Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

5 Cerita Lucu Bahasa Jawa Singkat bikin Sakit Perut

3 min read

Sudah bukan guyonan lagi bahwa hiburan saat ini banyak digemari oleh orang – orang pecinta tawa, hari ini specialdays mempersembahkan cerita lucu bahasa jawa agar anda terhibur.

Cerita lucu bahasa jawa ini memiliki beberapa bagian atau part, yang mana setiap bagiannya memiliki judul yang berbeda, selamat membaca kisah lucunya.

Bu Lik Ndase Pecah (Bu Lik Kepalanya Pecah)

Cerita lucu bahasa jawa

Hosting Unlimited Indonesia

Aku sudah bisa memastikan sebelumnya, setiap pelajaran bahasa Jawa pasti diberi tugas untuk membuat kalimat dengan bahasa Jawa halus (kromo inggil).

Pada kesempatan itu Bu guru memberi tugas untuk membuat kalaimat dengan kata “ Bu Lik “. (Sebuah nama untuk ibu )

  • Guru : coba kowe mbak Dewi…. !
  • Dewi : Bu Lik tindak dateng peken.
  • Guru : bagus, coba kowe mas Adit… !
  • Adit   : Bu Lik tindak dateng peken tumbas gendis.
  • Guru : bagus sekali…coba kowe mas Hasim… !!!
  • Hasim : Bu Lik tindak peken ketabrak becak ndase pecah….
  • Guru : eh…kok koyo ngono bahasamu Sim, di baleni sing apik !!!

Dengan rasa gemetar Aku berucap “Bu Guru nabrak becak terus semaput,” kataku,

“Ha…Ha…ha…ha…,”, “suit….. suit….. sui…i……i…i…i….it….”.

Serentak temenku sekelas tertawa terpingkal-pingkal dan Bu guru nyelonong pergi tanpa pamit (dengan raut menahan senyum).

Selanjutnya aku diberi hadiah permen temenku, karena berhasil mengusir Bu guru, asyik….!!!!

Baca juga : 45 Kata – Kata romantis buat pasangan sejati

Iwak Lele (Ikan Lele)

Cerita lucu bahasa jawa

Setelah guru mata pelajaran biologi menjelaskan panjang lebar tentang “Ikan”, kiranya guruku tersebut ingin istirahat sejenak.

Kemudian untuk mengetahui kemampuan siswanya dalam menerima pembelajaran, guruku menguji dengan pertanyaan secara lisan pada beberapa temanku.

“Kamu Anto…. dengan apa ikan bernafas”, tanya guruku.

“dengan insang…Pak”, jawab Anto dengan tegas.

“kamu Dedi… sirip itu fungsinya untuk apa”, tanya guruku.

“untuk berenang Pak”, jawab Dedi dengan rasa ragu – ragu.

“ya….lumayan betul”, kata guruku.

Tiba-tiba si – Ro Jay Lee tanpa disuruh bertanya “Pak…kenapa ikan Lele itu tiap hari mandi kok kulitnya tetap hitam”.

“karena mandinya tidak pakai sabun mandi …!!!”, jawab guruku yang diringi tawa teman – temanku.

Bojone Pak Bariman Ilang (Istrinya Pak Bariman Hilang)

Cerita lucu bahasa jawa

Dengan mengendarai sepeda motor bututnya, Pak Bariman pergi bersama sang istri tercinta dan anaknya menuju warung sate kambing balap.

Sambil mengobrol dan menoleh kanan dan kiri, Pak Bariman seakan – akan seperti Tuan Takur dalam Film India atau kalau di Indonesia mirip seperti Rano Karno dan Yesi Gusman dalam Film “Gita Cinta dari SMA”.

Memang begitulah penampilan seorang guru yang sudah sukses karena nyambi (kerjaan sampingan) ternak kucing.

Setelah menemui jalan yang terjal dan sedikit rusak, Pak Bariman mengurangi kecepatan.

Tiba-tiba motor berhenti mendadak karena roda depan menabrak batu sebesar kepala gajah.

Kaki kirinya menapak tanah, lalu sedikit menggerakan roda depan menghindari batu tersebut.

Selanjutnya tancap gas lagi karena sudah memasuki jalan yang baik. Tetapi walau tancap gas, tetap saja motornya tidak bisa ngebut karena motor jadul.

Tiba-tiba Pak Bariman di tegur anaknya “Pak Ibu hilang“.

Mendengar suara anaknya Pak Bariman terkejut sambil menoleh kebelakang dan bertanya pada anaknya “ Weh… lha ibu mana nduk ?”.

Anaknya menjawab “ tadi ibu turun di jalan yang rusak Pak”. Dengan raut muka cemberut, deg – degan serta tangan gemetaran.

Pak Bariman membalikan arah motor menuju jalanan yang rusak tadi sambil bilang sama anaknya “ Yen ibu ilang, nggolek ibu maneh yo nduk”.

Anaknya menjawab “Nggih, tapi sing perawan tur ayu banget yo pak”.

Setelah sampai di jalan yang rusak, Pak Bariman menemukan Istrinya duduk termangu di tepi jalan.

Lalu Pak Bariman bertanya pada Istrinya “Kenopo kowe ki midun ora omong karo aku “,

Istrinya menjawab “ Aku ki ora midun, tapi aku keplorot… rot…rot…rot… terus awakku gemelundung neng got Pak….”.

“aku tibo kok gak keroso to Pak….”

Ya…Ampun Bu…. !!! pura-pura menyesal, Pak bariman mengucap syukur “ Untung bojoku ora di gondol luwak”.

Baca juga : Kata Kata Mutiara Lucu Cak Lontong

Surat Cinta Nyasar ke BK

Cerita lucu bahasa jawa

Untuk mentaati tata tertib dan kedisiplinan sekolah, pihak sekolah mengadakan operasi setiap ruang kelas.

Supaya tidak diketahui siswa, maka kegiatan ini dilaksanakan pada saat berlangsungnya upacara bendera.

Kegiatan operasi tersebut dilakukan oleh bapak dan ibu guru serta pengurus Osis.

Secara tidak sengaja, salah satu pengurus Osis menemukan lembaran kertas, setelah dibaca ternyata sebuah “surat cinta”.

Sebenarnya pengurus Osis tidak ingin membawa surat tersebut ke ruang BK, tetapi ada salah satu guru yang mengetahui.

Maka dengan terpaksa surat tersebut dibawa ke ruang BK, sebab barang tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan pelajaran.

Setelah upacara bubar, pemilik surat cinta tersebut masuk kelas dan membuka tas miliknya, dengan terkejut ia kehilangan surat cintanya.

Akhirnya dia mengatahui kalau surat itu disita pihak sekolah. Dengan rasa malu dan perasaan takut, dia ke ruang BK untuk mengambil suratnya.

Setelah klarifikasi guru BK, pemilik surat menjelaskan secara panjang lebar. Kemudian guru BK memaafkan dengan syarat siswa tersebut tidak boleh mengulangi lagi.

He he he….Surat cinta monyet….
Isinya “I Love You” dan “I Want to Kiss You”.

Baca juga : 25 Quotes Lucu Ngakak versi Stand Up Comedy

Nyamuk Penakut

Cerita lucu bahasa jawa

Disaat pelajaran biologi, guruku menerangkan tentang jenis-jenis nyamuk dan bahayanya terhadap kehidupan manusia.

Untuk menguji siswanya, guruku bertanya kepada temen – temen sekelas.

“Apakah dirumahmu banyak nyamuk ?”, Tanya guruku,

Dengan serentak semua temanku menjawab “Banyak Pak”,

“Kamu Rudi, bagaimana cara mengusir nyamuk ?”, Guruku bertanya

“Disemprot obat nyamuk Pak”, jawab Rudi singkat,

“Kamu Edi, bagaimana caranya membunuh nyamuk ?”, Tanya Pak guru,

“Di pukul dengan sapu lidi Pak”, Jawab Edi tegas,

“Terus kamu Mas Hasim, bagaimana agar tidak digigit nyamuk ?” Lagi-lagi guruku bertanya,

“Saya tidak pernah digigit nyamuk Pak”, Jawabku dengan tegas,

“Lho emang Hasim kulitnya tebal seperti badak ?” Tanya guruku sambil tersenyum,

Dengan percaya diri ku jawab “Tidak Pak, karena nyamuk takut dengan gigiku yang besar-besar”,

Mendengar jawabanku itu, spontan semua temanku tertawa dan guruku hanya senyum – senyum saja, sebab guruku giginya juga besar – besar seperti gigiku.

“He he he….aku lupa kalau gigi guruku juga besar-besar”.

Demikianlah cerita lucu bahasa jawa, semoga anda merasa terhibur dan jika anda punya cerita lucu, jangan sungkan – sungkan ceritakan di kolom komentar ya.

Jangan lupa juga untuk share ke media sosial kamu agar banyak orang yang merasa terhibur. Terimakasih.

Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *