Hari Kopi di Kosta Rika, 12 September 1798

  • 2 min read
  • Okt 23, 2020

National Coffee Day in Costa Rica – Tahukah Anda bahwa hari ini di Kosta Rika sedang merayakan Hari Kopi Nasional? Hari Kopi di Kosta Rika di rayakan pada tanggal 12 September setiap tahunnya. Pada hari spesial ini, orang-orang di Kosta Rika menikmati 2-3 cangkir kopi sebagai bentuk penghargaan terhadap petani kopi di Koska Rika. Yuk simak sejarah Kosta Rika sebagai negara penghasil kopi terbaik di dunia!

Meminum kopi yang banyak adalah cara terbaik untuk merayakan Hari Kopi Nasional di Kosta Rika. Masyarakat berkumpul bersama keluarga sambil menikmati kopi sebagai minuman favorit di hari spesial ini. Tak heran jika Kosta Rika menjadi negara pengonsumsi gula terbanyak di dunia.

Sejarah Hari Kopi di Kosta Rika

Kisah kopi di Kosta Rika dimulai sejak tahun 1798. saat itu, lahan dan biji kopi diberikan kepada siapa saja yang ingin menjadi petani kopi.

Kosta Rika adalah salah satu negara kecil di Amerika Tengah. Negara ini memiliki tanah vulkanik yang kaya akan mineral, iklim gunung yang sejuk dan ladang yang teduh sehingga memberikan kondisi ideal untuk menanam kopi. Bahkan beberapa dekade berikutnya, kopi menjadi ekspor dan sumber pendapatan utama negara Kosta Rika.

Saat meraih kemerdekaan dari Spanyol dan mendeklarasikan kedaulatan dari Republik Federal Amerika Tengah, baron-baron kopi menjadi elite baru di Kosta Rika. Bahkan pertengahan abad ke-19, Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa menjadi importir utama kopi Kosta Rika.

Baca Juga :  Hari Kemerdekaan Malaysia, 31 Agustus 1957

Sejak itu, keuntungan dari penghasilan kopi sangat membantu membiayai berbagai layanan dan pembangunan di Kosta Rika. Bahkan kereta api pertama di Kosta Rika dibangun dengan biaya dari penghasilan kopi.

Kopi basis ekonomi ke-2 di Kosta Rika

Bagi Kosta Rika, kopi bukan hanya sekadar basis ekonomi negara, namun sudah memiliki peran penting dalam budaya lokal.

“Minum kopi menjadi ritual masyarakat Kosta Rika, masyarakat yang bebad dari perbedaan ekonomi dan sosial; semua orang meminumnya, dari petani atau buruh hinggi para politisi terkemuka.”

Sejarawan Peter & Sampers

Saat ini, kopi tetap menjadi komoditas kedua yang paling menguntung bagi Kosta Rika. Sektor pariwisata (tempat wisata alam) masih menjadi nomor satu di negara Kosta Rika. Walaupun begitu, masyarakat tetap memperlakukan kopi sebagai bagian dari tradisi dan budaya mereka.

Bunga Kopi

Kosta Rika adalah salah satu negara dan daerah penghasil kopi terbesar di dunia. Tak heran jika Kosta Rika hanya menghasilkan biji Arabika yang umumnya menghasilkan secangkir kopi yang sangat halus.

Tarrazu dan Dota adalah daerah penghasil kopi terkenal di negara Kosta Rika. Daerah ini terletak di Pegunungan Talamanca, dan lereng vulkanik yang mengelilingi gunung berapi Poas dan Barva.

Selamat Hari Kopi Nasional Kosta Rika, 12 September 1798!