Hari Kemerdekaan Republik Afrika Tengah, 13 Agustus 1960

  • 2 min read
  • Nov 02, 2020

Sejarah Afrika Tengah – Sejarah hari ini, tanggal 13 Agustus adalah Hari Kemerdekaan Republik Afrika Tengah. Negara ini terletak di pedalaman Afrika yang berbatasan dengan Chad, Sudan, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, dan Kameron. Sebelum mencapai kemerdekaan, CAR (Central African Republic) merupakan koloni Prancis bernama Ubangi-Shari, yang mencapai hari kemerdekaan pada 13 Agustus 1960 dari Prancis.

Republik Afrika Tengah adalah negara paling miskin di dunia pada saat ini. Pada hari spesial ini, Republik Afrika Tengah merayakan Hari Kemerdekaan dengan sangat meriah. Kemudian menetapkan 13 Agustus sebagai hari libur nasional.

Arti Hari Kemerdekaan

Hari Kemerdekaan juga dikenal sebagai hari ulang tahun bangsa. Dirayakan setiap tahun sebagai tanda kebebasan negara dari perbudakan negara lain. Hari Kemerdekaan adalah hari ketika bangsa menjadi bebas dan tidak lagi menjadi bagian dari negara lain.

Hari Kemerdekaan dijadikan hari libur di seluruh negara dan juga dikenal sebagai hari libur nasional. Republik Afrika Tengah adalah salah satu negara, yang merayakan hari kemerdekaan pada 13 Agustus 2019. Nah, mari kita simak sejarah dan perjuangan Republik Afrika Tengah (CAR), bagaimana sejarah perjalanan hingga mencapai kemerdekaan.

Sejarah Hari Kemerdekaan Republik Afrika Tengah

Tepat pada abad ke-19 bangsa Eropa menginjakkan kaki di Afrika Tengah. Savorgnan de Brazza (seorang penjelajah Perancis kelahiran Italia), sebagai utusan dari Prancis untuk memiliki klaim Prancis di wilayah Afrika Tengah. Brazza merencanakan Sungai Ubangi sebagai tempat kemah atau pos. Di sisi lain, ada negara-negara seperti Belgia, Jerman dan Inggris, yang ingin mengklaim wilayah di wilayah Afrika Tengah.

Baca Juga :  Universitas Iqra Buru (UNIQBU), 5 September 2003

Tahun 1889, Prancis berhasil membangun pos di Sungai Ubangi bahkan di CAR (Central African Republic). Setelah itu, Brazza berharap untuk memperluas perbatasan Kongo Prancis untuk menghubungkan dengan beberapa wilayah Perancis.

Pada tahun 1894, perbatasan Prancis di Kamerun, Jerman dan Kongo ditetapkan melalui suatu perjanjian. Tidak lama, para negosiator Eropa menyepakati perbatasan Kongo Prancis. Kemudian perusahaan-perusahaan swasta dan pemerintah Prancis bersama-sama melakukan upaya untuk memaksa orang-orang Afrika Tengah untuk bekerja demi keuntungan mereka.

Masa Penjajahan Oleh Kolonial Prancis

Selama pemerintahan kolonial Prancis pada dekade pertama, mereka membuat hidup orang-orang sengsara, terutama orang yang tidak memiliki kekuatan untuk melakukan perlawanan.

Dalam kasus dekade kedua, negara kolonial dan perusahaan-perusahaan swasta terus menggunakan metode yang sama yaitu dengan kekerasan. Tetapi tidak berlangsung lama, karena penguasa Afrika lokal tidak memiliki kekuatan lebih dan berakhirlah perampokan budak. Pada Dekade ketiga, menandai jalannya revolusi dan semuanya dibangun bahkan beberapa orang yang direkrut/budak tewas saat bekerja di rel.

Oleh karena itu, perlahan-lahan perubahan dari dekade ke dekade datang. Tepat tanggal 1 Desember 1958, koloni Ubangi-Shari menjadi wilayah bebas dan wilayah tersebut ada di dalam Komunitas Prancis dan mendapatkan nama yaitu Republik Afrika Tengah.

Setelah kematian Boganda pada tahun 1959, sepupunya (David Dacko) menjadi presiden dan pada 13 Agustus 1960 CAR diberikan kemerdekaan.

Boganda memiliki nama lengkap yaitu Barthélemy Boganda. Boganda adalah seorang politikus nasionalis ternama dari Republik Afrika Tengah. Boganda terlibat aktif sebelum kemerdekaan negaranya, sepanjang periode ketika wilayah tersebut masih bagian dari Afrika Ekuatorial Prancis.

Baca Juga :  Hari Kemerdekaan Moldova, 27 Agustus 1991

Tradisi dan Aktivitas di Hari Kemerdekaan

Orang-orang Afrika Tengah merayakan hari kemerdekaan dengan antusiasme dan kegembiraan yang besar. Bagi mereka hari kemerdekaan adalah menikmati kebebasan dan mengingat kembali perjuangan para pendahulu yang berjuang.

Republik Afrika Tengah terkenal dengan tradisinya dan mereka melakukan yang terbaik untuk menjaga tradisi dan budaya mereka. Tradisi lisan orang-orang di Afrika Tengah adalah salah satu hal yang luar biasa. Setiap orang dari wilayah ini menikmati hari kemerdekaan secara maksimal dengan antusiasme dan kegembiraan besar.

Selamat Hari kemerdekaan Republik Afrika Tengah!

Central African Republic Independence Day