peradaban pendidikan dilumajang… melalui adanya banyak kampus yang berdiri dilumajang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.