Hari Kemerdekaan Brasil, 7 September 1822

  • 2 min read
  • Okt 17, 2020

Sejarah Brasil atau Brazil – Tahukah Anda bahwa hari ini adalah hari spesial bagi Brasil? Sejarah hari ini, 7 september adalah hari kemerdekaan Brasil. Sejak dijajah dari tahun 1494, akhirnya Brasil meraih kemerdekaan dari Portugis pada tanggal 7 September 1822. Brazilia adalah ibu kota baru Brasil yang dibangun 21 April 1960. Brasil memindahkan ibu kota dari Rio de Janeiro ke Brazilia pada tahun 1961. Yuk simak sejarah, perayaan hari kemerdekaan dan fakta unik dari negara Brasil!

Sejarah Brasil

Masyarakat Brasil tidak perlu banyak perang demi meraih kebebasan dari jajahan Portugis. Pangeran Pedro di Alcantara, putra Raja Portugis membuat deklarasi tentang Kemerdekaan di dekat Sungai Ipiranga Brasil. Tak heran jika lagu kebangsaan Brasil di bait pertama terdapat kata “sungai ipiranga”.

Pada saat itu, Pangeran Pedro merobek simbol Portugis dari seragamnya dan menyatakan “Dengan darahku, demi kehormatanku, dan oleh Tuhan: Aku akan membebaskan Brasil”, “Merdeka atau Mati!”.

Setelah itu, Pangeran Pedro menjadi Kaisar Brasil dan memaksa pasukan Portugis meninggalkan wilayah Brasil.

Pada tahun 1889, sistem pemerintahan Brasil berubah dari monarki menjadi republik. Namun masyarakat Brasil tetap mempertahankan 7 September sebagai Perayaan Hari Kemerdekaan.

Kemerdekaan Brasil: Perayaan

Pada perayaan hari spesial kemerdekaan, beberapa kegiatan besar diadakan terutama di Brazilia, ibu kota Brasil. Berbagai kegiatan seperti parade militer, konser musik dan kembang api di malam hari memeriahkan hari kemerdekaan masyarakat Brasil.

Baca Juga :  Sejarah : Hari Kemerdekaan Malaysia

Fakta Unik tentang Brasil

1. Pengekspor kopi terbesar di dunia

Mungkin banyak negara di dunia yang menghasilkan kopi, namun tidak ada negara yang dapat bersaing dalam jumlah besar yang dihasilkan oleh perkebungan kopi Brasil.

Brasil telah menjadi produsen kopi terbesar selama 150 tahun terakhir. Bahkan pada tahun 2016 dan 2017, Brasil berhasil memproduksi lebih dari 5.714.381.000 pon kopi (1 Pon setara 453,6 Gram).

2. Negara imigran

Brasil telah menerima sejumlah besar imigram dalam 150 tahun terakhir. Pada tahun 2013, tercatat sebanyak 596.000 orang imigrasi ke negara Brasil. Imigran datang untuk bekerja sebagai petani dan bekerja di perkebunan kopi.

Sebagian besar pekerja kopi berasal dari negara Italia. Sejak tahun 1930, banyak imigran yang berasal dari negara Jepang bahkan kota Sao Paulo seperti rumah bagi mereka.

Imigran dari negara lain, seperti Jerman, Eropa Timur, Suriah dan Lebanon juga menetap di bagian selatan Brasil.

Sebagai negara yang penuh dari masyarakat imigran, Brasil mengandung aspek budaya imigran terutama dalam hal masakan.

3. Salah satu kota terbesar di dunia

Sao Paulo adalah kota terbesar di Brasil dan tercatat sebagai wilayah metropolitan ke-7 di dunia. Dengan populasi perkotaan lebih dari 11 juta jiwa, Sao Paulo menjadi kota terpadat di Brasil.

Kota Sao Paulo juga menjadi pusat ekonomi dan budaya negara, sebuah kota yang menjadi tempat pusat bisnis, bank, restoran, museum, pasar, dan kegiatan budaya.

4. Situs Warisan Dunia UNESCO

Brasil memiliki 19 tempat yang masuk daftar Warisan Dunia UNESCO. Brasil memiliki 12 situs budaya, seperti kota bersejarah Ouro Preto dan arsitektur Brasilia (ibu kota Brasil). Sedangkan 7 Situs dalam daftar UNESCO adalah situs alami, seperti pulau Fernando de Noronha, Air Terjun Iguazu dan Taman Nasional.

Baca Juga :  Makna Lambang Burung Garuda di Indonesia

5. Bahasa Resmi

Brasil merupakan negara koloni (jajahan) Portugis hingga abad ke-19. Saat ini, Brasil adalah negara berbahasa Portugis terbesar di dunia.

Bahasa Portugis adalah bahasa resmi Brasil. Bahasa Portugis merupakan bahasa Romawi yang memiliki hubungan dekat dengan bahasa Spanyol.

Bahasa lain yang digunakan adalah LIBRAS (Bahasa Isyarat Portugis Brasil).

Selamat Hari Kemerdekaan Brasil, 7 September 1822!

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *