Perbedaan Kata Mudik dan Pulang Kampung

  • 2 min read
  • Des 13, 2020

Specialdays.id – Halo sobat spesial bagaimana kabarmu hari ini? Sudah siap buat lebaran? Hehe,  hari lebaran sangat identik dengan Mudik atau bisa juga Pulang kampung. Nah, kira-kira kamu tau tidak apa sih perbedaan mudik dan pulang kampung.

A. Pengertian Mudik 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Mudik adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga bertemu dengan orang tua.

Baca Juga : Misteri sejarah setiap Tanggal 22 April

Transportasi yang sering digunakan mudik antara lain: pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, bahkan truk dapat digunakan untuk mudik. Tradisi mudik muncul pada beberapa negara berkembang dengan mayoritas penduduk Muslim, seperti Indonesia dan Bangladesh.

B. Pengertian Pulang Kampung

Pulang kampung dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), secara sederhana diartikan dengan berlayar atau pulang. Wikipedia mengartikannya sebagai kegiatan tahunan dari para pekerja atau orang yang berada di perantauan atau buruh migran untuk pulang kampung pada even tertentu. Sifat kegiatan ini adalah tahunan. Orang yang ada di daerah atau negara lain, pada even tertentu pulang ke kampung halamannya.

Ada jutaan orang memilih jalan pulang kampung halaman pada even tertentu itu. Dengan berbagai cara mereka pulang. Letak daerah yang jauh, mereka rela antre tiket kereta api atau bus berhari-hari. Sedangkan yang bisa ditempuh dalam sehari perjalanan, tidak kurang jumlahnya yang memakai sepeda motor. Suatu keadaan yang kadang miris melihatnya, apalagi orang yang tidak memiliki kemampuan lebih, memulih mudik dengan sepeda motor dengan ditumpangi tiga hingga empat orang –tentu dua diantaranya anak yang masih di bawah umur. Jalan ini dipilih karena ingin merasakan kampung halaman tersebut.

Baca Juga :  10 Resep Menjadi Penulis yang Sukses dalam Berkarir

Pulang kampung memiliki arti penting, baik mereka yang masih memiliki orang tua atau mereka yang sudah tiada lagi orang tuanya. Mereka yang meninggalkan kampung, pada akhirnya tidak benar-benar meninggalkan, karena pada even tertentu, mereka akan pulang –walau seluruh anggota keluarganya sudah tiada, mereka akan menjenguk kampung yang biasanya mengukir banyak cerita. Belum lagi kampung, biasanya menjadi ruang lain mengekspresikan keberhasilan seseorang –umumnya diukur secara material dan pendapatan.

Baca Juga : Misteri Sejarah Setiap tanggal 23 April

Pada dasarnya pulang kampung bisa dimaknai sebagai jalan berkarya –atau berkarya kembali secara lebih hebat. Dengan pilihan ini, maka bagaimana pun proses pulang kampung yang dijalani, tetap memiliki arti penting. Dengan berbagai bentuk perjuangan dari proses pulang kampung itu, akan tergantikan dengan semangat yang dilahirkan kemudian. Justru yang rugi adalah mereka yang pulang kampung dengan susah payah, namun itu semua tidak bisa membuatnya menambah semangat untuk berkarya yang lebih besar lagi, yang lebih hebat.

C. Kesimpulan

Berdasarkan pengertian diatas perbedaan Mudik dan Pulang kampung terletak pada ruang lingkup dan ke umuman bahasa. Jika Mudik itu tradisi kembali ke halaman pada waktu atau even-even tertentu dalam kaitannya ini menyangkut tentang Hari Besar Agama Seperti Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.

Sedangkan Pulang kampung ia kegiatan kembali ke rumah halam tidak berdasarkan even – even tertentu atau bebas bisa setiap minggu atau bahkan tiap hari.

Itu saja peerbedaan mengenai Mudik dan Pulang Kampung. Saran dan Kritik silahkan tulis di kolom komentar yaa!

Baca Juga :  3 Cerita Inspirasi Pendek Perjuangan Pengusaha Dunia
Specialdays.id
Kunjungi Web Edukatif dan Inspiratif

Post Terkait :

One thought on “Perbedaan Kata Mudik dan Pulang Kampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.