Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Hari Kemerdekaan Kosta Rika, 15 September 1821

1 min read

Costa Rica’s Independence Day Celebration – Tahukah anda bahwa hari ini adalah hari spesial dan bersejarah bagi 4 negara di Amerika Tengah? Pada tanggal 15 September, 4 negara di dunia sedang merayakan hari kemerdekaan, salah satunya negara Kosta Rika. Negara ini merdeka dari Prancis pada tanggal 15 September 1821. Yuk simak sejarah, perayaan hari kemerdekaan dan hal spesial dari negara Kosta Rika!

Mencapai Kemerdekaan adalah salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah Kosta Rika. Tidak seperti negara tetangga, Los Ticos (julukan Kosta Rika) berhasil meraih kemerdekaan dari Spanyol tanpa pertumpahan darah.

Bagi rakyat Kosta Rika, hal tersebut adalah sebuah berkah, namun bukan berarti Kosta Rika meraih kemerdekaan dengan proses yang mudah dan sederhana. Bahkan Kosta Rika harus memenangkan kebebasan tidak hanya sekali, tetapi dua kali!

Kemerdekaan Kosta Rika

Kemerdekaan adalah perjuangan yang panjang dan sulit. Namun akhirnya sebagian besar koloni Spanyol membebaskan diri.

Sebagai bagian dari Spanyol, perang Meksiko adalah peristiwa paling penting bagi kemerdekaan Kosta Rika.

Pada tanggal 15 September 1821, seluruh Amerika Tengah secara resmi membebaskan diri dari kekuasaaan Spanyol dan merdeka untuk pertama kalinya dalam sejarah. Namun di tahun yang sama, Kosta Rika kemudian bergabung ke Republik Federal Amerika Tengah.

Tanggal 15 September memang ditetapkan dan dideklarasikan sebagai hari kemerdekaan Kosta Rika dari Spanyol. Namun, Republik Federal Amerika Tengah ini bubar di tahun 1838 dan akhirnya Kosta Rika menjadi negara independen dengan kedaulatan penuh dan mandiri.

Baca Juga: Hari Kopi di Kosta Rika, 12 September 1798

Perayaan Hari Kemerdekaan Kosta Rika

Tepat pada hari Minggu, 15 September 2019, Kosta Rika merayakan kemerdekaan ke-198.

Setiap kota di Kosta Rika memiliki perayaan masing-masing. Orang-orang melakukan parade dengan berpakaian tradisional diiringi musik rakyat dan dijalanan ramai dengan hidangan kuliner.

Sebelumnya, tanggal 14 September dilakukan parade penyalaan obor di Guatemala menuju Amerika Tengah. Hal ini dilakukan sebagai peragaan kembali tentang bagaimana berita kemerdekaan sampai ke berbagai negara di Amerika Tengah.

Acara puncak terjadi pada tanggal 15 September, tepatnya di kota Cartago, Kosta Rika. Kegiatan hari ini meliputi pengibaran bendera diiringi lagu kebangsaan, setelah itu dilanjutkan dengan berbagai kegiatan dan pesta hingga larut malam.

Selamat Hari Kemerdekaan Kosta Rika, 15 September 1821!

Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *