Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Sejarah Hari Kemerdekaan Siprus, 16 Agustus 1960

1 min read

Siprus adalah negara di Timur Tengah -Tahukah Anda bahwa hari spesial 16 Agustus adalah hari kemerdekaan Siprus? Siprus adalah negara yang terletak di Laut Tengah. 16 Agustus 1960 adalah hari kemerdekaan Siprus. Siprus berada di 130 KM sebelah selatan Turki dan 120 KM di sebelah barat Suriah. Nah satu-satunya negara yang tidak mengaku kemerdekaan Siprus adalah Tukri. Sedangkan dibagian utara ada Republik Turki Siprus Utara, yang hanya di akui oleh Turki. Yuk simak sejarah hari Kemerdekaan negara Siprus!

Sejarah tentang Siprus

Nama Siprus berasal dari bahsa Yunani yaitu kata Kύπριoς (ku-pi-ri-jo). Nah menurut para ahli, kata Kύπριoς memiliki 3 arti sebagai berikut.

  1. Mempunyai arti pohon cemara Mediterania atau kypárissos
  2. Berasal dari kata kpros yang berarti pohon pacar
  3. Berasal dari kata Eteocypriot yang berarti tembaga (didukung dengan banyaknya tembaga di pulau ini)

Tetapi seiiring berjalannya waktu, akhirnya digunakanlah sebuah bahasa latin klasik yaitu Aes Cyprium (untuk tembaga). Kemudian disingkat menjadi Cuprus (tembaga). Sampai saat ini masih ada banyak orang yang menyebut negara Siprus dengan sebutan Cypriote atau Cyprian. 

Sejarah Hari Kemerdekaan Siprus

Siprus adalah negara yang terkenal di kawasan Mediterania bagi wisatawan asing. Siprus mengumumkan kemerdekaannya pada 16 Agustus 1960, namun Siprus merayakan hari kemerdekaannya pada tanggal 1 Oktober 1960. Siprus adalah negara yang di jajah oleh Inggris, Britania Raya.  Saat itu, Siprus kemudian diberikan kepada negara Yunani. Tetapi minoritas Turki menolak, meskipun mereka hanya kaum minoritas di Siprus. Tahun 1959, dengan berbagai kompromi kesepakatan, akhirnya didirikan negara Siprus dan merdeka pada 16 Agustus 1960.

Tahun 1974, wilayah utara Siprus yang menginginkan persatuan dengan Yunani, berubah dengan mengadakan kudeta. Kemudian Turki melakukan invasi sehingga wilayah utara Siprus diduduki oleh Turki. Wilayah utara tersebut menjadi sebuah negara Republik Turki Siprus Utara (RTSU). Republik Turki Siprus Utara merdeka sejak tahun 1974, dan yang hanya mengakui kemerdekaannya adalah negara Turki.

Siprus memiliki ibu kota Nikosia. Kota penting di Siprus antara Limassol, Larnaca, Paphos, Famagusta, dan Kyrenia.

Perekonomian Negara Siprus

Pariwisata adalah sektor pendapatan paling besar bagi Siprus. Dengan banyaknya bangunan-bangunan bersejerah di Siprus, sehingga menarik banyak wisatan asing dan ramai dikunjungi. Siprus mendapat julukan sebagai negara Daratan Cinta. Para wisatawan asing percaya bahwa negara Siprus adalah tempat lahir Dewi Cinta, Aphrodit.

Selain sektor pariwisata, Siprus juga mengandalkan pendapatan dari sektor pertanian. Banyak rakyat Siprus yang memiliki lahan anggur, tembakau, kentang dan jeruk.

Nah yang terakhir adalah sektor pertambangan. Sebagai negara Cuprus, tidak heran jika banyak hasil tambang berupa marmer, gipsum, besi dan yang utama adalah tembaga.

Fakta Unik Negara Siprus

  1. Negara Siprus dikelilingi perairan Mediterania, namun sebagian besar masyarakatnya tidak suka memancing ikan di sini.
  2. Pada bendera Siprus terdapat peta Siprus
  3. Siprus dikenal dengan julukan Daratan Cinta dan orang percaya bahwa Siprus tempat lahir Dewi Cinta (Aphrodit).
  4. Negara yang pernah menjadi bangsa paling makmur di dunia (saat masa Perunggu dan Tembaga).
  5. Memiliki tiga warisan budaya UNESCO yaitu Gereja Lukis, Paphos, dan Choirokoitia.

Selamat Hari Kemerdekaan Siprus, 16 Agustus 1960!

Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *