Hari Gajah Sedunia, 12 Agustus 2012

  • 2 min read
  • Feb 03, 2021

Sejarah hari ini, 12 Agustus – Tanggal 12 Agustus adalah Hari Gajah Sedunia atau World Elephant Day. Sebuah hari spesial bagi orang di dunia untuk memperingati hari gajah internasional, terutama kawasan Asia dan Afrika. Nah yuk ketahui lebih jauh tentang peringatan Hari Gajah Sedunia!

12 Agustus 2012 di tetapkan sebagai Hari Gajah Sedunia

Hari spesial 12 Agustus tercipta saat seorang Antropolog Jane Goodall, yang dikenal karena pekerjaannya dengan simpanse. Simpanse adalah sejenis anggota dari keluarga Hominidae, bersama dengan gorila, manusia, dan orangutan. Jane Goodall menggunakan hari 12 Agustus untuk menyerukan/ meminta pemerintah Kanada agar melarang perdagangan legal gading gajah di negara tersebut.

Sehingga tepat tanggal 12 Agustus 2012, ditetapkan sebagai Hari Gajah yang pertama diluncurkan. Tujuannya untuk membawa perhatian pada keadaan darurat gajah Asia dan Afrika. Begitu juga Hari Gajah Sedunia dijadikan sebagai cara untuk meningkatkan kesadaran tentang upaya konservasi gajah Asia dan Afrika. Pada 12 agustus lah, orang-orang menjadikan hari spesial untuk menumbuhkan ide-ide konservasi tentang binatang besar.

Mengapa dunia memutuskan pada tanggal 12 Agustus sebagai perayaan Hari Gajah Sedunia?

Hal itu bertujuan untuk menerapkan rasa kesadaran dan urgensi untuk melindungi hewan cantik ini dari kepunahan. Bahkan sebagai seruan keras bagi kita semua untuk membantu menyelamatkan spesies.

Kita juga harus belajar mencintai dan menghormati gajah dan sudah menjadi budaya di seluruh dunia terutama di Asia dan Afrika. Namun kenyataannya sangat berbeda, banyak gajah mati dan gading gajah diambil dan dijual di pasaran.

Film Junglee 2019

Film Junglee adalah film yang menceritakan seorang pria yang berprofesi sebagai dokter hewan. Dia memutuskan untuk pulang ke tempat ayahnya bekerja. Sebuah tempat perlindungan suaka hewan atau cagar alam gajah.

Nah disini, dia bertemu dan bertarung dengan para sindikat yang memburu dan membunuh gajah demi untuk mendapatkan gadingnya.

Film ini sangat cocok untuk di tonton pada tanggal 12 Agustus sebagai renungan dan pengingat. Bahwa masih banyak gajah diluar sana yang tersiksa dan mati karena diambil gadingnya dan itu tidak menjadi perhatian kita.

Nah, maka dari itu, pada Hari Gajah Sedunia, 12 Agustus, ungkapkan keprihatinan Anda, bagikan pengetahuan dan solusi dukungan Anda untuk perawatan dan perlindungan yang lebih baik bagi gajah di Dunia.

Selamat Hari Gajah Internasional, 12 Agustus.