Institut Pertanian Bogor (IPB), 1 September 1963

  • 3 min read
  • Nov 18, 2020

Bogor Agricultural University or IPB University – Hai semua! Tahukah Anda bahwa hari ini adalah hari spesial dan hari bersejarah bagi kampus IPB? Jadi sejarah hari ini, 1 September adalah hari lahirnya kampus IPB (Institute Pertanian Bogor). IPB resmi berdiri pada tahun 1 September 1963. Wah pasti hari ulang tahun IPB menjadi hari bersejarah dan istimewa bagi civitas IPB yaa. Nah yuk simak sejarah IPB dan hal yang spesial dari kampus pertanian ini!

Sejarah IPB

Institut Pertanian Bogor dikenal juga dengan nama IPB (Institut Pertanian Bogor). IPB ini merupakan salah satu dari 5 besar universitas di Indonesia. IPB adalah universitas pertanian milik pemerintah Indonesia yang berbasis di kota Bogor, Indonesia.

Awalnya lembaga ini didirikan sebagai sekolah pertanian yang dibentuk oleh rezim kolonial Belanda pada awal abad ke-20. Setelah kemerdekaan Indonesia, lembaga ini menjadi bagian dari Universitas Indonesia, sebelum menjadi lembaga independen pada tanggal 1 September 1963.

Fakultas IPB

IPB memiliki 9 Fakultas untuk program Sarjana, 1 sekolah program Pascasarjana, Sekolah Bisnis dan Program Diploma. Pada tahun 1972, IPB menerapkan kurikulum sarjana 4 tahun. Kemudian pada tahun 1975, IPB membuka sekolah pascasarjana pertama di Indonesia.

Berikut Fakultas Program Sarjana IPB:

  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Kedokteran Hewan
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Peternakan
  • Fakultas Kehutanan
  • Fakultas Teknologi Pertanian
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Ekonomi dan Managemen
  • Fakultas Ekologi Manusia

Kemudian program Pascasarjana, Sekolah Bisnis dan Program Diploma.

Fakta Unik tentang IPB

Kampus IPB memiliki beberapa hal spesial dan unik dari kampus lain,mungkin banyak hal spesial dari IPB. Tetapi saya hanya menjabarkan 4 fakta unik dan spesial dari IPB yang perlu Anda ketahui!

Baca Juga :  STIE Widyagama Lumajang

4 Fakta Unik dan Istimewa dari Kampus IPB

1. Tidak hanya jurusan lingkup pertanian

Meski terkenal sebagai kampus pertanian, di IPB juga ada beberapa jurusan yang lebih umum. Anda akan menemukan jurusan Ekonomi Syariah yang ada di Fakultas Ekonomi dan Managemen.

Mungkin bagi orang luar civitas IPB atau yang belum mengenal lebih jauh tentang IPB, akan merasa kaget dan bertanya “IPB emangnya ada jurusan Ekonomi Syariah?” dengan nada penasaran.

2. Kampus Rakyat

Nah IPB ternyata disebut sebagai kampus rakyat. Hal ini berdasarkan sistem biaya kuliah yang diterapkan oleh kampus IPB yang sesuai dan meringankan bagi semua kalangan masyarakat.

Sejak tahun akademik 2013/2014, Institut Pertanian Bogor (IPB) menerapkan pembiayaan atau sistem biaya kuliah mahasiswa menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) dengan tetap mengacu pada subsidi silang.

Eh kayaknya bukan hanya IPB deh yang begitu?

Entahlah, sebenarnya beberapa kampus hampir menerapkan sistem UKT, tetapi patokan minimalnya berbeda setiap fakultas walaupun disebut sistem UKT.

Nah IPB dikatakan kampus rakyat bukan hanya karena menggunakan sistem UKT saja, melainkan IPB mampu menutupi banyak anggaran kampus/anggaran belanjanya dari keuntungan bisnis yang dijalankan, tidak heran jika IPB memiliki Program Sekolah Bisnis.

Sehingga dari hal itu IPB dibilang kampus rakyat dengan biaya kuliah bagi mahasiswa yang lebih ringan dan lebih murah.

3. IPB memiliki Hotel

Menyambung dari poin 2 bahwa IPB adalah kampus rakyat, memang benar. IPB dengan biaya murah dan ringan karena IPB memiliki berbagai bisnis. Salah satu bisnis IPB yaitu memiliki IPB Convention Hotel sebagai nilai positif bagi IPB. Jangan heran jika IPB memiliki Program Sekolah Bisnis walaupun menyandang nama “Pertanian”.

Baca Juga :  Institut Teknologi Telkom Surabaya (IT Telkom Surabaya)
Kamar IPB Convention Hotel

Nah IPB Convention Hotel ini memiliki 34 kamar yang terdiri dari Superior and Executive Room dengan tarid berkisar Rp. 450-500 ribu per malam.

Hotel ini didirikan sebagai alternatif penginapan ketika ada acara ataupun agenda di IPB sampai larut malam, sehingga dapat menginap di hotel ini.

4. Asrama Internasional

Nah IPB ternyata memiliki Asrama Internasional dengan bangunan 2 lantai yang terletak di area kampus IPB. Asrama ini didirikan pada tahun 2010, dengan tujuan menyediakan akomodasi bagi mahasiswa asing yang belajar di IPB, termasuk tamu-tamu asing yang berkunjung ke IPB.

Salah satu kamar Asrama Internasional IPB

Asrama Internasional terdiri dari 44 kamar dengan kapasitas 1 orang. Masing-masing lantai dilengkapi ruang bersama (common room) sebagai tempat bersantai bagi para tamu yang datang. Bahkan ruangan tersebut dilengkapi dengan fasilitas wifi, lemari es, dispenser, dapur, serta televisi.

Selain itu, Asrama Internasional IPB juga memiliki area Gazebo, tempat parkir yang luas, serta pemandangan taman yang asri sebagai pelengkap sempurna bagi asrama bule ini.

Itulah Sejarah IPB, Fakultas IPB, dan Fakta Unik dan Hal Spesial dari IPB (Institut Pertanian Bogor) yang dapat Anda Ketahui.

Semoga di hari bersejarah dan hari spesial ini, IPB tetap menjadi pendidikan tinggi bertaraf internasional. Semoga IPB tetap menjadi lembaga yang dapat mengembangkan pertanian Indonesia dan menjadi kampus yang benar-benar menyandang sebutan kampus rakyat.

Selamat Ulang tahun IPB (Institut Pertanian Bogor), 1 September 1963!