Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

2 September 1945 : Hari Kemerdekaan Vietnam

1 min read

SpecialDays.Id – Halo sobat spesial kita tahu bahwa Vietnam merupakam negara paling timur di Semenanjung Indo – china di Asia Tenggara. negara ini  berbatasan langsung dengan Republik Rakyat Cina (RRC) yang tepat berada di sebelah utara, negara Laos tepat berada di sebelah barat laut, negara Kamboja berada tepat di sebelah barat daya dan tepat di sebelah timur terbentang Laut China Selatan.

Vietnam emiliki populasi sekitar 84 juta jiwa, Vietnam menjadi negara terpadat nomor 13 di dunia. Vietnam berada di dalam grup ekonomi “Next Eleven”, berdasarkan pemerintah, GDP Vietnam berkembang sebesar 8.17% pada tahun 2006, negara yang termasuk kategori pertumbuhan tercepat kedua di Asia Timur dan pertama di Asia Tenggara. Akhir tahun 2007, menteri keuangan vietnam menyatakan pertumbuhan GDP Vietnam diperkirakan sudah mencapai rekor tertinggi dalam 10 tahun terakhir yaitu sebesar 8.44%.

Foto Presiden Pertama Vietnam : Ho Chi Minh

Jika ditarik kembali sejarah Vietnam sekitar 2500 tahun yang lalu. Namun, menurut legenda, vietnam sejarah vietnam dapat di mulai dari 4000 tahun yang lalu. karena, sejak abad 11 SM sampai abad 10 Masehi mayoritas masyarakat yang berada di bawah kekuasaan kekaisaran Tiongkok. tepatnya pada tahun 939 M, Vietnam secara resmi merdeka secara politis, dan memakai Champa sebagai nama negara. yang mana masa setelah itu dianggap sebagai masa pembangunan identitas kebangsaan Vietnam.

Perang Vietnam saat itu sangat menghancurkan perekonomian negara Vietnam. Pada saat pengambilalihan kekuasaan, pemerintah menggunkan sebuah gerakan ekonomi terencana, hal ini sama dengan yang dilakukan negara Indonesia di zaman Orde Baru lewat Rencana Pembangunan Lima Tahun (REPELITA). pengelompokan pertanian, pabrik-pabrik dan modal ekonomi mulai diterapkan, dan saat itu jutaan orang telah dilibatkan pada program-program pemerintah.

Foto Perang Vietnam dengan Negara Barat

Hingga sampai beberapa dekade, ekonomi Vietnam mulai terganggu oleh ketidak efisienan dan terjadinya korupsi dalam program-program negara, kualitas yang semakin memburuk bahkan, sudah sampai di bawah target produksi dan juga terjadinya pembatasan pada kegiatan perekonomian dan perdagangan.

Vietnam juga pernah menderita akibat embargo perdagangan oleh Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara-negara Eropa setelah Perang Vietnam. kemudian, partner-partner perdagangan dengan blok-blok Komunis mulai surut. Pada tahun 1986, Kongres Partai Keenam mulai memperkenalkan reformasi ekonomi penting dengan berbagai elemen ekonomi pasar sebagai bagian dari paket reformasi ekonomi secara luas yang disebut dengan Doi Moi (Renovasi).

Kepemilikan perusahaan swasta dimaksimalkan dalam bidang industri, perdagangan dan pertanian. Di lain pihak, Vietnam berhasil mencapai pertumbuhan GDP dengan tahunan sebesar 8% dari tahun 1990 hingga 1997 dan berlanjut sekitar 7% dari tahun 2000 hingga 2005, hal ini membuat Vietnam sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat kedua di dunia.

Peringatan Hari Kemerdekaan Vietnam yaitu pada tanggal 2 September 1945.

Specialdays.id
Kunjungi Web Edukatif dan Inspiratif

sekian ya tulisan tentang sejarah Hari kemerdekaan vietnam jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar.

Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *