Sejarah Berdirinya Google, 4 September 1998

  • 2 min read
  • Des 26, 2020

Google Anniversary, Sejarah Google Mesin Pencari Web – Tahukah Anda bahwa hari ini, 4 september adalah hari bersejarah bagi Google? Ataukah anda tidak tahu siapa pendiri google dan dimana google didirikan? Google adalah mesin pencari web ciptaan mahasiswa Stanford. Tepat tanggal 4 September 1998, Google didirikan oleh 2 mahasiswa yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Wah baru tahu kan? Yuk simak sejarah perjalanan dan pendiri/penemu Google di hari spesial dan bersejarah ini!

Sejarah Google

Pada hari ini, 4 september tahun 1998, Larry Page dan Sergey Brin menemukan sebuah mesin pencari berbasis web yang paling banyak digunakan di dunia.

Page dan Brin merupakan mahasiswa pascasarjana ilmu komputer di Universitas Standord. Sejak Maret 1996, mereka mengerjakan sebuah proyek penelitian yang disebut Proyek Perpustakaan Digital Stanford.

Proyek tersebut didanai oleh National Science Foundation, dengan tujuan proyek adalah “mengembangkan teknologi yang memungkinkan untuk menjadi perpustakaan digital tunggal, terintegrasi dan universal.”

Ide awal Proyek Google

Proyek awal Page dan Brin adalah mengarah pada penciptaan BackRub, sebuah mesin pencari yang dikembangkan menggunakan data backlink atau informasi tentang tautan masuk. Dengan asumsi bahwa halaman dengan tautan terbanyak dari halaman web lain yang relevan haruslah halaman paling relevan yang terkait dengan pencarian yang diberikan.

Artinya, konsep tersebut bermerek sebagai PageRank, suatu algoritma yang menganalisa tautan dan menjadi dasar bagaimana cara google bekerja.

BackRub beroperasi di server Stanford selama lebih dari 1 tahun. Bahkan melebihi bandwidth yang digunakan universitas Stanford.

Baca Juga :  Hari Radio Republik Indonesia, 11 September 1945

Larry Page dan Sergey Brin memutuskan untuk mengganti nama BackRub. Setelah beberapa kali berdiskusi, mereka memutuskan mengganti nama BackRub dengan nama Google.

Google berasal dari permainan kata “googol”, istilah matematika untuk angka yang diwakili oleh angka 1 dan diikuti oleh 100 angka nol. Nah istilah ini mencerminkan misi Page dan Brin untuk mengatur jumlah informasi yang tampaknya tak terbatas di sebuah web.

Peresmian Google

Google secara resmi berdiri pada tanggal 4 September 1998, tepatnya di garasi Menlo Park, California.

Google memiliki misi yaitu untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan bermanfaat.

Sejak didirikan, Google telah menjadi mesin pencari berbasis web yang paling banyak digunakan di dunia. Bahkan google diperkiraan menjalankan lebih dari 1 juta server di pusat data seluruh dunia. Dengan proses lebih dari 1 miliar permintaan pencarian dan sekitar 24 PetaByte data yang dihasilkan pengguna setiap harinya.

Baca juga: Cara Memperbaiki Ponsel yang Rusak

Produk dan Inovasi Google

Google telah berkembang dengan berbagai fitur yang dimilikinya. Nah beberapa fitur dan produk google antara lain,

  • Google Mail
  • Google News
  • Google Translate
  • Google Books
  • Sistem operasi (Google Chrome)
  • Layanan jejaring sosial Google+

Baca juga: Sejarah Kampus IPB

Saham Perdana Google

Di awal penawaran umum perdana, google dinilai memiliki harga saham sebesar US $85. Bahkan tahun 2011, harga saham Google meloncak hingga lebih $700.

Keberhasilan google diindikasi karena adopsinya yang cepat ke dalam budaya pop dan bahasa global. Bahkan tahun 2006, google ditambahkan ke Merriam Webster Collegiate Dictionary dan Oxford English Dictionary.

Baca Juga :  Sejarah TVRI Nasional, 24 Agustus 1962

Dengan menggunakan mesin pencarian Google, Anda akan mendapatkan berbagai informasi di internet.

Demikian artikel tentang sejarah google. Semoga kita bisa belajar banyak dari kesuksesan pendiri Google.