19 Peringatan Hari Besar Agama Katolik dan Sejarahnya

  • 4 min read
  • Des 26, 2020

Specialdays.id – Halo sobat Spesial ngebicarain tentang Perayaan Hari Besar Agama Katolik nih,udah pada tau belum? Nah, berikut ini adalah Penjelasan tentang Peringatan Hari Besar Agama Katolik yuk simak.

Agama Katolik memiliki berbagai macam peringatan hari besar, bahkan ada yang mengatakan bahwa perayaan hari besar agama katolik adalah setiap hari. Karena, begitu banyaknya peringatan Hari Besar Agama Katolik. Berikut ini beberapa diantaranya adalah perayaan yang lebih di utamakan bagi para pemeluk agama katolik.

1. Peringatan Hari Raya Epifani

Peringatan Hari raya Epifani adalah hari raya pertama yang dirayakan umat Katolik sepanjang tahun, sebab jatuh tak lama setelah tahun baru, yaitu pada tanggal 6 Januari. Peringatan Hari raya ini untuk menghormati peristiwa yang terjadi setelah kelahiran Yesus Kristus, dimana Maria dan bayi Yesus yang baru saja lahir dikunjungi oleh tiga orang majus dari Timur yang membawa persembahan.

Baca Juga : Peringatan Hari Besar Agama Kristen disertai Sejarahnya

2. Peringatan Hari Raya Rabu Abu

Peringatan Hari raya Rabu Abu adalah permulaan masa Prapaskah, yaitu masa berpuasa dan berpantang bagi umat Katolik. Dinamakan Rabu Abu sebab pada hari raya ini setiap orang Katolik wajib ke gereja untuk diusapi abu pada dahinya. Sebagaimana namanya, hari raya Rabu Abu selalu jatuh pada hari Rabu. Untuk Tanggalnya tidak pernah tetap dan dihitung pada hari Rabu tepat 40 hari sebelum hari raya Paskah (tanpa menghitung hari Minggu, karena pada hari Minggu umat Katolik tidak diperbolehkan berpuasa).

Baca Juga :  Hari Besar Agama Kristen dan Sejarahnya

3. Perayaan Hari Besar Minggu Palem

Seperti namanya peringatan Minggu Palem dirayakan pada hari Minggu sebelum hari raya Paskah. Hari raya ini memperingati kedatangan Yesus ke Yerusalem sebelum disalibkan. Seperti namanya, pada hari itu umat Katolik datang ke gereja sambil membawa daun palem, karena konon begitulah umat di Yerusalem dahulu menyambut kedatangan Yesus.

4. Peringatan Hari Raya Kamis Putih

Sebagaimana namanya peringatan Kamis Putih adalah hari raya yang dirayakan pada hari Kamis sebelum hari raya Paskah. Pada hari raya ini, umat Katolik memperingati peristiwa Perjamuan Terakhir, tepat satu malam sebelum Yesus disalibkan. Peristiwa Perjamuan Terakhir ini diabadikan dalam lukisan Leonardo da Vinci yang terkenal berjudul “Last Supper”.

5. Peringatan Hari Raya Jum’at Agung

Sebagaimana namanya peringatan Hari raya Jum’at Agung lebih dikenal sebagai hari raya Wafat Isa Almasih. Banyak yang salah mengira bahwa hari raya Jumat Agung adalah Paskah, padahal sebenarnya dua hari raya itu berbeda. Hari raya Jumat Agung ini memperingati peristiwa penyaliban Yesus.

6. Peringatan Hari Raya Sabtu sepi

Sebagaimana namanya peringatan Hari raya Sabtu Sepi dirayakan pada hari Sabtu atau malam Paskah. Hari raya ini memperingati malam kebangkitan Yesus. Karena jatuh pada tiga hari secara berurutan, maka hari raya Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Sepi biasa disebut sebagai Tri Hari Suci atau Pekan Suci.

7. Peringatan Hari Raya Minggu Paskah

Sebagaimana namanya peringatan hari raya Paskah adalah untuk memperingati peristiwa kebangkitan Yesus setelah tiga hari disalibkan. Pada Hari raya ini adalah hari raya terpenting bagi umat Kristiani dan merupakan puncak perayaan keagamaan umat Kristen. Didalam peringatan hari raya ini ada tradisi yang tak bisa dilupakan, yaitu tradisi telur Paskah. Hari Paskah tak pernah tetap tanggalnya setiap tahun dan dihitung pada hari Minggu setelah bulan purnama pertama setelah 20 Maret.

Baca Juga :  Hari Gajah Sedunia, 12 Agustus 2012

8. Peringatan Hari Raya Kabar Suka Cita

Pada peringatan Hari raya agama Kristen ini dirayakan pada 25 Maret (sekitar 9 bulan sebelum Natal) dan merayakan peristiwa dimana Malaikat Gabriel memberitahukan Bunda Maria bahwa ia akan mengandung dalam keadaan perawan.

Baca Juga : Peringatan Hari Besar Agama Islam dan sejarahnya

9. Peringatan Hari Raya Kerahiman Ilahi

Peringatan Hari raya ini diperingati tepat pada hari Minggu seminggu setelah Paskah. Hari raya ini memperingati kasih dan kerahiman Tuhan. Pada hari raya ini juga kita juga dianjurkan untuk berbuat baik kepada sesama seperti Tuhan juga telah berbuat baik pada kita.

10. Peringatan Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus

Pada peringatan Hari raya kenaikan ini lebih dikenal dengan nama Kenaikan Isa Almasih dan dirayakan tepat 40 hari setelah Minggu Paskah. Hari raya ini memperingati kenaikan Yesus Kristus ke surga.

11. Peringatan Hari Raya Pentakosta

Peringatan Hari raya Pentakosta dirayakan 50 hari setelah Paskah atau 10 hari setelah Kenaikan Isa Almasih. Ketika hari raya ini penting baik bagi umat Katolik maupun Kristen Protestan karena memperingati turunnya Roh Kudus.

12. Peringatan Hari Raya Tri Tunggal Maha Kudus

Ketika peringatan Hari raya Tri Tunggal Maha Kudus jatuh pada hari Minggu pertama setelah Pentakosta. Hari raya ini dirayakan untuk menghormati Tritunggal Mahakudus (Bapa, Putra, dan Roh Kudus).

13. Perayaan Hari Raya Hati Kudus Yesus

Pada Hari raya Hati kudus yesus inj dirayakan tepat jatuh 19 hari setelah Pentakosta dan selalu jatuh pada hari Jumat.

14. Perayaan Hari Raya Kenaikan Bunda Maria

Perayaan Hari kenaiakan bunda ini sesuai namanya dirayakan untuk memperingati kenaikan Bunda Maria ke surga. Hari raya ini dirayakan pada tanggal 15 Agustus.

Baca Juga :  Power Rangers, 28 Agustus 1993

15. Perayaan Hari Semua Orang Kudus (All Saints)

Perayaan Hari raya All Saints yang disebut juga All Hallow ini dirayakan pada 1 November untuk memperingati semua orang kudus yang sudah meninggal. Uniknya, satu malam sebelum hari raya ini dikenal sebagai hari Halloween. Kata “Halloween” berasal dari kata “All Hallow’s Eve” atau malam All Hallow.

16. Peringatan Hari Arwah atau juga All Souls

Perayaan hari raya ini merupakan kesempatan bagi semua orang Katolik mendoakan keluarga atau kerabat yang sudah meninggal dunia. Hari raya ini jatuh tepat sehari setelah All Saints, yaitu 2 November dan biasanya diisi dengan berziarah ke makam.

17. Peringatan Hari Bunda Maria dikandung Tanpa Noda

Dimana Hari raya Immaculate Conception memperingati dikandungnya Bunda Maria tanpa noda (dosa asal). Hari raya ini diperingati 8 Desember, sekitar 9 bulan sebelum hari raya Kelahiran Bunda Maria (8 September).

18. Peringatan Hari Keluarga Kudus

Pada peryaaan hari raya ini dirayakan untuk menghormati Keluarga Kudus, yaitu Yesus, Bunda Maria, dan Santo Yosef. Hari raya ini dirayakan pada hari Minggu sebelum Natal.

19. Peringatan Hari Raya Natal

Ini adalah peringatan hari raya yang besar Hari raya dimana seperti semua orang tahu merupakan hari raya untuk memperingati kelahiran Yesus. Umat Katolik sudah mulai merayakan Natal sejak sebulan sebelum Natal tiba, yaitu disebut bulan Adven. Tradisi dari hari raya ini tentu saja pohon Natal dan bertukar kado. Hari raya ini jatuh pada 25 Desember, namun ada juga aliran Kristen yang bernama Kristen Ortodoks yang merayakannya tiap 6 Januari. Sedangkan gereja Adven, salah satu aliran dalam gereja Kristen Protestan justru tidak merayakan Natal. Hari raya ini juga menutup seluruh perayaan umat Katolik selama setahun.

Baca Juga : Peringatan Hari besar Agama Hindu dan Sejarahnya

Itulah berbagai Peringatan Hari Besar Agama Katolik, yang merupakan hari terpenting dalam perayaan agama bagi pemeluknya, jangan lupa tinggalakan Kritik dan saran di kolom komentar dibawah ya!