Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

World’s Celebrate: Sejarah Hari Perawat Internasional

3 min read

Specialdays.id – Salah satu unsur penting dalam sebuah negara adalah fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat, yang mana diantara beberapa fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat yang juga sangat urgen yaitu perawat, begitu pentingnya perawat ini hingga Organisasi dunia mengapresiasinya, berikut ini adalah Sejarah Hari Perawat Internasional (History Of International Nurses Day).

Pengertian Perawat

Perawat adalah suatu profesi yang difokuskan pada perawatan individu, keluarga, dan komunitas dalam mencapai, memelihara, dan menyembuhkan kesehatan yang optimal dan berfungsi.

Hosting Unlimited Indonesia

Definisi modern mengenai keperawatan didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan dan suatu seni yang memfokuskan pada mempromosikan kualitas hidup yang didefinisikan oleh orang atau keluarga, melalui seluruh pengalaman hidupnya dari kelahiran sampai asuhan hingga kematian.

Baca Juga : Catatan Peristiwa Penting setiap tanggal 23 April di Dunia

Sedangkan menurut Undang-undang Nomor 38 tahun 2014, definisi keperawatan adalah kegiatan pemberian asuhan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik dalam keadaan sakit maupun sehat. Perawat mengembangkan rencana asuhan keperawatan, bekerja sama dengan dokter, terapis, pasien, keluarga pasien serta tim lainnya untuk fokus pada perawatan penyakit dan meningkatkan kualitas hidup.

Sejarah Hari Perawat Internasional

Hari Perawat Internasional adalah hari perayaan untuk menandai kontribusi perawat terhadap masyarakat. Dirayakan setiap tanggal 12 Mei tiap tahunnya.

Latar Belakang adanya Hari Perawat Internasional

Berdasarkan berita yang dilansir darj Ensiklopedia Britannica Raya, acara ini diadakan untuk menyoroti peran penting perawat dalam perawatan kesehatan dan memperingati kelahiran filsuf dasar keperawatan modern Florence Nightingale. Nightingale menjadi tokoh penting dalam keperawatan karena jasanya selama Perang Krimea tahun 1850-an.

Saat itu dia bertugas di Rumah Sakit Barrack di Scutari. Dia memimpin sekelompok perawat yang merawat tentara Inggris. Dia terkejut dengan kondisi fasilitas rumah sakit ketika pertama kali tiba.

Baca Juga : Sejarah Peringatan Hari Surya di Dunia

Akhirnya dia memberlakukan standar perawatan yang ketat dan memastikan bahwa bangsal tetap bersih serta persediaan makanan dan obat-obatan tercukupi. Pengalamannya di Scutari membawanya ke kampanye untuk reformasi di dalam dunia perawatan

Pada 1860, dia membuka Nightingale School of Nursing di St. Thomas ‘Hospital di London.
Keberhasilannya mendirikan sekolah itu mendorong pembentukan sekolah pelatihan serupa untuk perawat di tempat lain.

Setiap tahun ICN memperingati Hari Perawat Internasional dengan memproduksi dan mendistribusi materi promosi dan pendidikan.
Tema setiap tahunnya berbeda. Pada 1990 temanya Perawat dan Lingkungan. Lalu pada 2004 temanya Bekerja dengan Kaum Miskin; Against Poverty.

Sejarah Peresmian Hari Perawat Internasional
Dewan Perawat Internasional (ICN) telah merayakan hari ini sejak tahun 1965. Pada tahun 1953, Dorothy Sutherland, seorang pejabat di Departemen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Amerika Serikat, mengusulkan agar Presiden Dwight D. Eisenhower memproklamirkan “Hari Perawat”, namun dia tidak menyetujuinya.

Pada Januari 1974, 12 Mei dipilih untuk merayakan Hari Perawat Internasional karena itu merupakan hari ulang tahun kelahiran Florence Nightingale, yang secara luas dianggap sebagai pendiri keperawatan modern. Setiap tahun, ICN mempersiapkan dan mendistribusikan kotak Hari Perawat Internasional.

Kotak tersebut berisi bahan-bahan informasi pendidikan dan publik, untuk digunakan oleh perawat di mana-mana. Pada tahun 1999, UNISON meminta ICN untuk mengubah tanggal hari peringatan ini ke tanggal lain dan mengatakan bahwa Nightingale tidak mewakili keperawatan modern.

Pada tahun 1998, 8 Mei ditetapkan sebagai Hari Keperawatan Mahasiswa Nasional. Pada 2003, hari Rabu antara tanggal 6 hingga 12 Mei dirayakan sebagai Hari Perawat Sekolah Nasional.

Tokoh Penting dalam Sejarah Hari Perawat Internasional

Florence Nightingale

Hari Perawat internasional

Dilahirkan pada tahun 1820, Florence Nightingale baru berusia 17 tahun ketika dia percaya bahwa dia dipanggil untuk melayani oleh Tuhan “untuk melakukan sesuatu untuk mengangkat beban penderitaan orang-orang yang tidak berdaya dan menderita.” Dan dia melakukannya sampai usia 90, ketika dia meninggal.

Nightingale melanjutkan keputusannya untuk menjadi perawat meskipun orangtuanya keberatan dengan profesi yang tidak memiliki reputasi baik pada saat itu. Sang visioner muda terus maju dan menjadi pengawas rumah sakit wanita yang berbasis di London hanya dalam waktu tiga tahun.

Lady with the Lamp ‘mendirikan sekolah keperawatan berbasis ilmiah pertama, Nightingale School of Nursing, di London pada tahun 1860 dan juga menjadi wanita pertama di dunia yang dilantik ke dalam Ordo Merit.

Baca Juga : Sejarah Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Dunia

Tidak mengherankan jika Hari Perawat Internasional dirayakan pada hari ulang tahun perawat yang hebat ini. Sistem perawatan kesehatan hari ini tidak akan sama hari ini jika bukan untuk Florence Nightingale. Dari profesi yang buruk, keperawatan berubah menjadi bidang yang dihormati, semua berkat dia.

Dorothea Dix

Hari perawat Internasional

Pasien-pasien kesehatan mental dulunya diperlakukan lebih seperti binatang daripada sebelum Dorothea Dix datang ke tempat kejadian dan mulai menyelidiki bagaimana orang-orang yang sakit mental dirawat di negara bagian Massachusetts AS.

Setelah investigasi, dia membuat ‘Memorial’ laporan pelanggaran hak asasi manusia dalam merawat orang-orang yang sakit mental dan mengirimkannya ke legislatif. Ini menyebabkan sistem rumah sakit jiwa negara bagian diubah.

Dia melanjutkan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut di berbagai negara bagian lain seperti New Hampshire, Louisiana, North Carolina dan lain-lain.

Pada Hari Perawat Internasional, sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui wanita luar biasa yang lahir tahun 1802 ini yang merevolusi cara pasien kesehatan mental dirawat. Dia adalah pelopor dalam bidang perawatan psikiatrik.

Clara Barton

Hari perawat internasional

Dilahirkan pada tahun 1821, setahun setelah Florence Nightinagle, Clara Barton adalah seorang perawat Perang Saudara dan biasa merawat tentara yang terluka. Dia memulai sebuah perusahaan yang saat ini melayani jutaan masyarakat Palang Merah Amerika.

Cara dia melihat perang dari dekat melalui prajurit yang dia perlakukan membuatnya berbicara. Dan pembicaraannya akhirnya membuatnya berhubungan dengan Presiden AS Rutherford B Hayes dan Chester Arthur.

Baca Juga : Catatan Penting Peristiwa setiap tanggal 22 April di Dunia

Yang kemudian memberinya izin untuk membuat Palang Merah Amerika dan sekarang telah menjadi identik dengan bantuan bencana tidak hanya di AS tetapi di bagian lain dunia juga.

Peringatan Sejarah Hari Perawat Internasional di Indonesia

wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Wamenkes RI) Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti membuka workshop dalam rangka perayaan Hari Perawat Sedunia yang diperingati setiap tanggal 12 Mei. Tema Hari Perawat sedunia tahun ini adalah Closing The Gap : “From Evidence to Nursing Action to Achieve Quality Of Nursing Services”.

Wamenkes menyampaikan bahwa pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

PPNI sebagai organisasi profesi yang memiliki anggota terbesar di Indonesia yang anggotanya bekerja pada semua fasilitas pelayanan kesehatan baik di rumah sakit, Puskesmas, Balai Kesehatan, Klinik Keperawatan, dan di tatanan administasi kesehatan, memiliki peran penting dalam memastikan bahwa pasien mendapatkan pelayanan keperawatan yang aman, efektif, dan yang terbaik.

Demikianlah Sejarah Hari Perawat Internasional semoga kita dapat meneladani dan mengapresiasi perjuangan sejarah hari perawat internasional, jangan lupa tulis saran dan kritik di kolom komentar ya!

Kang_Yush Penulis yang bingung dan lagi terobsesi merubah dunia lewat dunia pendidikan, wajahnya biasa aja tapi dia baik kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *